Cara Edit Video di HP dengan Menggunakan Aplikasi

0
227
Cara Edit Video di HP dengan Menggunakan Aplikasi
Ilustrasi cara edit video di hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara edit video di hp menjadi sebuah usaha untuk membuat konten dari mengabadikan sebuah momen. Mengingat aplikasi masa kini pada perangkat pintar anda semakin canggih dalam melakukan berbagai macam aktivitas yang semua orang dapat melakukannya.

Salah satu dari penggunaan smartphone sering anda gunakan untuk buka media sosial, main game online, maupun offline, untuk menonton YouTube atau sekedar dengarkan musik. Aktivitas tersebut memang asyik, tetapi anda dapat perubahan pada smartphone menjadi lebih produktif lagi.

Contohnya dengan anda memakai smartphone untuk membuat suatu karya dengan edit video. Ponsel pintar anda dapat melakukan hal apa saja yang anda inginkan sesuai segala kebutuhannya.

Tentunya anda pernah merekam video memakai hp. Saat anda mempunyai video pada album, anda dapat mengeditnya dengan menambahkan lagu ataupun backsound lainnya.

Pastinya anda harus mengetahui sedikit skill cara edit video di hp. Meskipun anda belum sepenuhnya menguasai, tetapi jangan khawatir. Sebab artikel ini akan menjelaskan tahapan mengedit video.

Simak Cara Edit Video di HP Android

Sebelum anda melakukan editing video dengan memakai hp, terdapat hal yang sangat penting yaitu untuk mengunduh aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store. Untuk aplikasi ini, tidak berbayar dan juga memiliki ukuran relatif ringan.

Langkah Pertama

Anda dapat menginstal aplikasi InShot melalui Google Play Store. Apabila anda sudah memasang aplikasi, anda dapat langsung membukanya.

Langkah Kedua

Anda akan menjumpai tampilan InShot saat pertama kalinya anda buka. Aplikasi ini juga menyediakan bukan hanya untuk mengedit video, tetapi juga ada fitur tambahan. Antara lain seperti edit foto dan juga Collage. Untuk memulai cara edit video di hp, anda dapat memilih menu bagian video.

Langkah Ketiga

Setelah anda menekan menu Video, anda terlebih dahulu harus membuat project baru dengan memilih New (tombol yang berwarna hijau).

Langkah Keempat

Untuk cara edit video di hp selanjutnya, anda dapat memilih penyimpanan lokasi video yang nantinya akan anda simpan. Pastikan juga anda tidak lupa untuk menyimpannya.

Namun secara otomatis, aplikasi ini akan mendeteksi seluruh file video yang berada pada penyimpanan. Setelah itu, anda dapat memilih video mana saja yang akan anda gabungkan atau anda edit.

Langkah Kelima

Apabila anda telah memilih beberapa video yang terdapat pada penyimpanan, sehingga akan secara otomatis anda akan masuk pada aplikasi tahan untuk editing. Cara edit video di hp memang sedikit lebih rumit, sebab layar yang anda lihat terbatas daripada menggunakan desktop.

Anda dapat memutar video ini, namun durasi bawaan yaitu sesuai dari file aslinya. Pada tahapan ini, anda dapat memotong video sesuai yang anda inginkan. Untuk hal tersebut, anda dapat menggunakan menu trim (ikon gunting).

Langkah Keenam

Langkah selanjutnya anda dapat memilih salah satu video yang akan anda potong. Pada menu trim anda dapat mengatur atau memotong durasi video yang anda inginkan.

Caranya, anda tinggal drag pada bagian ujung serta berhentikan pada durasi yang anda inginkan. Kemudian, pilihlah simbol centang jika anda sudah yakin untuk memotongnya.

Langkah Ketujuh

Setelah anda selesai memotong beberapa video yang anda ingin edit, anda dapat melanjutkan dengan menambahkan musik ataupun soundtrack pada project tersebut. Anda bisa memilih menu Tracks, disana dapat memilih audio yang telah tersedia.

Langkah Kedelapan

Selain anda dapat memilih audio yang telah tersedia, anda juga bisa memilih audio yang berdasarkan penyimpanan pada ponsel anda.

Langkah Kesembilan

Pada bagian ini, anda dapat memangkas durasi yang ada pada soundtracks sesuai keinginan. Sehingga dapat memilih bagian mana saja audio yang akan anda gunakan. Terdapat fungsi fade in serta fade out yaitu monitoring awal dan juga akhir dari audio tersebut.

Langkah Kesepuluh

Bukan hanya dapat memotong pada area Trim, anda juga dapat memotong audio melalui Workspac atau project interface.

Langkah Kesebelas

Saat video project video anda telah selesai dalam tahapan editing, berikutnya anda dapat melakukan eksport video atau menyimpan video yang anda edit. Untuk kualitasnya anda bisa memilih 720p. Karena sudah cukup untuk penggunaan perangkat pintar anda.

Cara edit video di hp pada tahapan terakhir, anda bisa menunggu proses rendering pada aplikasi InShot. Anda dapat menunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya.