Mengubah HP Jadi Proyektor dengan Menggunakan Bahan Sederhana

397
Mengubah HP Jadi Proyektor dengan Menggunakan Bahan Sederhana
Ilustrasi mengubah HP jadi proyektor. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Mengubah HP jadi proyektor cukup penting untuk Anda ketahui, supaya saat ingin membuat proyektor tak harus menggunakan alat aslinya. HP atau perangkat genggam merupakan sebuah barang elektronik yang mempunyai banyak fungsi maupun kegunaan untuk para pengguna.

Biasanya proyektor sendiri adalah alat yang berguna untuk memperbesar layar HP atau laptop di bidang datar seperti papan atau dinding. Dengan layar besar, maka pengguna bisa melihat gambar dan tulisan lebih jelas bahkan cocok untuk menonton bioskop.

Bagaimana Cara Mengubah HP Jadi Proyektor?

Seperti tadi bahwa HP atau smartphone merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang karena memudahkan untuk melakukan komunikasi. Tanpa adanya perangkat elektronik itu, tampaknya kehidupan terasa sangat membosankan karena kita tidak bisa melakukan kegiatan dengan cepat.

Dunia semakin berkembang, maka tak heran pula jika saat ini teknologi juga semakin maju pesat dengan inovasi yang mencengangkan. Tahukah Anda apa itu proyektor? Barang elektronik yang fungsi utamanya adalah untuk menampilkan gambar bisa video atau foto ke layar lain melalui HP atau PC.

Baca:  HP Xiaomi Redmi Note 8 2021 Hadir Sebagai HP Baru Paling Laris

Karena barang tersebut sangat canggih, maka tak heran pula jika harganya juga lebih mahal. Nah, untuk meminimalisirnya, maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan perangkat genggam Anda. Bagaimana caranya?

Siapkan Peralatan

Untuk mengubah HP jadi proyektor, sebelumnya Anda harus sudah menyiapkan segala sesuatunya yakni cukup dengan peralatan sederhana saja. Nah alat-alat tersebut mulai dari penggaris, kaca pembesar, pisau, lakban, kawat, pensil dan kardus.

Jika sudah, maka Anda bisa langsung membuat lingkaran sebesar kaca pembesar yang sudah Anda siapkan tadi. Caranya dengan menempelkan kaca pembesar tersebut di atas kardus, lalu tinggal menggambarnya menggunakan pensil membentuk lingkaran.

Baca:  Cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan Smartphone

Selanjutnya tanda bulatan yang Anda buat dari cetakan kaca pembesar sekarang tidak Anda lepas supaya membentuk lubang lingkaran. Lalu letakkan kaca pembesar tadi ke bagian lubang dan lakban pada bagian dalam kardus yang ada lubangnya tadi.

Pasang Kabel USB

Mengubah HP jadi proyektor selanjutnya, jika kaca pembesar sudah Anda tempel menggunakan lakban, maka Anda tinggal membuat lubang kecil. Nah, buatlah lubang tersebut pada bagian pojok kardus agar kabel USB Android Anda bisa masuk ke dalam kardus.

Langkah berikutnya, ambil kawat yang sudah Anda persiapkan, lalu buatlah bentuk supaya bisa berguna untuk mendirikan perangkat smartphone Anda. Supaya tidak goyah, maka buatlah sebagus mungkin agar nanti tidak jatuh.

Kemudian untuk langkah selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan pada bagian layar smartphone Anda agar layarnya terbalik. Jika sudah, maka kini Anda bisa langsung mengatur ketepatan antara kaca pembesar dan HP Android Anda tadi.

Baca:  HP Samsung Galaxy F22 Bersiap Diri, Kemungkinan Hadir Akhir Juli 2021

Tutup Kardus dan Nikmati Tontonannya

Mengubah HP jadi proyektor yang terakhir adalah menutup kardus yang sudah Anda buat tadi dengan benar. Nah, jadi sekarang Anda sudah membuat proyektor sendiri dengan menggunakan alat-alat sederhana.

Nah, bagaimana cukup mudah bukan? Selain mudah, membuat proyektor sendiri dari rumah juga akan menghemat biaya pengeluaran Anda. Sebab semua peralatan yang Anda gunakan sangat sederhana dan banyak dijual di toko.

Sementara untuk kardusnya, Anda bisa menggunakan kardus bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Jadi untuk mengurangi sampah, maka Anda bisa memanfaatkan kardus tersebut. Dengan alat dan perlengkapan seadanya, maka Anda sudah bisa membuat proyektor sendiri di rumah dan dapat menikmati dengan layar besar.