Cara Mengganti Lock Screen Windows 7 dengan dan Tanpa Software

0
149
Cara Mengganti Lock Screen Windows 7 dengan Maupun Tanpa Software
Ilustrasi cara mengganti lock screen windows 7 Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mengganti lock screen Windows 7 mudah untuk anda lakukan. Pasalnya, secara default Microsoft tidak memberikan pilihan untuk menggantinya, sehingga anda memerlukan sedikit trik untuk melakukannya. Terdapat dua cara yakni dengan atau tidak memakai bantuan software.

Adanya pilihan bergantung pada prosesnya, pastinya dengan anda menggunakan bantuan software akan lebih cepat. Namun ada sebagian orang yang memilih tidak wajib memakai software tambahan.

Kiat Cara Mengganti Lock Screen Windows 7

Menggunakan Cara Manual

Langkah pertama, anda dapat membuka Windows Run (Win + R). Lalu anda bisa juga mengetikkan regedit sebagai pembuka jendela registry editor.

Anda juga dapat menavigasikan ke path HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE/Microsoft/Windows/ CurrentVersion/Authentication/Logon/Background.

Langkah berikutnya cara mengganti lock screen Windows 7, pada panel sebelah kanan, anda dapat mengklik key OEMBackground.

Kemudian anda dapat mengganti valuenya. Apabila tidak ada key tersebut, anda bisa membuat dengan manual yang mana caranya klik kanan- New- DWORD key.

Tahapannya belum selesai, Windows Explorer kemudian anda navigasikan ke C:\Windows\system32\oobe. Selanjutnya buatlah folder dengan nama info. Di dalam folder info, anda bisa membuat folder baru dengan menggunakan nama backgrounds.

Baca:  Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

Pada tahapan yang terakhir, anda bisa meletakkan gambar yang sesuai dengan keinginan anda pada folder backgrounds. Gantilah nama file menjadi backgroundDefault.jpg. serta pastikan ukurannya lebih kecil dari ukuran 250 KB.

Terdapat juga cara mengganti lock screen Windows 7 hanya dengan cara menyunting registry serta sedikit modifikasi yang terdapat pada konfigurasi bawaan Windows 7.

Akan tetapi, cara ini hanya berlaku untuk Windows 7 Professional, Enterprise, serta Ultimate Edition saja. Berikut ini tahapannya:

Memodifikasi Registry

Anda dapat mengklik Start yang terdapat pada kolom search, ketik regedit serta tekan Enter. Masuk ke direktori kunci HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrsoftWindowsCurrentVersionAuthenticationLogonUIBackground.

Terdapat pada kolom sebelah kanan, ada nama OEMbackground. Klik dua kali, ubahlah value data menjadi 1 dengan memilih base pada hexadecimal. Lalu klik OK dan tutup regedit.

Mengubah Policy

Anda dapat mengklik Start serta pada kolom pencarian, anda dapat mengetik gpedit.msc dan juga tekan Enter pada fungsi ini. Tidak ada pada Windows 7 Starter, Home premium, dan juga Home Basic.

Baca:  Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

Pada bagian jendela Local Group Policy Editor dapat anda arahkan pada Computer Configuration Administrative Templates System Logon.

Carilah nama pada setting yakni Always use custom login background. Klik dua kali serta pilihlah Enable untuk mengaktifkannya. Apply serta tutup jendela.

Anda dapat memilih gambar sesuai dengan keinginan yang formatnya JPG. Apabila ingin tampilan gambar sempurna, anda pastikan terlebih dahulu bahwa gambar tersebut mempunyai resolusi yang telah anda sesuaikan dengan resolusi layar pada monitor.

Setelah anda masuk ke folder background, secara default akan terdapat file dalam format JPG yang namanya ACKGROUNDDEFAULT.

Apabila folder ini kosong, bukan menjadi masalah, sebab anda akan memasukkan file gambar sendiri yang telah anda pilih. Anda dapat mengubah nama gambar yang telah anda pilih tadi.

Test Wallpaper

Terakhir cara mengganti lock screen Windows 7, anda dapat mencobanya tanpa perlu melakukan restart. Anda hanya cukup menekan tombol Windows + L. Anda bisa melihat tombol perubahan yang terjadi.

Memakai Software

Apabila anda tidak menginginkan melalui langkah yang panjang, anda dapat memakai bantuan software. Anda dapat memakai beberapa tool yang terdapat di internet.

Baca:  Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

Salah satunya yaitu Logon Changer yang tersedia bukan hanya untuk Windows 7, namun untuk Window 8 dan juga Windows 10. Software tersebut mudah untuk anda gunakan.

Anda hanya cukup browser gambar yang ingin anda jadikan lock screen. Lalu anda memilih opsi. Anda bisa mengetes untuk menjadikannya sebagai wallpaper lock screen. Anda juga dapat mengembalikannya ke default dengan memilih opsi Revert to default.

Aplikasi pihak ketiga lainnya yakni Windows 7 Logon Background Changer gratis dan juga bekerja dalam beberapa versi Windows 7. Antarmukanya sangat menarik, namun komputer anda harus memakai kartu grafis yang bisa menangani animasi 3D.

Sekarang anda sudah dapat praktik cara mengganti lock screen Windows 7 secara mudah dengan ataupun tanpa bantuan dari software. Akan tetapi jika anda memakai cara manual, anda tidak dapat mengatur gambar semudah yang anda inginkan. Sebab gambar harus diperkecil terlebih dahulu, lalu harus menyesuaikan ukuran pixel.