Cara Mengamankan WiFi dari Hacker, Anti Kebobolan!

202
Cara Mengamankan WiFi Dari Hacker, Anti Kebobolan!
Ilustrasi Cara Mengamankan WiFi Dari Hacker. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengamankan WiFi dari hacker bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Namun, tidak semua orang mengetahui cara ini, padahal memiliki peran yang sangat penting.

Sejatinya, dengan menggunakan WiFi akan memberikan kemudahan untuk mengakses internet. Namun, penjahat dunia maca atau hacker bisa mengakses jaringan WiFi tersebut.

Alhasil, dapat menyelinap dan masuk ke dalam perangkat. Bila kamu tidak memberikan keamanan yang baik, bisa berdampak buruk.

6 Cara Mengamankan WiFi dari Hacker

Hacker WiFi tidak hanya bisa terhubung ke jaringan secara diam-diam. Akan tetapi mereka juga bisa mengacak-acak database jaringan WiFi kamu.

Selain itu, hacker WiFi juga bisa mencuri berbagai kata sandi maupun hal bersifat privasi lainnya. seperti password m-banking, sosial media, maupun akun-akun penting lainnya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan jaringan tersebut dari serangan hacker. Berikut ini adalah informasinya.

1. Pastikan Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Cara mengamankan WiFi dari hacker pertama kali bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Kata sandi yang kuat ini bisa terdiri dari huruf kecil, huruf besar hingga symbol.

Dengan begitu, akan menyulitkan hacker untuk membobol WiFi. Selain itu, ada baiknya jika kamu menggunakan kata sandi WiFi yang berbeda dengan akun-akun lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari pencurian multi akun.

2. Mengubah SSID Jaringan

Cara selanjutnya yakni dengan mengubah nama SSID jaringan milikmu. Pasalnya, setiap router dilengkapi dengan nama default.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan membuka halaman pengaturan dasar wireless yang terletak pada pengaturan router. Setelah itu, kamu bisa langsung mengganti namanya.

3. Matikan WiFi Jika Tidak Digunakan

Cara yang satu ini sangat mudah dan bersifat opsional. Namun, tak ada salahnya jika kamu lakukan karena sangat membantu.

Bila WiFi tidak kamu gunakan atau tidak ada orang di rumah, sebaiknya kamu matikan saja. Hal ini cukup efektif untuk menghindarkan ancaman hacker.

4. Enkripsi Jaringan

Cara mengamankan WiFi dari hacker selanjutnya yakni dengan enkripsi jaringan. Saat ini jaringan nirkabel modern telah hadir dengan berbagai bahasa enkripsi.

Salah satu yang terbaru adalah WPA3, merupakan standar keamanan jaringan nirkabel generasi berikutnya. Selain itu, juga bertujuan untuk menyelesaikan masalah keamanan secara umum pada jaringan WiFi terbuka.

Dengan mengaktifkan enkripsi jaringan ini, maka dapat melindungi router WiFi kamu dari peretasan.

5. Mengaktifkan Filter Mac Address

Mengaktifkan Filter Mac Addres ini juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, Mac Addres ini dapat kamu gunakan untuk memblokir perangkat supaya tidak terhubung ke jaringan WiFi.

Itulah sebabnya, penting untuk mengaktifkan Filter Mac Address. Selain itu, ada baiknya jika kamu hanya mengizinkan perangkat tertentu saja untuk terhubung.

Dengan kata lain, kamu bisa mengatur sendiri mana saja perangkat yang bisa terhubung ke jaringan WiFi tersebut. Hal ini bisa mencegah hacker untuk meretas WiFi.

6. Mengaktifkan Logging

Cara mengamankan WiFi dari hacker lainnya yakni dengan mengaktifkan logging. Fitur logging ini berfungsi untuk merekam semua IP address.

Selain itu juga memberikan kamu semua detail upaya koneksi. Meskipun tidak melindungi WiFi dari hacker secara langsung, tetapi cara ini bisa membantu kamu memantau aktivitas yang mencurigakan.

Bagaimana? Cara mengamankan WiFi dari hacker bisa kamu terapkan sendiri dengan mudah bukan? Melalui cara ini, kini kamu bisa menggunakan WiFi dengan tenang tanpa takut adanya gangguan hacker dan semacamnya.