Efek Bermain Game Terlalu Lama Berbahaya untuk Kesehatan Anda

0
375
Efek Bermain Game Terlalu Lama Berbahaya untuk Kesehatan Anda
Ilustrasi Efek Bermain Game Terlalu Lama. Foto: ikons.id

Texno.ID – Efek bermain game terlalu lama ternyata menyimpan berbagai gejala yang dapat mengganggu kesehatan anda. Hal itu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi.

Bermain game adalah suatu kegiatan yang tak asing bila terdengar di telinga. Bukan Indonesia saja yang gemar bermain game, akan tetapi hampir penduduk dunia.

Zaman milenial adalah zaman yang serba-serbi tentang teknologi dan internet. Bahkan manusia tidak bisa menghindar dari semua ini. Nah, dengan zaman yang seperti ini, memang benar bermain game akan membantu anda membunuh rasa bosan dan gabut.

Apalagi saat pandemi seperti ini. Bahkan tak banyak orang yang memperhatikan akibat bermain game terlalu lama, asalkan kebosanan mereka terobati alias euforia.

Beberapa Efek Bermain Game Terlalu Lama

Bermain game memang menyenangkan dan asyik, akan tetapi tidak boleh dilakukan terlalu lama. Hal tersebut akan berdampak buruk untuk kesehatan kita, baik fisik maupun psikis.

Dengan bermain game akan membuat orang lupa waktu dan lupa untuk beristirahat. Terlalu lama bermain game ternyata juga bisa menimbulkan penyakit. Untuk anda yang gemar bermain game, sebaiknya juga tahu efek bermain game terlalu lama.

Baca:  Game Balap Mobil PC Ringan Rekomendasi Terbaik untuk PC Jadul Anda

Carpal Tunnel Syndrome

Adalah penyakit yang terjadi pada bagian tangan, yang membuat tangan terasa mati, nyeri, atau terasa melemah. Penyakit ini terjadi karena tangan terhimpit atau mendapat tekanan terlalu lama. Hal ini akan terjadi pada gamers yang menggunakan PC atau smartphone.

Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Tak heran lagi bahwa dampak bermain game terlalu lama adalah akan membuat seseorang terserang penyakit migrain. Penyebab sakit kepala tersebut adalah karena terlalu lama menatap layar smartphone atau layar monitor PC.

Insomnia Atau Susah Tidur

Insomnia sebenarnya bukan penyakit. Akan tetapi, suatu masalah yang akan timbul sebagai efek bermain game terlalu lama. Hal tersebut terjadi ketika waktu malam anda terus-terusan bermain game.

Padahal seharusnya waktu itu anda gunakan untuk beristirahat malah anda bermain game dengan asyik. Hal itulah yang membuat anda insomnia saat ingin tidur lebih awal dan akhirnya memilih untuk bermain game lagi, saja, dan terus.

Baca:  Game Buatan Indonesia yang Mendunia Mengharumkan Nama Bangsa

Nyeri Punggung

Seringkali para gamers merasa nyeri punggung. Akibat dari bermain game terlalu lama yang satu ini diakibatkan karena posisi saat bermain game yang salah. Padahal, meskipun duduk, kita tetap harus memperhatikan cara duduk yang baik dan benar saat bermain game.

Computer Vision Syndrom

Computer Vision Syndrome adalah gangguan mata yang terlalu lama menatap layar, smartphone, tablet, atau PC. Hal ini akan terjadi apabila anda terlalu rutin bermain game online. CVS ini akan menyebabkan pandangan kabur tentunya akan sangat berbahaya untuk kehidupan sehari-hari anda.

Kurang Bersosialisasi

Biasanya, bermain game akan dilakukan di dalam rumah. Nah, hal tersebut akan mengurangi dampak sosial kita yang biasanya selalu interaksi dengan masyarakat atau tetangga. Tanpa kita sadari saat kita keluar rumah, kita akan merasa canggung karena efek bermain game terlalu lama.

Kecanduan

Meskipun seru, namun kecanduan termasuk dalam akibat bermain game terlalu lama. Bahkan bisa jadi obsesi akibat terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk ngegame.

Ada yang menyamakan dengan kecanduan alkohol. Candu ini telah dimanifestasikan karena kurangnya fokus pada kegiatan sehari-hari. Perlu anda ketahui bahwa WHO sudah menobatkan candu ini sebagai gangguan mental terlalu lama bermain game.

Baca:  Game Drive Seagate PS4 Penyimpanan Data Pemimpin Dunia

Obesitas

Efek bermain game terlalu lama berikutnya adalah kegemukan. Karena dengan bermain game, akan membuat kita merasa malas. Bermain game akan asyik jika ada snack makanan ringan yang menemani kita. Dengan terus-terusan begitu, berat badan anda akan naik, bahkan obesitas.

Mudah Emosi

Emosi adalah salah satu akibat bermain game terlalu lama. Apakah anda pernah melihat seseorang yang sedang bermain game dimintai pertolongan, mandi, atau beribadah, tapi malah marah-marah tidak jelas?

Padahal semua itu demi kebaikannya sendiri. Karena sudah menganggap game itu penting, maka apapun akan ia lakukan supaya tetap bisa untuk bermain.

Bermain game boleh saja, asalkan seperlunya. Bahkan bila perlu, buatlah schedule kapan dan berapa jam anda harus bermain game. Karena bermain game pun akan memberi berbagai dampak akibat efek bermain game terlalu lama. (CW001)

Editor : Deni Supendi