Cara Edit Video di TikTok Bagi Pemula Secara Baik dan Benar

0
224
Cara Edit Video di TikTok Bagi Pemula Secara Baik dan Benar
Ilustrasi cara edit video di TikTok. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara edit video di TikTok sekarang menjadi trend bagi pengguna media sosial. TikTok sendiri adalah aplikasi yang sering dipakai untuk membagikan video pendek.

Waktu video yang ada pun berkisar cukup pendek, yaitu hanya sekitar 15 detik sampai dengan 1 menit saja. Jika anda baru menggunakan aplikasi tersebut, yuk simak cara edit video di TikTok.

Tutorial Cara Edit Video di TikTok Dengan Baik

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa aplikasi TikTok telah memiliki editor yang menjadi bawaannya sendiri. Anda bisa memanfaatkan sebagai penambahan filter efek, menambahkan backsound, serta masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara mengedit video di TikTok dengan baik juga benar supaya bisa menghasilkan video yang memuaskan? Untuk hal tersebut, anda bisa mengedit video dengan memanfaatkan fungsi ikon yang telah tersedia.

Pada ikon X berguna untuk membatalkan rekaman. Ikon Check atau biasanya centang bisa anda pilih sebagai penyimpan video. Setelah itu, video yang tadi akan berputar kembali. Apabila anda ingin mengembalikan untuk merekam, maka anda bisa menekan tombol kembali.

Baca:  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Saat Keadaan Darurat

Cara edit video di TikTok selanjutnya dengan menggunakan ikon Cut. Pada ikon ini dapat membuat anda untuk mempersingkat video.

Selanjutnya, telah tersedia juga ikon Mixer yang mempunyai fungsi sebagai pengatur tingkat suara antara yang anda rekam dengan backsound yang terpilih.

Pada ikon Select Sound mungkin bagi anda dalam menambahkan suara atau musik yang berasal dari perpustakaan TikTok. Ada pula ikon Effects yang berguna untuk membuat video anda dengan filter yang inovatif.

Terdapat ikon Set Cover. Ini juga bisa anda pilih sebagai pengedit bingkai video. Dengan seperti itu, frame yang ada pada video anda tidak terlihat membosankan karena telah tersedia banyak variasi bingkai yang dapat anda gunakan.

Untuk ikon Filter berguna sebagai penyaring seluruh segmen video. Lalu terdapat juga ikon Stiker yang memungkinkan anda bisa membuka serta menambahkan stiker animasi sesuai keinginan serta kebutuhan.

Dengan menyeret pada sekitar layar, anda dapat memunculkan saat video akan terputar nantinya. Terakhir, anda bisa menekan ikon Next yang mana anda akan terbawa ke halaman antarmuka untuk melakukan publish video ke aplikasi TikTok.

Baca:  Cara Menghilangkan Iklan di HP Anti Ribet dan Mudah Dipraktekkan

Mengenal Ikon yang Ada pada TikTok

Untuk memudahkan anda dalam cara edit video di TikTok, sebaiknya anda mengetahui beberapa fungsi ikon yang terdapat pada aplikasi tersebut. Ikon tersebut dapat anda temukan pada bagian pojok kiri bawah dan juga pojok kanan atas saat anda telah merekam video.

Ikon X mempunyai fungsi sebagai pembatas sesi perekaman serta pengeditan video. Lalu Add a Sound, akan menampilkan perpustakaan suara yang terdapat pada TikTok dengan variasi banyak.

Dalam penggunaannya, anda dapat mengetuk tombol tersebut sebelum merekam video. Dengan begitu, video bisa disinkronkan dengan suara yang telah dipilih.

Speed, pada ikon ini kemungkinan anda untuk mengubah kecepatan saat pemutaran video. Adanya pengaturan yang berawal dari 0,1x sampai dengan 0,3x. Pada hal ini, berarti anda dapat memutar video dengan gerak lambat 10:1 hingga gerak cepat 3:1.

Flip, sebagai pengubah kamera dari depan ke belakang. Oleh karena itu, bagi anda yang akan mengambil video selfie, maka bisa mengubah kamera belakang menjadi kamera depan hanya dengan mengklik ikon ini.

Baca:  Cara Menampilkan Menu Bar yang Hilang di Word atau di Mozilla Firefox

Lalu Beauty. Berguna sebagai pengaktifan ataupun nonaktif mode kecantikan. Anda dapat memilih mode kecantikan mana saja yang anda mau.

Sementara Filters, memungkinkan anda untuk membuka perpustakaan TikTok. Diantaranya ada tiga, yaitu portrait, vibe, serta life. Timer, mempunyai fungsi membuka antarmuka penghitung waktu.

More, terdapat pada bagian titik tiga untuk beralih antara mode 15 detik sampai 60 detik serta ada ikon flash. Upload, membuka galeri yang ada pada ponsel, memilih video mana yang telah ada dan mengunggahnya.

Videos, untuk merekam video tanpa memakai timer. Kemudian Effects, sebagai penyedia yang luas dengan efek khusus dari TikTok.

Apabila setelah anda mempraktekkan cara edit video di TikTok dan ingin video yang  terunggah dapat dilihat orang banyak, anda dapat membagikannya melalui sosial media lainnya. Dengan cara menekan ikon media sosial serta bagikan video TikTok ke sosial media sesuai keinginan anda. (CW001)

Editor : Deni Supendi