Kelebihan dan Kekurangan Internet yang Dapat Dirasakan

0
295
Kelebihan dan Kekurangan Internet yang Dapat dirasakan
Ilustrasi: kelebihan dan kekurangan internet. Foto: networkworld.com

Texno.ID – Kelebihan dan kekurangan internet tentunya berbeda-beda. Internet kini menjadi sebuah teknologi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Saat ini semakin banyak orang yang dapat mengakses dunia maya karena adanya jaringan internet. Mereka dapat menemukan berbagai informasi seperti berita terkini, hiburan, tempat wisata, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Internet

Dalam perjalanan fungsi internet pasti akan ada kelebihan dan kekurangannya. Fungsi yang dapat dirasakan yaitu membuat semuanya berjalan menjadi efektif. Dengan smartphone yang saat ini sedang anda gunakan, maka anda bisa mencari berbagai informasi dengan mudah.

Hal tersebut menjadikan sebuah produktivitas kerja lebih efisien. Komunikasi yang dijalin lebih mudah dan cepat berkat internet. Adapun kelebihan dan kekurangan internet adalah sebagai berikut.

Memiliki Akses Informasi Tak Terbatas

Kelebihan internet yang pertama adalah adanya informasi yang tak terbatas. Informasi yang manusia butuhkan kini semuanya dapat ketemu dengan mudah dan cepat.

Banyak jutaan situs web yang sudah didedikasikan untuk berbagai topik yang dicari. Kekayaan ini akan membantu seseorang untuk bisa lebih memahami hal-hal yang mungkin saja tidak akan pernah ia pedulikan sebelumnya.

Hiburan Tanpa Akhir

Kelebihan dan kekurangan dalam internet tentunya berbeda pula. Kelebihan yang kedua ialah terdapat hiburan yang sangat banyak jenisnya.

Dengan seiring perkembangan ekonomi dari internet, sebuah hiburan juga sudah berubah berkat internet. Berbagai jenis game, film, musik, maupun aplikasi lainnya yang menghibur dapat terakses lewat internet dengan sangat mudah.

Menjembatani Kesenjangan Budaya

Kini komunikasi sudah menjadi produk yang luar biasa berkat internet. Semua orang dapat terhubung melalui internet tersebut. Bahkan sampai ke luar dunia, jaringan internet ini sudah pasti ada dan terhubung.

Mempermudah Pekerjaan dan Bisnis

Dengan kelebihan dan kekurangan internet, menjadikan keseimbangan yang sempurna. Kelebihan internet juga bisa untuk mempermudah suatu pekerjaan manusia.

Seseorang akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan dengan adanya internet. Bahkan banyak situs online yang bisa untuk melamar pekerjaan dan bisnis seseorang.

Sebagai Media Pendidikan

Kelebihan dari internet bisa dirasakan pada dunia pendidikan. Hal tersebut telah terbukti dengan adanya situs-situs yang sudah menyediakan berbagai pembelajaran online. Hal ini dapat membuat kegiatan pendidikan jauh lebih mudah tanpa adanya sebuah pertemuan.

Sebagai Media Pertukaran Data

Ada banyak layanan internet untuk melakukan sebuah pertukaran data dengan mudah. Dibantu dengan menggunakan teknologi GPS, maka internet akan mengarahkan orang hampir di setiap daerah.

Sebagai Tempat untuk Berkembang Biak Bagi Aktivitas Ilegal

Kelebihan dan kekurangan internet berbeda pula. Kekurangan internet yang pertama yaitu adanya aktivitas ilegal. Aktivitas pertukaran data ilegal seperti serangan teroris, perampokan, dan kejahatan yang lainnya.

Seperti kejahatan dalam pembajakan akun. Seseorang yang tidak bertanggung jawab dapat mendistribusikan berbagai macam musik atau film tanpa adanya persetujuan dari si pemilik.

Kerentanan Informasi Pribadi

Kejahatan yang sering terjadi adalah pencurian data. Apapun yang dicari dalam internet pasti bisa untuk dilacak. Informasi yang penting akan masuk secara sukarela seperti informasi nomor jaminan sosial. Hal tersebut dapat membuat para peretas untuk mengakses dan melakukan penipuan identitas.

Berkurangnya Sosialisasi

Kelebihan dan kekurangan internet ada dampak tentang sosialisasi. Kini kekurangan internet yaitu seperti banyak orang yang lebih sering bahkan suka menggunakan internet secara langsung. Adanya perubahan itu, maka akan mengakibatkan pola interaksi berubah.

Kesehatan

Semakin sering melihat layar gadget, maka seseorang akan kecanduan dengan internet. Hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan mata karena terlalu sering terkena cahaya radiasi layar.

Berdampak pada Anak

Memang tidak ada cara yang dapat memverifikasi usia di internet. Hal ini akan menjadi perhatian karena banyak konten yang sebenarnya terlarang untuk terlihat oleh anak-anak.

Seperti materi pornografi yang sangat menonjol sehingga anak akan lebih mudah untuk mengaksesnya. Hal ini menjadi resiko besar karena semakin mudahnya dalam berkomunikasi dengan orang banyak.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan internet yang dapat anda ketahui secara umum. Sebagai pengguna yang cerdas, sebaiknya kita selalu menggunakan internet sewajarnya saja. (CW001)

Editor : Deni Supendi