Cara Menghemat Kuota Internet yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

0
229
Cara Menghemat Kuota Internet yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah
Ilustrasi Cara menghemat kuota internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghemat kuota internet sebenarnya sangat banyak langkah yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah dengan mematikan data ketika sedang tidak digunakan. Dengan begitu, maka kuota internet anda tidak akan tersedot.

Mengakses di dunia maya memanglah menjadi kebutuhan semua orang, maka tak heran jika banyak orang yang selalu membeli paket data guna mencari informasi di internet.

Mulai dari untuk mencari hiburan, video, live streaming, belanja online, dan masih banyak lagi. Tentu hal ini akan mengeluarkan kuota yang banyak.

Inilah Cara Menghemat Kuota Internet dengan Mudah

Internet saat ini menjadi salah satu peranan yang sangat penting di kehidupan sehari-hari. Bahkan ada istilah hidup akan kurang jika tidak ada internet. Maka dari itu, kebutuhan akan internet sekarang ini telah menjadi penunjang yang utama.

Sekarang ini banyak provider yang sudah menawarkan berbagai jumlah kuota. Dengan banyaknya pilihan, maka anda bisa memilih sesuai keinginan anda. Namun anda juga harus pintar-pintar dalam irit kuota supaya anda dapat mengakses internet lebih lama.

Banyak cara yang bisa anda lakukan supaya paket kuota tetap awet, bahkan akan lebih menghemat pengeluaran biaya. Dengan begitu, anda bisa mengakses internet dengan jangka waktu yang lama. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Mode Offline

Cara menghemat kuota internet yang pertama adalah dengan menggunakan mode offline. Apabila anda sering menggunakan aplikasi secara online dan bahkan boros kuota, kini saatnya anda mengubah cara tersebut menjadi offline ketika menggunakan.

Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan secara offline dan akan menghemat kuota. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Maps dan YouTube. Aplikasi tersebut bisa anda gunakan dalam mode offline.

Dengan begitu, anda tetap dapat menonton dan bepergian meski tidak ada jaringan. Sehingga akan lebih menghemat kuota yang anda miliki.

Mematikan Data Ketika Tidak Dibutuhkan

Seperti pembahasan awal yaitu matikan data ketika sudah tidak digunakan lagi, cara ini sangatlah efektif. Anda dapat menonaktifkan koneksi ketika sedang tidur atau sedang tidak menggunakan smartphone. Sehingga akan membuat kuota internet anda lebih awet lagi.

Gunakan Mailbox untuk Keperluan Email

Cara menghemat kuota internet selanjutnya adalah menggunakan Mailbox untuk keperluan email. Seperti sedang membuka email atau mengunduh dan mengunggah file pada email, tentu membuat kuota menjadi boros karena akan tersedot banyak.

Untuk menangani hal tersebut, sebaiknya anda mengunduh Mailbox. Aplikasi ini bisa menyimpan berbagai data tanpa kuota internet. Sehingga akan menghemat kuota dengan baik.

Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi

Ternyata melakukan sinkronisasi secara otomatis akan membuat kuota internet lebih cepat boros tanpa disadari. Untuk itu, cara menghemat kuota internet adalah dengan mengaktifkan opsi sinkronisasi pada akun yang sudah tidak digunakan.

Caranya juga cukup mudah, yaitu anda masuk pada menu Setting. Kemudian pilih Account dan terakhir pilih akun yang tidak ingin anda sinkronisasikan. Sehingga hal ini akan membuat kuota internet anda lebih awet.

Membatasi Penggunaan Mobile Data

Selanjutnya untuk menghemat kuota adalah anda harus batasi penggunaan mobile data dengan cara mengaktifkan peringatannya.

Caranya dengan menggunakan fitur limit system dan data usage warning yang built-in di platform ponsel anda. Sehingga anda bisa mendapatkan sebuah peringatan ketika penggunaan internet sudah melampaui batas.

Gunakan Aplikasi Kompresi data

Cara menghemat kuota internet paling ampuh adalah dengan menggunakan aplikasi kompresi data. Salah satunya adalah dengan Onavo Extend. Aplikasi ini dapat bekerja dan menganalisa seluruh aplikasi yang ada di smartphone anda.

Meskipun aplikasi ini tidak bisa melakukan kompresi video, setidaknya bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk menghemat paket internet anda.

Menonaktifkan Auto Download

And bisa menonaktifkan auto download pada sebuah aplikasi di perangkat anda. Hal ini tentu akan irit kuota internet. Pasalnya, tidak perlu untuk melakukan pembaruan aplikasi pada waktu yang sama dengan jumlah banyak.

Karena jika semakin banyak update aplikasi yang anda lakukan, maka akan semakin banyak juga kuota yang tersedot saat pembaruan. Cara menghemat kuota internet juga bisa anda lakukan ketika akan melakukan pembaruan sebuah aplikasi dengan memanfaatkan WiFi. (CW001)

Editor : Deni Supendi