Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan Dua Langkah Termudah

0
34
Cara Menyambungkan Printer ke Laptop dengan Dua langkah Termudah
Ilustrasi Cara menyambungkan printer ke laptop. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menyambungkan printer ke laptop banyak sekali langkahnya yang harus anda ketahui agar bisa menerapkannya sendiri. Pastinya anda sering menggunakan perangkat laptop untuk mengerjakan sesuatu.

Terlebih saat anda ingin membuat dokumen kertas, pastinya sangat membutuhkan teknologi berupa printer. Nah jika anda memiliki mesin printer sendiri, cukup mudah tanpa harus pergi ke warung fotocopy untuk mencetak dokumen.

Inilah Cara Menyambungkan Printer ke Laptop Sangat Mudah

Bagi anda yang ingin melakukan cetak dokumen sendiri dari rumah, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi. Anda hanya membutuhkan kabel dan DVD bawaan mesin printer tersebut.

Kabel tersebut untuk menghubungkan laptop anda ke printer. Sedangkan DVD biasanya berisikan software yang bisa anda gunakan untuk menginstal di laptop agar terhubung ke printer.

Selain itu, jangan jauhkan perangkat anda dengan printer karena kabelnya hanya terbatas. Tapi jika anda menggunakan WiFi jaraknya pun juga jangan terlalu jauh, karena biasanya jangkauan WiFi terbatas.

Hal yang paling penting lainnya adalah pastikan bahwa printer yang anda gunakan tersebut menyala alias tidak ada gangguan. Karena jika printer rusak atau ada gangguan, semuanya tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Jika semuanya sudah ada, anda tinggal menghubungkannya ke laptop. Namun juga harus melakukannya dengan beberapa tahap yang benar agar hasilnya memuaskan.

Menggunakan Kabel

Cara menyambungkan printer ke laptop yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan berupa kabel. Namun jika anda ingin menghubungkan dengan kabel, anda harus menginstal dahulu software printer di laptop dahulu.

Caranya anda harus menyiapkan terlebih dahulu DVD/CD yang berguna untuk instal printer dan kabel tersebut. Untuk bisa menyambungkannya, simak uraian berikut ini

  1. Pertama-tama anda harus menghidupkan mesin printer terlebih dahulu dan memastikan bahwa kabel sudah terpasang dengan benar.
  2. Lalu hubungkan printer tersebut ke laptop dengan kabel yang sudah anda sediakan sebelumnya.
  3. Selanjutnya anda bisa masuk ke dalam Control Panel dengan memilih Hardware and Sound. Lalu pilihlah Devices and Printers.
  4. Cara menyambungkan printer ke laptop berikutnya adalah dengan memilih Add Printer dan Add a Local printer.
  5. Pada saat itu anda pilih yang Use an Existing Port.
  6. Dari sinilah anda bisa memilih jenis port mana yang sesuai anda pasang pada laptop tersebut.
  7. Jika sudah, anda bisa memilih Model Printer dan Merek Printer anda, lalu tekan Next.
  8. Setelah semuanya selesai, maka anda bisa klik Finish.

Menggunakan Bluetooth atau WiFi

Tips yang kedua ini bisa anda gunakan ketika ingin mengetahui cara menyambungkan printer ke laptop dengan mudah. Caranya cukup dengan WiFi dan tanpa harus menggunakan kabel apapun.

Caranya hampir sama seperti pada tips sebelumnya. Hanya saja, ini harus menggunakan koneksi WiFi. Pertama anda bisa masuk ke dalam Control Panel, Hardware and Sound, lalu Device and Printer dan tekan Add Printer.

Apabila sudah selesai, maka anda bisa memilih Add a Network, Wireless or Bluetooth Printer yang tersedia. Namun pastikan juga bahwa anda sudah bisa terhubung dengan WiFi dan printer. Nantinya akan muncul icon printer yang bisa anda gunakan.

Terakhir yang perlu anda ketahui sebelum melakukan semua itu bahwa anda harus memastikan dahulu kondisi printer dan laptop harus bisa menyala semua. Jangan sampai ada masalah seperti gangguan, error, dan sejenisnya.

Oleh karena itu, cara menyambungkan printer ke laptop juga harus bisa memperhatikan kondisi perangkat yang akan anda gunakan tersebut. Jika semuanya normal, maka mencetak dokumen dapat berjalan lebih baik.