Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Ikuti Tips-tips Berikut

0
165
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Ikuti Tips Berikut
Ilustrasi Cara Mengatasi HP Kemasukan Air. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengatasi HP kemasukan air perlu anda tahu. Jangan merasa panik dulu bila mengalaminya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Tak perlu khawatir dan bingung karena caranya terbilang mudah dilakukan.

Inilah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi ponsel dengan kemampuan tahan air. Namun, banyak juga produk yang belum mempunyai kemampuan seperti itu. Untuk itu, ponsel harus dijaga dan dijauhkan dari air. 

Saat hujan harus ekstra hati-hati. Bisa saja ponsel terkena air atau bahkan tercebur. Keteledoran lain yang sering terjadi adalah tidak sengaja jatuh di bak mandi. 

Meskipun sudah hati-hati, kadang ada saja kejadian di luar dugaan. Smartphone kesayangan tiba-tiba terjatuh dan kemasukan air. Tidak perlu merasa panik, kami akan berikan beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut.

Segera Matikan Handphone

Bila smartphone terkena air, segera matikan dan lepas baterainya. Kemudian lepas kartu SIM, SD card, dan apapun yang terpasang. Komponen ponsel bisa konslet atau terbakar bila terkena air.

Kerusakan tidak akan menyebar bila anda mencegah dengan cara memutuskan daya ponsel. Cara mengatasi HP kemasukan air jangan terburu-buru untuk menyalakannya kembali. 

Agar semua aliran udara terbuka, maka copot casingnya. Namun jangan sampai melepaskan sekrup atau seluruh komponen. Karena Liquid Damage Indicator atau LDI yang terusik bisa menghilangkan garansi. 

Perlahan goyang-goyang ponsel agar air yang masuk bisa keluar. Perhatikan posisi yang tepat, supaya tidak memperburuk keadaan dan air mencapai bagian dalam. Sebaiknya lepas baterai agar tidak konslet dan air semakin masuk ke dalam. 

Sedot Memakai Vacuum Cleaner

Gunakan kain kering dan tempelkan ke bagian ponsel yang basah. Hal ini merupakan cara yang mudah untuk menyerap air. Cara mengatasi HP kemasukan air terus tempel sampai mengering.

Jangan membersihkan dengan menggosokkannya. Karena air yang menempel pada ponsel bisa menyebar, bahkan berpindah kemana-mana. Namun vacuum cleaner merupakan solusi terbaik untuk mengeluarkan air.

Pastikan SIM card, baterai, dan SD card sudah lepas sebelum memakai vacuum cleaner. Jangan sesekali memanaskan atau menipu dengan hairdryer. Hal tersebut bisa merusak komponen yang ada dalam ponsel.

Menggunakan Beras atau Silica Gel

Alternatif lain cara mengatasi HP kemasukan air adalah menggunakan ziplock yang terisi silica gel atau beras. Bahan tersebut mampu mengurangi kelembaban. Benamkan ponsel yang basah dengan memakai ziplock yang sebelumnya diisi silica gel atau beras kering. 

Mengubur ponsel dalam beras dapat menyerap air. Pastikan seluruh bagiannya terselimuti beras. Biarkan selama dua atau tiga dan bolak-balik ponsel tiap jam agar air terserap dengan baik. 

Sebagai pengganti beras, silica gel bisa anda andalkan sebagai penyerap air dalam ponsel. Letakkan satu paket silica gel pada tiap sisi handphone. Terutama pada bagian yang kemasukan air paling banyak. Lalu biarkan selama dua atau tiga hari. 

Cek setelah dua hari, keluarkan ponsel dan bersihkan dari beras atau silica gel. Kemudian cek layar ponsel, bisa masih kedapatan ada uap air, maka kembali kubur bersama beras atau silica gel kembali. 

Namun bila terlihat kering sepenuhnya, cobalah masukkan baterai dan nyalakan. Lakukan pengisian daya bila tidak kunjung menyala. Namun bila baterai tidak terisi, bisa jadi mengalami kerusakan. Coba pakai baterai lain untuk mengatasinya. 

Silica gel mempunyai fungsi yang baik khusus untuk perangkat elektronik. Karena mampu mencegah kondensasi alias pengembunan. Cara mengatasi HP kemasukan air dengan silica gel perlu anda coba.

Memeriksakan ke Tukang Servis

Jika smartphone tidak bisa menyala, jangan membongkarnya sendiri. Anda bisa mempercayakan perbaikan pada tukang servis langganan. Cara lain adalah dengan membawanya ke vendor resmi servis smartphone anda.

Ada beberapa vendor yang memberikan garansi untuk ponsel yang tercelup air. Jika kartu garansi masih aktif, tidak ada salahnya memperbaiki ke vendor servis resmi. 

Kesimpulannya, jangan merasa panik bila ponsel kemasukan air. Karena belum tentu mengalami kerusakan. Cara mengatasi HP kemasukan air bisa dengan mengikuti beberapa tips di atas. Jangan ragu untuk melakukannya sebelum ponsel mengalami kerusakan dan semakin parah.