Cara Melacak HP yang Mati Saat Hilang, Ini Aplikasi yang Digunakan

0
319
Cara Melacak HP yang Mati Saat Hilang, Ini Aplikasi yang Digunakan
Ilustrasi Cara Melacak HP yang Mati. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara melacak hp yang mati? Jika didengar tentunya mustahil bukan? Apalagi jika keadaannya hilang, pasti kita sudah panik terlebih dahulu.

Kamu harus melakukan tindakan dengan cepat, tetapi ingat jangan terbawa emosi. Meskipun hp kamu hilang dalam keadaan mati, buat kamu yang belum tahu, berikut cara melacaknya.

Cara Melacak HP yang Mati dalam Keadaan Hilang

Lacak Melalui Email

Untuk kamu pengguna Google, melacak hp yang mati sebenarnya hal yang mudah. Namun harus melakukannya secepat mungkin.

  1. Langkah pertama, pastikan ponsel kamu memiliki paket data internet, sehingga tetap terkoneksi saat melacak ponsel. Lebih baik kamu menggunakan SIM Card Switch yang lebih aman, karena memiliki jaringan yang luas dan juga mudah dalam pengisian kuotanya.
  2. Selanjutnya, kamu bisa melacak dengan cara log in terlebih dahulu melalui akun Gmail menggunakan Google Chrome.
  3. Pilihlah Gmail versi web supaya memudahkan kamu dalam mengaksesnya.
  4. Setelah itu, pencet tombol ikon titik sembilan pada sisi kanan atas. Kemudian masuk ke akun Google sampai kamu menemukan tulisan “Find Your Phone”.
  5. Kamu bisa memilih tipe atau merek hp kamu, lalu tekan tombol temukan. Otomatis kamu akan langsung masuk ke dalam Google Maps.
  6. Tekan tombol refresh agar posisi hp yang hilang bisa terupdate dan juga terdeteksi oleh Google Maps dengan jelas. Sistem akan mengarahkanmu menuju lokasi dimana hp kamu saat ini.
  7. Sebelum kamu melakukan pencarian, sebaiknya kamu mengunci hp tersebut. Caranya, pada kolom “Find Your Phone” kamu bisa memilih pilihan locate yang bisa mengalihkan ke fitur “Find My Device”. Fitur ini akan mengamankan hp kamu, sedangkan Google secara otomatis akan mengunci ponsel dari kejauhan.
Baca:  Game Magic Pang Memberikan Hadiah Diamond dan Hearts Dalam 7 Hari

Menggunakan Google Maps

Selain Gmail, cara melacak hp yang mati kamu bisa mendeteksinya menggunakan Google Maps, terutama pada saat hp kamu mati.

  1. Caranya buka aplikasi Google Maps, kemudian tekan tombol garis tiga pada pojok kiri atas.
  2. Selanjutnya pilih opsi segitiga kecil di pojok kanan. Lalu pilih ad account. Masukkan alamat email hp kamu yang hilang selanjutnya tekan next.
  3. Setelah itu, kamu bisa memasukkan kata sandi dan menyetujuinya. Kembali tekan tombol segitiga kecil di pojok kanan atas, pilih Your Timeline.
Baca:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop Menggunakan Aplikasi

Pelacak akan mulai mendeteksi hp yang hilang. Jika hilangnya sudah beberapa hari, kamu bisa menggunakan ikon kalender untuk memastikan ponsel.

Melacak Berdasarkan Tipe Ponsel

Cara melacak hp yang mati saat hilang selanjutnya, bagi pengguna iPhone kamu bisa melacaknya jika sudah mengaktifkan Find My iPhone. Kamu dapat menggunakan perangkat lain untuk bisa mengakses ponselmu.

Kemudian masuk aplikasi Find My Apps. Masukan email iCloud hp kamu yang hilang. Kamu bisa mengunjungi situs ini https://www.icloud.com/find. Sistem akan secara otomatis yang akan mendeteksi ponselmu.

Apabila sudah berhasil ditemukan, maka kamu bisa mengaktifkan mode hilang atau lost mode. Jika fitur aktif, maka hp kamu yang hilang secara otomatis akan mengunci sendiri dan tidak bisa dibuka. Tetapi, saat ada pesan atau telpon masih bisa masuk.

Menggunakan Nomor IMEI

Beruntungnya, seiring perkembangan zaman kamu bisa melakukan cara melacak hp yang mati dengan memanfaatkan nomor IMEI. Kamu perlu melakukan panggilan pada nomor dial *#06# untuk mengetahui nomor IMEI.

Baca:  Game Mass Effect Legendary Edition Akan Hadir 14 Mei 2021 Mendatang

Instal aplikasi pelacak IMEI dan aktifkan notifikasi suara, ketika ponsel hidup. Google Location akan mulai melacaknya.

Melakukan Device Manager

Cara melacak ponsel yang mati saat hilang, kamu bisa melalui Android Device Manager. Pertama kunjungi terlebih dahulu situs resminya. Registrasi dan daftarkan akun Gmail yang kamu punya. Lalu pilih temukan Perangkat Saya.

Secara otomatis, jika ponsel kamu hidup, kamu akan mengetahui kebenarannya. Lakukan secara berulang sampai lokasi lebih rinci.

Terkadang banyak data-data yang orang lain bisa temukan dalam ponsel kamu. Sehingga berhati-hati agar ponsel tidak hilang. Kamu memerlukan wawasan yang lebih luas agar kamu tidak tertinggal informasi yang bermanfaat pada ponsel kamu.

Cara melacak hp yang mati di atas, bisa membantu kamu jika suatu saat nanti terdapat musibah. Jadi, kamu tidak perlu panik maupun khawatir lagi. (CW001)

Editor : Deni Supendi