Tutorial Live Streaming YouTube dan Syaratnya Menggunakan Android

0
224
Tutorial Live streaming YouTube dan Syaratnya Menggunakan Android
Ilustrasi Tutorial Live Streaming Youtube Foto: Ist/Net

Texno.ID – Tutorial live streaming YouTube bisa anda lakukan dengan menggunakan Android saja tanpa harus langsung melalui PC. Terdapat tutorial sederhana dan juga cepat untuk pemula maupun yang sudah lama.

Tutorial Live Streaming YouTube Lewat Android

Membuka Aplikasi YouTube

Cara live streaming memulainya dengan membuka aplikasi YouTube yang sudah ada pada ponsel anda. Apabila belum memiliki, maka anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu.

Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Karena hal ini pengguna bisa melakukannya dengan gratis tanpa pungutan biaya apapun.

Akun anda akan langsung terkoneksi dengan akun Google. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu memasukkan data lagi, hanya perlu verifikasi saja.

Pilih Menu

Adanya banyak menu dalam aplikasi tersebut. Yang tengah populer di kalangan kreator merupakan pilihan upload video ataupun live streaming.

Keduanya terdapat pada satu ikon yang sama yaitu dengan ikon bergambar kamera video. Kliklah ikon ini sampai dengan muncul pilihan lainnya.

Pilih Live

Tutorial live streaming Youtube selanjutnya, akan muncul pilihan yang mana pengguna akan tersedia dua hal yaitu Go Live atau upload rekaman. Anda bisa memilih Go Live untuk memulai siaran.

Baca:  Cara Backup Data Android ke PC Menggunakan Aplikasi

Mengatur Aksesnya

Kemudian untuk pengaturan aksesnya, anda bisa mengatur akses YouTube yang menggunakan Android maupun smartphone. Atau juga bisa dengan pilihan allow accses untuk pengguna bahasa Inggris.

Pilihlah Turn On

Anda bisa menunggu beberapa saat sampai notif adanya pesan masuk. Kemudian pilihlah Turn On untuk mengaktifkannya.

Melengkapi Data

Tutorial live streaming YouTube selanjutnya, melengkapi data untuk memaksimalkan live streaming YouTube di Android sampai selesai. Untuk pengaturannya sendiri, berupa siapa saja yang bisa melihat live anda.

Anda bisa mengaturnya pada laman ini. Anda juga bisa tambahkan deskripsi ataupun keterangan yang berhubungan dengan live streaming. Gunakanlah deskripsi yang keren untuk memberikan informasi terhadap viewer yang tertarik dengan topik anda.

Jangan sampai lupa untuk menambahkan tag sebagai perluasan jaringan live. Adanya ketersediaan fitur chat untuk berkomunikasi dengan viewer dari live streaming anda.

Anda juga bisa menambahkan lokasi atau tempat yang sedang anda pergunakan untuk live streaming. Lokasi ini bisa membantu viewer untuk menemukan lokasi streamer favoritnya. Atau mungkin bisa juga sebagai rekomendasi tempat liburan saat anda sedang melakukan live streaming berlibur.

Baca:  Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Termudah dalam Satu Android

Pilihlah Next

Apabila pengaturannya sudah diatur dengan baik dan benar, maka anda tinggal memilih Next atau bisa juga Selanjutnya. Langkah selanjutnya pada tutorial live streaming YouTube, yakni memilih tampilan dari video.

Live streaming tersebut akan dilakukan secara landscape atau portrait. Pada umumnya, landscape digunakan untuk pemandangan ataupun objek yang banyak terdapat dalam videonya.

Namun jika anda hanya memfokuskan satu objek saja, lebih baik anda menggunakan portrait. Hal tersebut memudahkan detail apa saja akan diperlihatkan dalam videonya.

Memulai Live Streaming

Jika anda sudah memilih mode yang tepat, melangsungkan live streaming bisa segera anda lakukan.

Cara Berhenti

Pada live streaming ini tidak adanya waktu batasan mengakhiri. Tetapi jika anda ingin mengakhirinya anda bisa memilih close atau tanda X yang terdapat pada pojokan. Secara otomatis live streaming akan terhenti.

Syarat Untuk Live Streaming

Pertama anda harus memiliki channel Youtube yang telah terverifikasi. Syarat kedua sebelum melakukan tutorial live streaming YouTube, anda bisa mengaktifkan fitur live streaming.

Baca:  Cara Mematikan Data WA Dengan Mudah Untuk Sementara Waktu

Pastikan juga anda melihat status channel kalian di Partner Verified. Jangan lupa juga, fitur pada live streaming harus berada pada kondisi Enabled.

Jika sudah memenuhi persyaratannya, anda bisa langsung melakukan streaming. Terdapat dua jenis streaming di YouTube, yakni Stream Now dan juga Events. Perbedaan dari keduanya, Stream Now bisa digunakan live dadakan yang sangat simple.

Pada halaman Stream Now terdapat beberapa pengaturan, yaitu :

Info Dasar/ Basic Info

Tempat untuk anda memberikan judul dan juga deskripsi live streaming sampai kategorinya.

Pengaturan Streaming/Stream Option

Anda dapat memilih untuk mengaktifkan DVR atau tidak, menyimpan hasil live streaming atau tidak, memilih stream optimization, sampai menambahkan delay.

Monetization

Apabila video anda ingin menghasilkan uang, maka anda wajib mengaktifkan bagian ini.

Nah, tutorial live streaming YouTube bisa anda praktekkan dengan mudah. Terlebih bisa hanya dengan menggunakan Android ataupun smartphone saja. (CW001)

Editor : Deni Supendi