Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi dan Faktor Penyebabnya

0
164
Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi dan Faktor Penyebabnya
Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memperbaiki charger hp lambat mengisi sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Bagi pengguna smartphone, hal yang paling sering dikeluhkan mengenai baterai hp adalah proses pengisian yang terbilang lama.

Ketika baterai hp lemah dan sudah tersambung pada charger, seharusnya baterai dapat mengisi dengan sempurna. Namun terkadang sudah berjam-jam mengisi, tapi tetap saja baterai belum terisi penuh.

Bagaimana Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi?

Apa yang harus kita lakukan agar baterai hp tetap awet? Sebenarnya juga tergantung bagaimana cara pemakaian hp tersebut. Pada dasarnya, penyebab utama dalam lambatnya pengisian baterai terletak pada charger yang kita gunakan.

Sebagus apapun charger, seiring waktu tetap akan mengalami kerusakan. Agar tidak bingung, mari kita simak beberapa trik memperbaiki charger yang lambat mengisi berikut ini:

Memperbaiki Kabel Charger

Jika charger yang selama ini kita gunakan untuk mengisi daya hp tidak dapat bekerja dengan baik, jangan terburu-buru membuangnya. Sebenarnya charger tersebut masih bisa kita gunakan kembali dengan sedikit perbaikan.

Cara sederhana yang bisa kita lakukan hanya perlu memotong sedikit bagian kabel charger. Kalian bisa memotong pada bagian yang sudah robek atau terbuka. Setelah itu, sambung dengan teliti kabel yang sudah terpotong tadi. Tutup sambungan dengan selotip agar lebih aman.

Stop Kontak Kendur

Cara memperbaiki charger hp lambat mengisi juga bisa terlihat dari stop kontak yang biasa kalian gunakan. Karena stop kontak yang sudah kendur dapat menyebabkan charger tidak menancap secara sempurna.

Sehingga baterai terkadang terisi kadang juga terhenti secara tiba-tiba. Itulah yang menyebabkan lamanya pengisian baterai hp. Selain berpengaruh pada pengisian baterai, stop kontak yang kendur juga berbahaya jika dibiarkan.

Karena arus listrik masih bisa tersambung meskipun stop kontaknya kendur. Semakin besar watt benda yang terhubung ke colokan tersebut, semakin cepat pula suhu panasnya meningkat.

Adaptor Rusak

Adaptor atau kepala charger juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan itu biasanya terletak pada tegangan adaptor yang berkurang.

Tegangan pada sebuah adaptor ini umumnya sebesar 5 volt. Tegangan ini harus lebih besar dari tegangan baterai ponsel. Jika tidak, baterai tak akan mengisi dengan sempurna.

Kerusakan adaptor ini dapat diatasi dengan cara mengukur menggunakan multitester. Pengukuran tegangan akan lebih efektif bila dilakukan saat charger terhubung dengan ponsel. Karena jika tidak, saat diukur tegangan akan mencapai 5 volt. Namun saat terpakai untuk mengisi baterai, tegangan bisa drop. 

Baterai Ponsel Rusak

Cara memperbaiki charger hp lambat mengisi dapat kalian perhatikan dari baterai. Terkadang charger yang kita gunakan dalam keadaan baik, tapi tetap saja baterai tidak mau mengisi karena baterai sudah rusak.

Tanda-tanda baterai rusak biasanya terlihat dari ukuran yang mulai menggelembung serta pemakaian relatif singkat, tapi daya baterai cepat habis. Jika sudah seperti ini, maka anda harus mengganti baterai ponsel dengan yang baru.

Lubang Charger pada Ponsel Rusak

Selain memperhatikan beberapa trik di atas, cara memperbaiki charger hp lambat mengisi juga bisa terlihat dari kondisi lubang pengisian pada ponsel.

Jika lubang pengisian dalam kondisi kotor atau kendor, baiknya kalian bersihkan dengan menggunakan sikat yang lembut. Namun jika setelah pembersihan tetap saja baterai lambat mengisi, baiknya kalian bawa ponsel ke service hp terdekat untuk perbaikan.

Hindari Menggunakan Ponsel Ketika Mengisi Baterai

Biasanya pengguna ponsel tidak sabar meletakkan hp terlalu lama, bahkan ketika baterai mengisi. Menggunakan hp untuk online atau game saat baterai sedang tersambung charger, akan membuat proses charging menjadi lambat. Parahnya lagi, ponsel juga akan menjadi panas.

Jika terlalu sering menggunakan ponsel sambil mengisi baterai, lama-lama baterai akan mudah drop. Bahkan ketika sudah terhubung dengan kabel charger, tetap saja tidak akan terisi penuh.

Penyebab lain biasanya terjadi karena kalian mengupgrade sistem operasi perangkat melalui system update. Sehingga baterai cepat terkuras.

Cara memperbaiki charger hp lambat mengisi ini bisa teratasi dengan melakukan downgrade versi Android anda ke versi sebelumnya. Karena itu menandakan OS yang baru terkena bug atau tidak kompatibel dengan perangkat.