Cara Memasang Iklan di Facebook Supaya Sampai ke Audience

0
178
Cara Memasang Iklan di Facebook supaya Sampai Pada Audience
Ilustrasi cara memasang iklan di Facebook Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memasang iklan di Facebook merupakan solusi untuk bisnis yang masih kecil dalam menjangkau target pasar dengan mudah.

Terdapat beragam format iklan sehingga bisa menjangkau audiens dengan cara yang sesuai jasa maupun produk yang anda tawarkan. Bisa melalui polling, slideshow, video, game augmented reality, maupun cerita.

Facebook juga memberikan akses ke metrik bagi penggunanya. Sehingga mampu mengetahui bagaimana kinerja iklan. Mampu membuat perubahan supaya lebih sesuai dengan target pasar untuk masa yang akan datang.

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Facebook?

Login (Membuka Facebook Ads)

Langkah pertama, anda bisa membuka laman Facebook Ads Manager. Pastikan juga anda sudah masuk ke akun Facebook yang anda gunakan untuk membuat halaman Facebook sebelumnya.

Memilih Pembuatan Iklan Terpadu

Membuka menu Kampanye serta klik Buat Iklan. Facebook akan menyediakan dua pilihan untuk membuat iklan, yakni Pembuatan Iklan Cepat dan juga Pembuatan Iklan Terpadu. Supaya iklan anda lebih spesifik, anda bisa memilih Pembuatan Iklan Terpadu.

Menentukan Tujuan Iklan

Berikutnya tahapan cara memasang iklan di Facebook yaitu menentukan tujuan iklan yang akan anda capai. Facebook juga menyediakan tujuan iklan dalam kategori yang berbeda-beda. Diantaranya Pertimbangan, Konversi, dan juga Kesadaran.

Pertimbangan

Lalu lintas atau traffic, meningkatkan jumlah pengunjung ke website anda atau mendapatkan banyak pengikut untuk aplikasi anda.

Interaksi, pilihan ini menjadi opsi yang tepat. Cocok bagi anda yang menginginkan mendapat interaksi pada kiriman, tanggapan terhadap acara yang akan anda selenggarakan, promo dari produk anda, dan juga like halaman.

Pemasangan aplikasi, iklan memiliki tujuan yang berguna untuk mendorong orang agar menginstal aplikasi yang telah anda buat.

Penayangan video, apabila anda membuat konten berupa video, pilihan ini harus anda pilih supaya bisa mendapatkan viewers yang banyak.

Pembuatan prospek, hal ini bisa mengumpulkan data dari orang yang mempunyai ketertarikan terhadap produk anda. Data itu bisa berbentuk alamat email.

Pesan, mengajak target pasar untuk mengirim pesan pada bisnis anda yang berada di Messenger maupun WhatsApp.

Konversi

Dalam mempelajari cara memasang iklan Facebook, ada konversi. Bisa membuat peningkatan jumlah orang yang akan berbelanja dengan membeli produk anda pada website.

Penjualan katalog produk, menampilkan iklan yang berkaitan dengan produk katalog anda. Hal tersebut sesuaikan dengan target yang telah anda tentukan.

Kunjungan toko, apabila anda mempunyai toko offline atau toko fisik, anda bisa memilih bagian ini sebagai peningkatan pelanggan mengunjungi toko anda.

Kesadaran

Kesadaran merek, dalam peningkatan brand awareness, anda bisa menjangkau orang-orang yang memiliki kemungkinan untuk tertarik.

Jangkauan, mampu menampilkan iklan anda dalam jumlah yang maksimal dari orang sesuai anggaran dana anda.

Mengklik Tujuan Iklan

Cara memasang iklan di Facebook selanjutnya yakni anda harus mempertimbangkan tujuan iklan yang paling cocok untuk anda

Memilih Jenis Iklan Facebook

Facebook memberikan dua pilihan iklan, yakni Uji Split dan juga Pengoptimalan Anggaran. Sehingga anda harus memilih salah satu.

Tulis Nama Iklan serta Pilih Tujuan Trafik

Anda bisa menulis nama iklan supaya anda mengecek performa iklan-iklan yang berada di FB Ads. Lalu anda bisa memilih tujuan trafik yang akan anda arahkan ke mana. Anda dapat mengarahkan lalu lintas atau traffic  website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

Menampilkan Promo

Apabila anda menjalankan promo pada bisnis, anda bisa mencentang pada pilihan promo sehingga ditampilkan.

Menentukan Target Audience

Anda bisa memilih audiens yang ingin anda jangkau. Bisa berdasarkan kriteria, misalnya saja seperti lokasi, usia, serta informasi lainnya. Pilih juga demografi, minat, dan perilaku yang bisa menggambarkan target pasaran.

Menentukan Penempatan Iklan

Pada penempatan iklan yang akan anda tampilkan, lebih baik anda memilih Penempatan Otomatis. Pilihan ini lebih baik untuk menjadi tahapan cara memasang iklan di Facebook. Sebab Facebook otomatis menampilkan iklan yang berada di tempat yang mempunyai kinerja baik.

Memilih Jadwal

Menentukan durasi iklan anda yang akan tampil.

Memilih Format Iklan

Gambar tunggal, iklan dengan satu gambar. Tayangan slide, iklan menggunakan video maupun gambar dengan slide 10 gambar. Karosel, tampilan iklan menggunakan 2 atau lebih gambar ataupun video yang bisa anda geser.

Cara Membayar Iklan Facebook

Anda dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau bisa juga kartu debit. Jika anda sudah melakukan pembayaran, nantinya Facebook akan melakukan review iklan serta segera menampilkan jika cara memasang iklan di Facebook anda telah memenuhi syarat.