Cara Menghapus File di Drive Android yang Penuh Agar Kembali Luas

0
329
Cara Menghapus File Di Drive Android Yang Penuh Agar Kembali Luas
Ilustrasi Cara Menghapus File Di Drive. Foto: ist/Net

Texno.ID – Cara menghapus file di Drive dapat anda lakukan dengan cara memindahkan file tersebut ke sampah. Biasanya ada dua sistem cara penghapusan di sampah, yaitu akan terhapus sendiri dalam waktu 30 hari atau dengan cara menghapusnya langsung secara permanen. 

Bagi yang belum mengetahui apa itu Drive, sekarang akan kita bahas dari awal mengenai Drive tersebut. Google Drive merupakan media atau alat untuk menyimpan data online atau internet yang sudah ada sejak 24 April 2012. 

Aplikasi ini berupa desktop atau smartphone. Di beberapa jenis HP, aplikasi ini biasanya sudah tersedia atau telah terinstal otomatis.

Kegunaan dari Drive ini adalah menyimpan data-data kita seperti gambar, dokumen, audio, dan video. Lantas terbatas pada 15 GB atau selebihnya dapat mengupgrade akun.

Untuk penyimpanannya sendiri, perlu sambungan internet. Hal ini apabila akan menyimpan, mengedit, ataupun mengambil file dari Drive.

Beberapa Cara Menghapus File di Drive Android

Jika anda ingin menghapus file, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut ini informasi mengenai langkah-langkah yang bisa anda ikuti.

Baca:  Cara Merekam Layar Handphone Tanpa Harus Root

Penghapusan atau Pemindahan File Ke Sampah

Cara menghapus file di Drive dapat anda lakukan dengan memindahkannya ke file sampah. Cara ini memudahkan kita dalam  memilih atau memulihkan kembali file yang tadinya sudah kita hapus untuk kembali ke Drive. 

Namun apabila lebih dari 30 hari, akan terhapus dengan sendirinya. Atau anda dapat menghapusnya secara permanen sehingga file sampah tersebut menjadi kosong.

  1. Cara pemindahannya adalah buka Ponsel anda.
  2. Kemudian buka aplikasi Google Drive.
  3. Setelah itu, anda klik File. Pada samping File yang ingin dihapus, ketuk Lainnya. Kemudian Hapus. File yang sudah anda hapus tersebut akan masuk ke sampah secara otomatis

Pengosongan Sampah Atau Memulihkan File

Cara menghapus file di Drive selanjutnya dengan pemilihan file. Disini anda dapat memilih mau menghapus secara permanen maupun memilih beberapa file yang masih penting dan memulihkannya kembali. 

Anda dapat melakukan penghapusan mulai dari file yang paling besar. Atau anda dapat mengecilkan kualitas foto melalui setelan. Anda dapat merubah dan menyesuaikan kualitas foto tersebut.

Baca:  Cara Membuat Poster di HP dan iOS Dengan Berbagai Aplikasi

Biasanya file yang sudah anda hapus secara permanen, orang lain juga akan kehilangan akses ke file yang anda hapus tersebut. 

  1. Cara pengosongan sampah dengan cara mengetuk Menu di kiri atas.
  2. Kemudian klik Sampah.
  3. Selanjutnya anda menuju ke samping file yang akan anda hapus dan klik Lainnya. Pilih Hapus Selamanya.
  4. Apabila anda bermaksud memulihkan file, anda dapat memulihkannya dengan cara ketuk Menu pada bar. Pilih Sampah. Selanjutnya klik Pulihkan.

Manfaat Fitur Google Drive

Selain mengetahui cara menghapus dokumen, mengetahui berbagai manfaat fitur Google Drive juga penting. Fitur Google Drive ini merupakan fitur keamanan.

Fungsinya untuk mencegah jika kita tidak sengaja menghapus file di Drive. Aplikasi ini sangat menguntungkan dan membantu kita.

Sebaiknya anda melakukan penghapusan ini secara berkala agar memori Android anda kembali luas. Sehingga anda lebih nyaman

Fungsi Google Drive Android 

Banyak manfaat dan fungsi dari Google Drive ini.

Penyimpanan Data atau File

Penyimpanan data atau dokumen merupakan fungsi Google Drive yang paling utama. Pengguna Google Drive dapat mengakses data tersebut, asalkan terkoneksi dengan internet. Google Drive bisa menyimpan data yang anda buat di menu maupun yang di luar aplikasi ini.

Baca:  Cara Melacak HP yang Mati Saat Hilang, Ini Aplikasi yang Digunakan

Pembuatan atau Pengeditan Dokumen Maupun Data

Fungsi dari Google Drive ini dapat anda gunakan untuk membuat lembar kerja baru. Anda juga dapat mengeditnya secara langsung.

Entah itu yang melalui aplikasi Google maupun yang dari luar aplikasi. Aplikasi ini memudahkan anda dalam membuat slide presentasi.

Menangani Data di Google Drive yang Gagal Hapus

Dalam beberapa hal, anda bisa saja menemui masalah dalam menerapkan cara menghapus file di Drive ini. Adapun solusi apabila menemui masalah ini sebaiknya anda:

  • Mengecek sambungan internet. Anda harus memastikan koneksi internet apakah sudah terhubung atau belum.
  • Mengecek pengupdatean aplikasi.
  • Gangguan di Google Drive.

Dengan cara menghapus file di Drive Android secara berkala, membuat kapasitas memori anda lebih lega dan luas. Anda perlu sering-sering membersihkannya agar tidak mudah penuh. Anda juga dapat memaksimalkan urusan pekerjaan anda dengan nyaman. (CW001)

Editor : Deni Supendi