Lokasi Internet 5G Pertama di Indonesia yang Mendapatkan Layanan

0
44
Lokasi Internet 5G Pertama di Indonesia yang Mendapatkan Layanan
Ilustrasi Lokasi internet 5G pertama di Indonesia. Foto: voi.id

Texno.ID – Lokasi internet 5G pertama yang ada di Indonesia perlu anda ketahui supaya bisa tahu berada di wilayah mana saja. Pasalnya Johnny Plate selaku Menteri Kominfo mengkonfirmasi bahwa operator seluler Telkomsel sedang melakukan ULO.

ULO (Uji Layak Operasi) internet 5G bersama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pos dan Informatika (Kominfo). Dalam uji coba tersebut akan menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz khusus data plane. Kemudian, juga pita frekuensi radio 1800 MHz khusus untuk control plane.

Selanjutnya Johnny kembali mengatakan untuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bahwa setiap operator seluler yang memberi layanan menggunakan teknologi baru harus melakukan ULO. Tujuannya untuk memastikan layanan tersebut kepada masyarakat.

Lokasi Internet 5G Pertama di Indonesia, Ini Wilayahnya

Operator Telkomsel sendiri telah mengungkapkan bahwa akan ada setidaknya 15 lokasi di Indonesia yang akan mendapat layanan 5G. Telkomsel sendiri adalah operator seluler yang pertama di tanah air yang telah melakukan ULO. Setelah berhasil dan lulus, maka Telkomsel dapat menggelar layanan 5G kepada seluruh pengguna.

5G merupakan sebuah teknologi seluler generasi terbaru yang mempunyai kecepatan sangat tinggi daripada generasi sebelumnya. Dalam hal ini mampu mencakup untuk mengunduh data ke berbagai perangkat.

Selain itu 5G juga akan memberi kecepatan data mencapai 10 sampai dengan 100 kali lebih cepat daripada jaringan 4G. Para pengguna 5G juga bisa menikmati kecepatan unduh pada gigabit per detik.

Peraturan Menteri Kominfo No 2 Tahun 2021

Kemudian, Kominfo sendiri telah menyiapkan rencana untuk kehadirannya jaringan di lokasi internet 5G pertama yang ada di Indonesia. Hal itu melalui Peraturan Menteri Kominfo No 2 Thn 2021 Mengenai Rencana strategis kementerian Kominfo.

Beleid tersebut telah rilis sejak 25 Februari 2021 lalu. Di dalam aturan tersebut, bahwa jaringan 5G pada tahap awal akan ada tersedia di 6 provinsi Pulau Jawa. Meliputi Jakarta, bandung, Banten, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

Pemilihan 6 lokasi di pulau Jawa menjadi pilot project pada saat tahap awal implementasi jaringan 5G. Hal ini karena lokasi tersebut lebih fleksibel, baik dari dukungan infrastruktur maupun sisi potensi pasar.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, setelahnya layanan jaringan 5G tersebut kemudian akan kembali diperluas sesuai pertumbuhan demand di wilayah tersebut.

Lokasi Destinasi Wisata

Implementasi lokasi internet 5G di Indonesia ada lima lokasi destinasi wisata super prioritas. Meliputi Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Likupang (SUlut), Toba (Sumut) dan Borobudur (Jateng). Sementara yang lainnya adalah di IKN (Ibu Kota negara) baru serta di industri infrastruktur.

Apabila tidak ada perubahan mengenai kebijakan oleh presiden RI tentang pemindahan IKN, akan ditargetkan pada tahun 2024. IKN sendiri juga sudah 100% tercover dengan jaringan serat optik maupun layanan 4G untuk mengimplementasikan ke jaringan 5G.

Di DKI Jakarta

Lebih lanjut Johny juga menyatakan bahwa Telkomsel juga akan meluncurkan jaringan 5 ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Ia mengatakan rencana tersebut akan terealisasi jika Telkomsel berhasil saat melakukan ULO teknologi 5G.

Selain  itu, Johny uga menyebutkan beberapa lokasi di Jakarta yang meliputi perumahan Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk dan Pondok Indah, serta di Widya Chandra, Bumi Serpong Damai dan juga Alam Sutera.

Lokasi internet 5G pertama yang ada di Indonesia selain hanya di Jakarta bahwa telkomsel juga akan menyediakan layanan tersebut ke beberapa wilayah. Seperti di Bandung, Surabaya, Medan, Batam, Denpasar, Makassar dan Balikpapan.