Cara Menggunakan Aplikasi Canva untuk Membuat Desain Menarik

0
59
Cara Menggunakan Aplikasi Canva
Ilustrasi Cara Menggunakan Aplikasi Canva. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan Aplikasi Canva sebenarnya cukup mudah. Canva merupakan salah satu tools yang bermanfaat untuk membuat berbagai desain konten visual untuk website ataupun blog secara gratis.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat membuat berbagai jenis desain termasuk membuat desain slide presentasi. Dengan aplikasi Canva, maka Anda tidak perlu lagi memerlukan kemampuan mendesain profesional.

Pasalnya, aplikasi ini telah menyediakan berbagai fitur gratis yang sangat mudah untuk Anda gunakan. Sehingga proses membuat desain pun akan lebih mudah.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Mudah

Canva adalah salah satu platform dan juga aplikasi desain grafis yang mampu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat konten dalam bentuk visual. Seperti logo prosentase poster serta desain untuk posting konten pada sosial media.

Pada aplikasi ini telah menyediakan berbagai macam template atau desain yang tinggal Anda edit sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu tidak memerlukan skill khusus sehingga dapat digunakan oleh siapa saja.

Aplikasi ini dapat Anda gunakan langsung melalui situsnya dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Dengan cara mendownload aplikasi Canva pada HP Android maupun iOS.

Apabila Anda memerlukan fitur yang lebih lengkap lagi, seperti menggunakan berbagai foto yang hanya dapat Anda akses dengan akun berbayar. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan akun Canva Pro dengan harga berlangganan dalam setiap bulannya.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi Canva yang dapat Anda ikuti antara lain untuk membuat desain sesuai dengan kebutuhan antara lain:

Daftar Akun pada Aplikasi Canva

Untuk dapat menggunakan Canva, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun. Caranya cukup mudah, yakni dengan membuka situs Canva.

Langkah selanjutnya silahkan sign up. Anda dapat sign up dengan menggunakan Facebook, Google atau dengan membuat akun mandiri. Setelah membuat akun Anda akan diarahkan pada tampilan halaman serta panduan bagi pengguna baru.

Untuk mengubah bahasa pada aplikasi Canva, arahkan kursor pada bagian “setting” yang terletak pada kanan atas. Selanjutnya pilih language dan ganti ke dalam Bahasa Indonesia.

Pilih Template yang Anda Inginkan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi Canva mempunyai banyak koleksi template yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Maka cobalah untuk membiasakan diri dengan tampilan atau interface Canva. Selanjutnya template Canva masuk ke kategori yang berbeda.

Untuk memulai dalam mendesain, Anda dapat klik “buat desain”, atau dapat pilih langsung template yang Anda inginkan pada halaman depan dashboard.

Mulai Desain dengan Fitur Aplikasi Canva

Cara menggunakan aplikasi Canva selanjutnya adalah dengan memanfaatkan beragam fitur yang terdapat pada aplikasi ini untuk mendesain. Terdapat sedikit perbedaan pada tampilan web serta aplikasi.

Pada aplikasi, dapat langsung memilih template yang Anda inginkan selanjutnya membuat perbedaan. Sedangkan pada web, Anda akan menuju pada halaman kosong untuk memulai desain. Kemudian, pada sebelah kiri tersedia template yang dapat Anda gunakan.

Download Hasil Editan Canva ke Folder HP atau Komputer

Setelah berhasil Anda edit, maka Anda dapat download atau mengunduh hasil editan tersebut dengan cara klik tombol “unduh” pada bagian atas.

Pilih jenis file yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Mulai dari JPG, PNG, PDF standar atau pun PDF setak. Selanjutnya Anda dapat membagikan hasil editan Anda ke sosial media.

Dengan menggunakan aplikasi Canva, maka semua desain yang Anda kerjakan akan tersimpan secara otomatis serta dapat akses lagi pada bagian “desain Anda”. Cukup mudah bukan cara menggunakan aplikasi Canva. Dengan demikian, tidak memerlukan lagi jasa desain untuk memenuhi kebutuhan Anda.