Cara Memasang Anti Gores HP Mudah, Lebih Rapi Tanpa Gelembung

0
86
Cara Memasang Anti Gores HP
Ilustrasi Cara Memasang Anti Gores HP. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memasang anti gores HP bukanlah hal mudah untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Cukup sulit untuk mengepaskan lapisan plastik atau kaca ke atas layar dengan sempurna. Seperti halnya yang dilakukan oleh para penjaga counter HP.

Masalah yang sering muncul saat proses pemasangan anti gores ialah hasil pemasangan miring, menutupi kamera depan hingga timbul gelembung antara layar.

Sehingga tampilan smartphone pun menjadi tidak bagus. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak menimpa anda, mari kita simak cara serta tips jitu memasang anti gores ada perangkat HP.

Cara Memasang Anti Gores HP

Anti gores atau yang sering disebut dengan screen protector atau screen guard sangat bermanfaat untuk HP. Dengan adanya anti gores yang terpasang pada HP mampu melindungi layar ponsel serta goresan.

Baik yang berasal dari benda tajam maupun benda lunak sekalipun. Sebenarnya untuk beberapa smartphone keluaran terbaru, telah hadir dengan menggunakan pelindung layar.

Oleh karena itu, tanpa harus menggunakan anti gores pun masih dapat melindungi layar HP. Sebut saja penggunaan Corning Gorilla Glass atau Dragontrail.

Kedua pelindung tersebut saat ini cukup populer serta banyak tersemat pada smartphone High End. Namun, yang namanya barang berharga seperti halnya smartphone, tetap saja menginginkan perlindungan yang lebih.

Meskipun HP yang anda telah tersemat adanya Corning Gorilla Glass sekalipun, alangkah lebih baik apabila anda menggunakan anti gores atau screen guard pada ponsel.

Langkah Penting Sebelum Memasang Anti Gores HP

Langkah penting yang harus anda lakukan sebelum memasang anti gores pada ponsel adalah persiapan peralatan yang diperlukan.

Jangan lupa untuk melepas anti gores lama serta bersihkan layar ponsel hingga bersih. Jika ponsel anda menggunakan anti gores berbahan plastik, anda langsung dapat melepasnya dengan mengangkat ujung lapisan menggunakan kuku.

Akan tetapi apabila ponsel anda menggunakan anti gores berbahan kaca atau tempered glass, maka gunakanlah kartu untuk membantu melepaskannya.

Hal ini bertujuan agar lapisan tidak pecah serta tidak menggores layar smartphone. Selanjutnya anda dapat membersihkan layar smartphone dengan menggunakan tisu atau kain microfiber.

Proses Atau Cara Memasang Anti Gores HP Secara Tepat

Berikut ini langkah-langkah memasang anti gores yang terbuat dari tempered glass antara lain:

  • Pastikan layar ponsel benar-benar bersih tanpa adanya debu halus yang menempel
  • Kemudian buka lapisan lem pada tempered glass
  • Pegang pada bagian sisi-sisinya dengan menggunakan jari, jangan sampai jari menempel pada bagian lem
  • Selanjutnya arahkan tempered glass pada smartphone hingga benar-benar pas
  • Cara memasang anti gores HP selanjutnya adalah tempelkan tempered glass secara perlahan, serta biarkan tempered glass menyatu pada layar.
  • Berikutnya, apabila nampak miring, geser perlahan sebelum semua lem melekat.
  • Untuk menghilangkan gelembung anda dapat menggosoknya dengan menggunakan kartu ke arah luar.
  • Bila memungkinkan lapisi kartu dengan kain supaya tempered glass tidak tergores
  • Gelembung yang terdapat pada tempered glass pada umumnya sulit untuk dihilangkan. Maka anda perlu menekannya sedikit keras.
  • Apabila semua gelembung telah hilang, maka smartphone pun telah siap untuk anda gunakan.

Demikianlah tips menyematkan anti gores secara aman anti gelembung pada perangkat HP. Untuk memasang anti gores memang diperlukan adanya ketelitian serta kesabaran.

Apabila anda berhasil mengikuti cara memasang anti gores HP sesuai dengan langkah-langkah di atas. Maka saat membeli ponsel baru, anda tidak perlu meminta bantuan penjual untuk memasangkan anti goresnya.