Aplikasi Cek Penggunaan Data, Solusi Kontrol Penggunaan Kuota Internet

0
76
Aplikasi Cek Penggunaan Data
Ilustarsi Aplikasi Cek Penggunaan Data. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Aplikasi cek penggunaan data merupakan semacam penghitung data internet bagi para pengguna smartphone Android maupun iOS. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengetahui penggunaan data harian, mingguan serta bulanan.

Bahkan dari beberapa aplikasi tersebut juga dapat anda gunakan untuk melihat serta mengetahui penggunaan data WiFi. Oleh karena itu, bagi yang ingin mengetahui cara cek penggunaan kuota terakhir pada perangkat HP, maka anda dapat memanfaatkan aplikasi berikut.

Aplikasi Cek Penggunaan Data yang Direkomendasikan

Saat ini internet merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat modern. Terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mengakses internet.

Salah satunya adalah dengan menggunakan smartphone. Agar dapat terhubung dengan jaringan internet, maka suatu perangkat Android tentu memerlukan adanya data internet atau jaringan WiFi.

Berbicara tentang data internet, berikut ini terdapat beberapa aplikasi menarik yang dapat anda gunakan untuk memonitor penggunaan data internet agar tidak boros. Adapun pilihan aplikasi tersebut antara lain:

Data Usage

Salah satu aplikasi penggunaan data internet yang dapat anda manfaatkan secara gratis. Data Usage mempunyai fitur utama yang menampilkan notifikasi sehubungan dengan penggunaan data internet atau WiFi. Selain itu pula, anda dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai data tracker.

Data Usage juga memperoleh kelengkapan fitur data warning. Fitur ini memungkinkan anda memperoleh notifikasi dari aplikasi jika penggunaan internet anda pada hari ini telah mendekati atau melebihi limit yang anda setting.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah, anda dapat memantau aplikasi mana yang paling sering menguras kuota internet anda. Dengan demikian anda dapat langsung mematikan aplikasi berjalan pada latar belakang. Sehingga dapat menghemat penggunaan kuota internet pada HP anda.

Traffic Monitor

Pilihan aplikasi cek penggunaan data internet selanjutnya adalah Traffic Monitor. Traffic Monitor merupakan aplikasi all in one yang menyediakan beragam utilitas.

Seperti memonitor penggunaan data aplikasi, info jaringan, tes kecepatan, hingga pemeriksaan kualitas sinyal. Setelah menginstall aplikasi ini, maka anda dapat menetapkan batas penggunaan data serta dapat memulai siklus penagihan data.

Selain itu, aplikasi Traffic Monitor juga dapat memeriksa penggunaan data berdasarkan lokasi untuk rumah atau kantor. Terdapat pula pilihan untuk mengatur widget yang di dalamnya terdapat laporan penggunaan data tepat pada layar awal.

Data Status

Dengan memanfaatkan aplikasi cek data internet satu ini, maka pengguna akan dapat memonitor penggunaan data internet yang sedang diperlukan. Menariknya lagi, Data Status dapat menampilkan informasi penggunaan data internet pada widget.

Sehingga anda dapat terus memantau penggunaan data internet anda melalui home screen perangkat HP anda. Pada dasarnya aplikasi ini akan membantu anda dalam memonitor serta menggunakan data internet sehingga penggunaannya pun tidak over.

Data Counter Widget

Untuk dapat mengecek penggunaan data internet, anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Data Counter Widget. Dengan aplikasi ini anda dapat memonitor penggunaan data dari aplikasi terinstall atau aplikasi sistem, perangkat atau pun penggunaan data saat sedang roaming.

Hal menarik dari penggunaan aplikasi ini adalah anda dapat menambahkan widget aplikasi pada homescreen HP yang dapat diubah sesuai keinginan. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Android saja.

Masih banyak lagi pilihan aplikasi cek penggunaan data yang dapat anda manfaatkan. Sehingga anda pun dapat mengontrol penggunaan data internet secara lebih baik dan terhindar dari pemborosan kuota.