HP Oppo A74 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Simak Spesifikasinya!

0
98
HP Oppo A74 5G
Ilustrasi HP Oppo A74 5G. Foto: Ist/Net

Texno.ID – HP Oppo A74 5G akhirnya resmi rilis di Indonesia. Selain mengusung jaringan 5G yang kekinian, perangkat ini juga hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Bahkan HP Oppo terbaru ini menjadi smartphone 5G termurah di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu bukti kesiapan Oppo Indonesia dalam menghadirkan perangkat 5G untuk mendukung ekosistem 5G. Perangkat ini hadir dengan tawaran harga 3,6 jutaan dan mulai dijual secara online di Shopee pada pada 23 April 2021.

Spesifikasi HP Oppo A74 5G

Beberapa waktu yang lalu Oppo berhasil meluncurkan seri A terbaru yaitu Oppo A74. Terdapat dua model yang tersedia di pasaran yakni Oppo A74 5G serta A74 reguler yang mempunyai konektivitas 4G.

Selain sebagai HP 5G termurah Indonesia, Oppo A74 5G juga merupakan perangkat pertama di Indonesia yang mengusung Snapdragon 480 5G.

Pada bagian layar selain mengusung panel layar IPS LCD berukuran 6,49 inch serta resolusi Full HD Plus berukuran 2400 x 1080 piksel. Ponsel ini juga memiliki fitur refresh rate hingga 90Hz dengan touching sampling rate 180 Hz.

Bagi anda yang gemar dengan aktivitas fotografi, Oppo A74 5G menggunakan sensor 48 MP AI Quad Caera dengan dukungan sensor ultra wide sebesar 8 MP, sensor mono 2 MP dan kamera makro 2 MP. Sedangkan kamera selfie memiliki resolusi sebesar 16 MP untuk dukungan aktivitas selfie.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi HP Oppo A74 5G secara lebih lengkap antara lain:

Spesifikasi Layar dan Dimensi Ponsel

Mengenai spesifikasi fisik, seperti yang telah kita ulas sebelumnya, Oppo A74 5G telah mengusung layar berukuran 6,49 inch dengan resolusi FHD serta refresh rate 90Hz.

Ponsel ini juga mempunyai punch hole untuk menempatkan kamera selfie. Dukungan teknologi lain pada layar smartphone ini adalah adanya Sunlight Screen yang memudahkan layar untuk tetap tampak meski berada di bawah terik matahari.

Terdapat pula fitur Moonlight Screen yang mampu mengurangi kecerahan layar hingga 2 nits pada kondisi cahaya rendah. HP Oppo A74 5G juga memperoleh dukungan fitur AI Blacklight yang mampu mempelajari kebiasaan pengguna dalam menyesuaikan lampu datar.

Kemudian, mampu merekam kecerahan sesuai dengan keinginan pengguna. Oppo A74 5G hadir dalam dua pilihan warna yakni Fluid Black serta Space Silver. Selain itu juga memiliki desain yang cukup ramping dengan ketebalan 8,42 serta berat 190 gr.

Sektor  Performa dan Penyimpanan

Pada sektor performanya, HP Oppo A74 5G memperoleh bekalangan chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G (8nm). Dengan octa core (2×2.0 GHz Kryo 460 & 6×1.8 GHz Kryo 460) serta GPU Adreno 619.

Sedangkan untuk dukungan penyimpanan, Oppo A74 5G memiliki kapasitas RAM LPDR4X 6Gb serta memori internal 128GB. Perangkat ini juga memperoleh dukungan teknologi Dirac 2.0 yang memungkinkan perangkat dapat memberikan kualitas suara seperti halnya menggunakan efek suara Dolby.

Sektor Fotografi

HP Oppo A74 5G hadir dengan bekalan quad camera pada bagian belakang. Quad camera tersebut terdiri dari 48 MP kamera utama, 8 MP kamera wide angle, 2 MP kamera mono, serta 2 MP kamera mikro.

Sedangkan untuk kamera selfienya menggunakan sensor beresolusi 16 MP. Meskipun mempunyai kamera utama dengan resolusi 48 MP, Oppo A74 5G dapat memberikan kemampuan resolusi gambar yang cukup tinggi. Dengan hasil foto yang setara 108 MP Ultra clear image.

Fitur Pendukung

Oppo A74 5G memperoleh dukungan Operasi ColorOS 11.1 dengan fitur keamanan Assistant Privacy. Terdapat pula fitur Idle Time Optimizer yang memiliki fungsi untuk menganalisis ponsel terhadap spam atau pun file sampah.

Beragam fitur menarik lain pada perangkat ini antara lain seperti App Lock, Private Save, Screencast Privacy Shield, fingerprint  dan lain sebagainya.

Sektor Daya

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Oppo A74 5G memperoleh bekalan baterai berkapasitas yang cukup besar yakni 5000mAh.

Selain itu, baterai jumbo ini juga memperoleh kelengkapan fitur fast charging 18W yang mampu mengisi daya 68% hanya dalam waktu 60 menit. Ponsel ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan normal para pengguna selama satu setengah hari.

Menariknya lagi HP Oppo A74 5G memperoleh dukungan All Around Smart Power Saving. Hal ini berfungsi untuk membantu penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU, serta menerapkan opsi manajemen daya.