Cara Menggunakan Flashdisk OTG Praktis, Cermati Langkah-Langkahnya

0
64
Cara Menggunakan Flasdisk OTG
Ilsutrasi Cara Menggunakan Flasdisk OTG. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan flashdisk OTG penting untuk anda ketahui dan pahami. Flashdisk On-The-Go memungkinkan para penggunanya untuk membaca serta mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Sebagai contoh untuk mentransfer data ke flashdisk OTG dari smartphone. Juga memindahkan ke laptop atau sebagainya. Jika anda ingin menyimpan lagu, gambar, video, atau apapun pada smartphone, maka tidak perlu melakukannya dengan bantuan laptop.

Bahkan, direpotkan dengan memasangkan perangkat kabel dalam bentuk apapun. Hanya dengan menggunakan media penyimpanan tersebut pada port yang tersedia pada ponsel. Hal ini tentu sangat memudahkan serta membantu, terutama apabila memori internal atau microSD anda telah penuh.

Mengetahui Cara Menggunakan Flashdisk OTG

Fungsi dari flashdisk On The Go adalah dapat membantu smartphone membaca data yang terdapat pada flashdisk. Selain itu juga, anda dapat melakukan transfer data tanpa harus melalui komputer. Hal ini sangat mempermudah dalam penggunaan perangkat smartphone.

OTG merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat HP yang memiliki kemampuan dalam membaca perangkat flashdisk melalui port USB OTG.

Perangkat flashdisk OTG ini memiliki dua ujung konektor dengan bentuk yang berbeda satu sama lain. Konektor yang pertama dapat anda akses melalui port UDB komputer.

Sedangkan untuk konektor lainnya dapat anda gunakan pada port USB Smartphone. Berikut ini cara memakai flashdisk OTG antara lain:

Cara Menggunakan Flashdisk OTG pada Perangkat Android

Berikut ini beberapa langkah menggunakan flashdisk OTG antara lain:

  • Langkah pertama pastikan smartphone anda telah support USB host atau OTG
  • Kemudian hubungkan flashdisk OTG ke kabel USB OTB yang telah terkoneksi ke perangkat anda
  • Lalu buka aplikasi file manager yang tersedia pada perangkat android anda. Apabila tidak terdapat aplikasi file manager bawaan pada perangkat anda, maka sebaiknya anda install terlebih dahulu dari Play Store. Dengan ketik keyword File
  • Manager, pilih aplikasi untuk anda pasang pada perangkat yang anda miliki.
  • Cari nama file file USB flashdisk yang terdapat pada file manager.
  • Coba untuk membuka atau menyalin file yang terdapat pada USB tersebut menuju ke smartphone atau tablet anda.
  • Cara menggunakan flashdisk USB OTG selanjutnya jangan cabut USB begitu saja, karena hal ini dapat merusak USB dan perangkat. Langkah yang dapat anda tempuh adalah dengan masuk pada menu pengaturan > Storage > Klik Unmount External Storage pada bagian USB Storage > Tunggu hingga proses selesai, lalu cabut USB

Cara Menggunakan Flashdisk OTG pada iPhone

Untuk menggunakan flashdisk OTG pada perangkat iPhone, maka carilah flashdisk yang mempunyai kepala konektor jenis lightning. Bentuknya lain dengan microUSB yang terdapat pada kabel konektor Android pada umumnya.

Selanjutnya tancapkan perangkat OTG tersebut pada iPhone atau iPad. Berikutnya handset akan membaca apakah aplikasi file manager dapat digunakan untuk membukanya.

Apabila tidak, maka anda perlu install terlebih dahulu dari Apple Store. Kemudian anda siap melakukan proses pemindahan data. Apabila anda mencari flashdisk OTG yang lebih singkat, sebaiknya cari alat dengan konektor microUSB serta Lighting pada satu perangkat.

Alat ini mempunyai konektor Lightning pada satu sisi. Sedangkan sisi lainnya terdapat konektor USB. Bagian microUSB terdapat di dalamnya, dengan demikian, anda perlu menekuk kepala USB untuk memperoleh konektor tipe micro ini.

Dengan mengetahui cara menggunakan flashdisk OTG secara tepat, maka anda dapat memindahkan data atau file pada ponsel, gadget yang anda miliki secara lebih mudah dan aman. Pastikan perangkat anda telah support terhadap teknologi ini untuk mempermudah penggunaannya.