Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Berikut Ini Trik Mudahnya

0
227
Cara Mengatasi layar HP Gerak Sendiri, Berikut Ini Trik yang Paling Mudah
Ilustrasi Cara mengatasi layar HP gerak sendiri. Foto: abc7news

Texno.ID – Cara mengatasi layar HP gerak sendiri banyak sekali langkahnya. Pasalnya, layar ponsel yang sering bergerak dengan sendirinya membuat pengguna bingung.

Kondisi ini bernama Ghost Touch, artinya layar HP sering gerak-gerak sendiri. Kondisi seperti ini membuat para pengguna tidak bisa melakukan segala aktivitasnya.

Simak Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri dengan Mudah

Banyak masalah ponsel yang sering dialami oleh pengguna, salah satunya layar HP gerak sendiri. Sehingga membuat mereka salah ngetik atau mencet karena layar HP gerak tidak terkontrol.

Untuk bisa menghentikannya, sebaiknya cari tahu dahulu akar penyebabnya. Jika sudah, kita bisa lebih mudah untuk mengatasinya.

Kebanyakan masalah layar HP sering gerak sendiri karena touchscreen sudah mulai rusak. Selain itu, juga masih banyak lagi faktor yang lainnya seperti baterai melembung dan HP terlalu panas.

Untuk menghilangkan Ghost Touch, tergantung pada tingkat keparahan pada HP tersebut. Jika bersifat ringan, hanya perlu flash saja. Begitu juga sebaliknya, kita harus mengganti mesin.

Membersihkan Layar HP

Cara mengatasi layar HP gerak sendiri yang pertama adalah dengan membersihkannya setiap saat. Pasalnya, layar yang begitu kotor bisa mempengaruhi sistem kerja dalam HP tersebut.

Baca:  Game Masak-masakan dengan Grafis Ceria Cocok untuk Anak-anak

Hal ini sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal ada beberapa smartphone dengan keadaan layar kotor bisa berpengaruh pada pergerakan layar.

Jadi, ketika anda sedang mengalami Ghost Touch, coba membersihkan layar dengan cairan khusus. Cara seperti ini biasanya ampuh untuk mengatasi layar ponsel gerak sendiri.

Restart Smartphone

Cara mengatasi layar HP gerak sendiri adalah dengan merestart ponsel anda. Tips yang satu ini cara yang paling sederhana untuk anda lakukan.

Dilakukan karena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa jalan secara maksimal. Atau mungkin terdapat perangkat keras yang sedang mengalami error.

Tentunya hal seperti ini bisa membuat layar HP bergerak sendiri. Apabila masalah ini berasal dari beberapa faktor tersebut, maka HP pintar akan kembali seperti semula setelah restart.

Mendiamkan HP Beberapa Saat

Biasanya handphone yang terlalu lama beroperasi akan semakin panas. Sehingga cara mengatasi layar HP gerak sendiri adalah dengan mendiamkannya selama beberapa menit.

Panas pada ponsel lebih sering disebut overheat. Jadi, jika ponsel anda merasa panas, sebaiknya biarkan selama beberapa saat. Sekitar 15 menit sampai benar-benar dingin.

Baca:  Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Beberapa Langkah Termudah

Pembaruan Firmware

Banyak orang yang sering mengabaikan untuk pembaruan firmware. Karena hanya bisa menghabiskan ruang penyimpanan saja. Justru jika tidak dilakukan, akan berdampak pada layar HP yang gerak sendiri.

Jadi, jika ponsel anda mengalami layar yang gerak sendiri, cobalah untuk memperbarui firmware tersebut. Kemungkinan besar layar akan bisa kembali seperti semula.

Mengganti Charger

Cara mengatasi layar HP gerak sendiri selanjutnya adalah mengganti pengisian daya dengan charger yang lainnya. Pasalnya, charger sembarangan bisa memicu terjadinya layar HP bergerak sendiri. Sehingga anda bisa mengganti jenis charger yang baru.

Mengganti Baterai

Layar HP gerak sendiri biasanya karena baterainya sudah mulai rusak. Baterai yang sudah mulai menggelembung bisa menyebabkan layar tertekan dan membuatnya sering bergerak sendiri.

Sehingga anda harus segera mengganti dengan jenis baterai yang baru. Dengan begitu, maka performa smartphone akan menjadi lebih baik dan bisa berfungsi kembali. Sehingga layar tidak akan kembali gerak sendiri.

Membersihkan Bug Sistem

Cara mengatasi layar HP gerak sendiri berikutnya adalah dengan membersihkan pada bug sistem. Pasalnya, jika sistem operasi Android terganggu karena bug, bisa menyebabkan program bekerja tidak maksimal.

Baca:  Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Termudah dalam Satu Android

Biasanya terjadi karena ada sebuah aplikasi dari pihak ketiga yang sedang bentrok dengan kinerja ponsel. Sehingga menimbulkan bug dan mempengaruhi sistem kinerja HP. Masalah seperti ini biasanya karena ada sebuah aktivitas root HP. Sehingga menyebabkan layar HP anda error.

Melakukan Kalibrasi Layar

Anda bisa mengatasi layar ponsel yang gerak sendiri dengan melakukan kalibrasi. Hal ini supaya bisa memeriksa apakah layar tersebut rusak atau tidak.

Biasanya cara yang satu ini cukup berhasil agar layar tidak kembali bergerak sendiri. Untuk memperbaiki dengan cara seperti ini, anda bisa mengunduh aplikasi tambahan.

Membawa ke Tempat Service

Terakhir, anda bisa membawa ponsel ke tukang service. Sehingga anda bisa membawanya ke tempat service terdekat rumah anda.

Namun anda harus membawa ke sebuah tempat servis resmi supaya anda bisa mendapatkan layanan yang terbaik. Nah, itulah beberapa cara mengatasi layar HP gerak sendiri yang bisa anda lakukan.