Blank Spot Internet, Ini Pengertian dan Cara Mengatasinya!

3
Blank Spot Internet
Ilustrasi Blank Spot Internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Blank spot internet merupakan suatu permasalahan yang mengakibatkan telepon terputus, pesan tidak terkirimkan, dan jaringan internet mendadak mati.

Blank Spot merupakan suatu keadaan dalam suatu tempat atau wilayah yang tidak tersentuh atau tidak mendapatkan akses untuk sinyal komunikasi. Baik itu untuk komunikasi analog maupun untuk komunikasi digital sebagaimana jaringan internet ini.

Jika suatu wilayah mengalami Blank Spot, maka akan kesulitan dan terkendala dalam hal komunikasi. Tentunya akan banyak pihak yang mengalami rugi. Tak hanya mengalami kerugian materi saja, namun banyak juga yang kehilangan data-data penting.

Penyebab Terjadinya Blank Spot Internet

Keberadaan sinyal untuk komunikasi sangatlah penting, terlebih lagi buat suatu perusahaan yang tingkat mobilitasnya tinggi. Hal ini pastinya akan memberikan dampak yang besar. Ada beberapa hal yang mengakibatkan timbulnya masalah blank spot Internet ini.

1. Kondisi Geografis

Sinyal yang melemah atau hilang pada suatu wilayah pada umumnya juga disebabkan karena adanya kondisi geografis. Bahkan jika medan dan kondisi geografisnya semakin sulit, maka biasanya sinyal komunikasi akan menjadi blank atau hilang sama sekali.

Sebagai contoh, wilayah terpencil pada tengah hutan atau wilayah pegunungan. Wilayah tersebut biasanya akan sangat minim tersedia sinyal. Sebab, area hutan dan pegunungan tidak ada dukungan alat untuk menangkap sinyal.

2. Faktor Cuaca

Tak hanya karena adanya faktor kondisi geografis, faktor cuaca juga bisa memberikan pengaruh yang kuat terhadap adanya Blank Spot ini.

Pada saat cuaca sedang buruk seperti saat angin kencang dan hujan deras, kondisi cuaca ini biasanya akan melepaskan ion tertentu. Dengan begitu bisa menghalangi dan mengganggu kekuatan sinyal.

Cara Mengatasi Blank Spot

Saat ini ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih menjadi area blank spot. Sehingga sangat berdampak bagi siswa siswi yang ingin melakukan pembelajaran secara online.

Tak hanya itu saja, para pebisnis online tentunya juga akan terhambat jika terjadi blank spot seperti ini. Sebab, kebutuhan jaringan internet kini menjadi kebutuhan mutlak untuk setiap orang dalam menunjang aktivitas.

Blank spot menjadi salah satu permasalahan yang harus kita perhatikan bersama. Sebab, pada era digitalisasi seperti saat ini,  sistem informasi sangatlah penting dan utama.

Maka dari itu, harus ada kebijakan yang harus diambil agar blank spot jaringan ini segera teratasi dengan baik.

1. Memperkuat Sinyal

Salah satu cara yang banyak menjadi solusi terjadinya blank spot ini yaitu dengan cara memperkuat sinyal. Para penyedia layanan komunikasi sebagian besar juga menggunakan cara ini sebagai solusi blank spot.

Cara pertama yaitu dengan menggunakan metode konvensional, dengan cara membangun menara-menara BTS agar sinyal bisa terdistribusikan.

Selanjutnya, memperkuat sinyal juga bisa dilakukan dengan membangun kabel fiber optik. Sebab cara ini bisa lebih baik, terutama pada saat mendistribusikan sinyal untuk para penggunanya.

2. Memakai Layanan VSAT

Pihak perusahaan, instansi, hingga pemerintah biasanya juga akan menggunakan VSAT untuk menghindari langkanya jaringan akibat blank spot.

Teknologi Very Small Aperture Terminal atau VSAT termasuk stasiun penerima sinyal dari satelit yang memakai antena. Tak hanya memiliki jangkauan yang luas. VSAT juga bisa mencakup setengah permukaan bumi dengan waktu pemasangannya yang cepat.

Penggunaan VSAT ini sangat efektif untuk suatu perusahaan atau industri yang bergerak pada bidang energi, manufaktur, hingga perbankan. Sebab, industri tersebut membutuhkan koneksi dan sinyal yang stabil.

Harus Anda tahu, jika blank spot internet tidak terbatas pada wilayah pedalaman atau pinggiran saja. Tetapi juga termasuk bangunan dinding beton tebal, bangunan tinggi, yang tidak tercakup jaringan informasi dan internet.