Mengenal Web3 Internet dan Berbagai Kelebihan di Dalamnya

208
Mengenal Web3 Internet dan Berbagai Kelebihan di Dalamnya
Ilustrasi Mengenal Web3 Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Mengenal Web3 internet merupakan masa depan dari internet. Beberapa waktu terakhir, dunia internet memang penuh dengan beberapa istilah baru.

Istilah yang paling populer seperti Metaverse, NFT, dan bahkan hingga Web 3.0. Pada dasarnya, semua istilah tersebut mengacu kepada perkembangan dunia internet.

Web3 internet sendiri sudah banyak menjadi topik perbincangan. Apa sebenarnya Web ini?

Mengenal Web3 Internet dan Teknologinya

Beberapa pakar teknologi menjelaskan bahwa Web3 merupakan jenis internet terbaru yang akan memahami semua maksud Anda. Web3 tidak hanya menafsirkan apa yang Anda maksud, melainkan juga memahami apa yang disampaikan melalui teks, suara atau media lainnya.

Saat ini, beberapa platform juga sudah mengadopsi konsep web3. Namun, sayangnya memang dampak penggunaan masih belum terlalu terlihat sebelum teknologi menggunakannya di infrastruktur web.

Melansir dari CoinMarketCap.com, Web3 merupakan generasi ketiga dari internet yang akan datang. Ketika sudah mencapai tahap Web3, maka segala hal dapat memproses informasi dengan cara cerdas dengan teknologi terbaru.

Teknologi tersebut seperti buku besar terdesentralisasi (DLT), machine learning, big data, dan lain sebagainya.

Pada awalnya, Web3 disebut Web Semantik oleh penemu World Wide Web Tim Berners-Lee dan bertujuan untuk menjadi internet yang lebih cerdas, terbuka, dan mandiri.

Selain itu, Anda juga dapat mengenal Web3 internet melalui definisi luas berupa data yang akan saling berhubungan dengan cara terdesentralisasi saat sebagian besar data tersimpan dalam repositori terpusat.

Langkah selanjutnya, pengguna serta mesin akan saling berinteraksi melalui data tersebut. Agar hal tersebut terjadi, maka program perlu pemahaman informasi baik konseptual maupun secara kontekstual.

Kelebihan Adanya Web3 Internet

Dari pengertiannya, kita tahu bahwa Web3 sangat mempermudah kehidupan manusia. Revolusi internet ini menjadi langkah lebih maju terhadap peradaban modern.

Namun, apakah Anda tahu apa saja keuntungan yang fase evolusi internet ini berikan? Berikut ini penjelasannya.

Web3 Internet Lebih Aman

Kelebihan dari adanya evolusi ke Web3 adalah memberikan keamanan lebih dalam berinternet. Dengan adanya desentralisasi web pada Web3, maka end-user akan memiliki kendali penuh atas data dan identitas mereka.

Oleh karena itulah, user akan menentukan bagaimana sebuah data akan mengalami proses pengolahan. Pembangunan Web3 juga berlandaskan dengan teknologi blockchain.

Adanya teknologi tersebut akan membuat Web3 lebih sulit untuk diretas.

Merupakan Semantic Web

Keunggulan dari Web3 adalah memiliki fitur semantic web. Hal itu membuat Anda mengenal Web3 internet akan mendapat keuntungan.

Sebab, web akan memiliki kemampuan untuk memahami konten yang ada di dalam website daripada hanya sebatas kata kunci saja.

Ekosistem yang Lebih Baik untuk bisnis

Pada Web3 ini, arsitektur Web2 yang sangat tersentralisasi dan membuat internet hanya perusahaan monopoli akan menghilang. Dengan begitu, internet akan lebih terbuka dan transparan.

Ide dan informasi bisnis akan semakin bermunculan dan setiap individunya mendapatkan kesempatan yang sama. Sehingga, kesempatan untuk membangun bisnis akan lebih besar.

Grafik 3D

Keunggulan lainnya yang Web3 bawa adalah penggunaan grafik 3D yang membuat batasan antara dunia maya dan virtual semakin kabur.

Contoh yang dengan mudah terlihat adalah kehadiran metaverse yang tersusun atas berbagai macam teknologi terbaru sehingga membuat dunia virtual tampak sangat nyata.

Dalam mengenal Web3 internet, Anda perlu mengetahui bahwa komponen terpenting yang membuatnya sangat berbeda adalah keberadaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di dalamnya. Teknologi ini dapat membaca keinginan usernya.