Aplikasi Cloud Computing Masa Kini Banyak Digunakan

84
Aplikasi Cloud Computing
Aplikasi Cloud Computing. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Aplikasi Cloud Computing saat ini mulai banyak yang menggunakan. Aplikasi berbasis cloud computing merupakan program perangkat lunak yang dikelola oleh lingkungan komputasi cloud. Penggunaan aplikasi ini bisa Anda akses melalui browser web maupun perangkat seluler.

Aplikasi dengan basis cloud ini akan memberi fleksibilitas, skalabilitas, hingga penghematan biaya untuk pengguna. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Cloud Computing yang Populer, Berikut Pilihannya

Di era modern ini, terdapat banyak perusahaan maupun bisnis yang mulai memanfaatkan aplikasi berbasis cloud. Sebab, akan lebih efisien untuk mengelola pekerjaan penggunanya.

Terlebih saat ini ada banyak pilihan aplikasi cloud yang populer. Perlu Anda ketahui bahwa dalam bahasa Indonesianya cloud computing yakni komputasi awan.

Teknologi tersebut mampu memproses beragam program serta pekerjaan secara digital. Teknologi ini menjadi hasil dari penggabungan pengembangan teknologi komputer dan juga jaringan berbasis internet.

Adapun beberapa rekomendasi aplikasi cloud yang populer untuk perusahaan dan bisnis, sebagai berikut:

Dropbox

Dropbox merupakan platform online yang menawarkan fitur penyimpanan data serta file sharing professional. Bahkan memiliki pengguna aktif lebih dari 400 juta orang. Sementara, ada 200 ribu berasal dari kalangan bisnis.

Anda bisa memanfaatkan layanan ini dengan mengakses alamat dropbox.com. Untuk pendaftaran pertama Anda, maka akan mendapatkan penyimpanan gratis 2GB.

Office 365

Office 365 menjadi salah satu layanan cloud dari Ms Office Suite. Aplikasi kantor ini berfungsi dalam mengedit maupun membuat dokumen. Bahkan, terdapat beragam akses ke microsoft office dan lain sebagainya.

Slack

Slack adalah aplikasi cloud computing yang menawarkan layanan untuk berkolaborasi maupun berkomunikasi dengan tim. Serguei Mourachov, Eric Costello, Stewart Butterfield, serta Cal Henderson yang membuat layanan ini.

Slack tersebut bisa Anda gunakan secara gratis maupun berbayar. Tentunya sesuai dengan paket berlangganan pilihan Anda.

Adobe Creative Cloud

Layanan ini menjadi aplikasi buatan oleh Adobe Inc. Adobe creative cloud menawarkan fitur dalam mengakses beragam program khusus desain grafis, fotografi, pengembangan web, hingga video editing.

Box

Aplikasi dengan basis cloud yang berikutnya yakni Box. Layanan ini menyediakan fitur untuk berbagi file serta penyimpanan data secara online. Layanan ini juga memiliki kesamaan layaknya Dropbox.

Github

GitHub adalah layanan dengan basis cloud online sebagai sarana untuk mengatur dan berbagi source code dari berbagai aplikasi buatan developer maupun pengembang aplikasi.

Hingga saat ini, aplikasi ini memiliki pengguna aktif mencapai lebih dari 20 juta akun pribadi. Sementara ada 110 ribu oleh akun bisnis.

Github telah berhasil menyimpan repository source code hingga lebih dari 70 juta data. Bahkan mencapai pendapatan tahunan dengan jumlah sekitar $200 juta pada fitur premiumnya.

Saat ini Anda bisa mengetahui aplikasi cloud computing yang populer. Bahkan aplikasi tersebut yang sering digunakan oleh perusahaan maupun bisnis.