Cara Membersihkan Kamera HP Paling Mudah dan Cepat  

0
34
Cara Membersihkan Kamera HP
Ilustrasi Cara Membersihkan Kamera HP. Foto: IST/NET

Texno.ID – Cara membersihkan kamera HP tentu tidak boleh sembarangan. Hal ini tentu mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera itu sendiri. Jika kamera tersebut buram dan berdebu, maka hasil foto anda juga akan mengecewakan. 

Oleh karena itu anda juga harus membersihkannya dengan tepat agar tidak merusak lensa kamera HP kesayangan. Karena kamera mudah tergores, rusak dan pecah, maka harus ekstra hati-hati membersihkannya. Simak tips jitunya berikut ini. 

Cara Membersihkan Kamera HP dengan Tepat

Bagi anda yang menginginkan kamera HP yang tadinya buram atau kotor menjadi bersih kembali, maka dapat menggunakan berbagai macam cara mudah. Adapun cara membersihkan kamera ponsel tersebut sebagai berikut:

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih tidak hanya untuk mengobati masuk angin atau untuk aromaterapi. Namun juga bermanfaat untuk membersihkan kamera ponsel. Pertama, anda siapkan kain microfiber atau kain yang halus.

Cukup teteskan sedikit minyak kayu putih tersebut ke kain tersebut. Kemudian gosokkan ke lensa kamera ponsel searah jarum jam secara hati-hati dan perlahan. 

Ponsel anda akan terhindar dari debu dan jauh lebih bersih. 

Menggunakan Pasta Gigi

Cara membersihkan kamera HP selain dengan minyak, maka dapat menggunakan pasta gigi. Caranya dengan mengoleskan sedikit pasta gigi ke kain halus. 

Kemudian, gosokkan secara perlahan ke lensa kamera tersebut. Anda bisa menggunakan cotton bud untuk mengoleskan pasta gigi. Selanjutnya, anda putar searah jarum jam hingga merata keseluruh bagian lensa kamera. 

Diamkan sebentar saja dan bersihkan dengan kain halus yang basah agar terangkat dengan sempurna. Kegunaan dari pasta gigi tersebut adalah untuk menyamarkan goresan kecil atau halus dan menjaga lapisan pelindung oleophobic coating

Menggunakan Cairan Pembersih

Selain dengan cara di atas, anda dapat membersihkan kamera dengan cairan pembersih khusus. Pilihlah cairan yang tidak mengandung kimia adiktif karena akan merusak lapisan pelindung kamera. 

Cara membersihkan kamera HP ini pun sangat mudah. Anda dapat mengoleskan cairan pembersih pada kain kemudian gosok perlahan searah dengan jarum jam. Pastikan kain benar-benar halus agar tidak merusak lapisan kaca. 

Menggunakan Blower Karet Mini

Anda dapat membersihkan kamera dengan blower karet mini. Kini telah banyak dijual di pasaran. Menggunakannya juga cukup mudah. Caranya yakni membuka casing ponsel terlebih dahulu kemudian siapkan blower karet mini anda. 

Kedua, arahkan blower tersebut ke lensa dan tekan hingga mengeluarkan angin yang dapat menerbangkan debu. Ketika cukup bersih, ambil tisu atau kapas untuk membersihkan ulang. 

Ketiga, pasang baut casing atau ponsel hingga tertutup rapat dan kamera anda siap digunakan kembali. 

Menggunakan Semprotan Pembersih

Cara membersihkan kamera HP berikutnya, anda dapat menyiapkan peralatan berupa cotton bud, pisau kecil, alat semprot dan obeng kecil. Caranya adalah buka casing HP anda bagian belakang dan gunakan obeng untuk membuka casing. Namun jika tanpa baut, maka anda dapat membuka dengan mudah. 

Ambil cotton bud dan gosokkan pada lensa kamera perlahan agar tidak rusak. Setelah itu semprotkan dengan bahan sejenis WD 40. Jika cukup bersih kemudian lap dengan tisu hingga mengkilap. 

Pasang kembali baut pada casing atau tutup kembali casing ke handphone anda dan kamera siap untuk anda pakai. Anda sudah dapat menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari dan mengabadikan momen terbaik. 

Itulah cara membersihkan kamera HP menjadi mengkilap dan bersih. Lakukan dengan hati-hati dengan perawatan terhadap HP, agar tidak cepat rusak sehingga menghasilkan gambar yang berkualitas.