Contoh Gelombang Transversal dalam Kehidupan Sehari-Hari

0
28
Contoh Gelombang Transversal
Ilustrasi Contoh Gelombang Transversal. Foto: youtube.com

Texno.ID – Contoh gelombang transversal mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Gelombang transversal merupakan salah satu materi yang ada dalam ilmu fisika dan merupakan gelombang bergerak yang osilasinya tegak lurus terhadap arah gelombang. Kemudian, biasa disebut jalur rambat yang dilaluinya. 

Gelombang ini biasanya merambat pada benda padat yang bersifat elastis. Dalam kasus ini  osilasi karena perpindahan partikel padat yang menjauh dari posisi relaksasi dalam arah tegak lurus terhadap perambatan gelombang. 

Selain itu perpindahan terjadi sesuai dengan deformasi geser lokal material. Lalu apa saja contoh gelombang tersebut yang dapat kita temukan dalam keseharian? Simak penjelasan berikut.

Beberapa Contoh Gelombang Transversal 

Secara materi memang tidak banyak yang mengetahui gelombang ini. Sehingga tak sadar dalam kehidupan sehari-hari juga terdapat gelombang transversal, contohnya sebagai berikut.

Riak di Kolam Air

Pada kolam yang tenang tentu tidak ada pergerakan yang terlihat. Namun akan berbeda jika kita melempar permukaan kolam tersebut menggunakan batu atau kerikil.

Saat kita melemparkan kerikil ke tengah kolam, kita akan melihat riak melingkar terbentuk di permukaan air. Riak tersebut akan perlahan menghilang.

Air bergerak naik turun serta efeknya menjadi riak terlihat seperti gelombang yang bergerak ke arah luar. Itulah gelombang transversal. 

Gelombang cahaya

Gelombang ini sangat penting dari contoh gelombang transversal. Partikel bergerak tegak lurus dengan arah gelombang. Hal tersebut merupakan spektrum yang terlihat oleh mata manusia dan bertanggungjawab atas indra penglihatan kita.

Gerakan Tali

Saat kita menggerakkan tali ke atas ke bawah secara cepat, kita membuat gelombang transversal. Tali yang bergerak cepat tersebut bergerak menjauhi kita. 

Gelombang dari Membran Drum

Gelombang tersebut dapat kita lihat dari gelombang yang merambat ke arah yang sejajar dalam bidang membran. Namun membran tersebut akan berpindah ke atas ke bawah dengan tegak lurus terhadap bidang tersebut. 

Gempa

Getaran yang kita rasakan saat terjadi gempa, hal ini merupakan contoh gelombang transversal yang terjadi karena gelombang Seismik S. Hal tersebut menggerakkan partikel batuan ke atas ke bawah, tegak lurus arah rambat dari gelombang. 

Lalu, gelombang S tersebut merupakan transversal karena membutuhkan media padat untuk bergerak. 

Memetik Senar Gitar

Senar pada gitar berjajar rapi sepanjang alat musik tersebut. Saat kita memetiknya, maka senar akan bergerak naik turun serta menunjukkan gelombang melintang. 

Gelombang suara yang terjadi adalah gelombang longitudinal. Sedangkan gelombag pada senar adalah gelombang transversal. 

Sinar X

Seseorang mungkin pernah menjalani rontgen. Rontgen dari satu titik ke titik lainnya. Contoh gelombang transversal tersebut merupakan jenis radiasi elektromagnetik yang mana medan listrik serta magnet merambat secara tegak lurus satu sama lain. 

Gelombang Tsunami

Meskipun sebenarnya gelombang tsunami memiliki kedua gelombang yakni longitudinal dan transversal. Namun bentuknya yang melintang dari tempat gempa dimulai dari bawah air dan berbelok. Membentuk membujur saat mencapai pantai. Hal tersebut merupakan gelombang transversal. 

Gelombang Elektromagnetik

Hal yang tidak disadari adalah kita menemui gelombang transversal  dari radio, televisi, saat memasak menggunakan microwave dan lainnya.

Gelombang elektromagnetik tersebut merupakan contoh gelombang transversal di mana medan listrik dan magnet saling tegak lurus.

Penonton

Ketika berada di stadion sejumlah penonton memperlihatkan ritme metachronal yang mana dicapai kelompok penonton yang berurutan.

Hal tersebut terjadi ketika berdiri, berteriak, bahkan mengangkat tangan. Hal tersebut memunculkan gelombang yang disebut gelombang stadion atau meksiko. 

Itulah contoh gelombang transversal yang dapat anda ketahui dalam kehidupan sehari-hari.