Penguat Sinyal Telkomsel Beserta Langkah-Langkah yang Harus Ditempuh

0
272
Penguat Sinyal Telkomsel Beserta Langkah-Langkah yang Harus ditempuh
Ilustrasi: penguat sinyal Telkomsel. Foto: timesindonesia.co.id

Texno.ID – Penguat sinyal Telkomsel dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Sebelum membahas bagaimana cara untuk menguatkannya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Telkomsel.

Telkomsel adalah suatu perusahaan operator telekomunikasi seluler yang paling besar di Indonesia. Dibentuk dengan patungan dua BUMN yaitu PT Indosat dan PT Telkom pada tanggal 26 Mei 1995.

Telkomsel telah meluncurkan layanan pascabayar dan layanan seluler GSM yaitu kartu Hallo. Hal inilah yang menjadikan Telkomsel menjadi operator seluler yang sudah menyediakan layanan GSM pascabayar pertama kali. Kemudian Telkom dan Indosat sudah tidak lagi melanjutkan kerjasamanya dan keduanya kemudian menukar saham.

Penguat Sinyal Telkomsel

Telkomsel sangat terkenal dengan sinyalnya yang paling kuat dan bisa menjangkau di daerah pelosok sekalipun. Para pengguna tentu sangat mengharapkan sinyal yang didapatkan tetap lancar tanpa adanya kendala sedikitpun.

Mungkin anda pernah mengalami sinyal yang tidak stabil bahkan hilang, sehingga membuat aktivitas anda menjadi terganggu. Anda tidak perlu khawatir karena akan ada solusi terbaik yang bisa anda lakukan untuk memperkuat sinyal Telkomsel, diantaranya:

Merestart Ponsel

Penguat sinyal Telkomsel dapat anda lakukan dengan cara restart ponsel anda. Caranya cukup mudah, namun di setiap handphone pasti berbeda-beda. Cukup matikan ponsel anda, lalu hidupkan kembali supaya bisa mendapatkan jaringan yang terbaik.

Upgrade Kartu 4G

Apabila anda masih menggunakan jaringan di bawah 4G, sebaiknya berpindah untuk mengganti dengan kartu jaringan 4G supaya koneksi internet bisa lancar.

Anda dapat request pada customer service Telkomsel untuk meminta bantuan upgrade kartu Telkomsel ke jaringan 4G. Apabila anda tidak ingin menghubungi CS Telkomsel, anda dapat membeli kartu perdana di counter hp terdekat.

Refresh Data Internet

Penguat sinyal Telkomsel selanjutnya dengan refresh data internet yang masih aktif. Langkahnya anda dapat masuk pada panel notifikasi.

Kemudian matikan jaringan datanya saat hidup. Dalam kondisi mati, kemudian aktifkan ulang jaringan data internet anda supaya bisa mendapatkan sinyal terbaik.

Mengatur Mode Jaringan

Apabila jaringan Telkomsel anda yang dipakai kemudian lemot, bisa saja karena sinyal tersebut naik turun atau tidak normal. Anda dapat mengunci jaringan ke mode 4G only.

Langkah untuk menguncinya berbeda-beda dari setiap jenis handphone. Jadi, anda dapat memperkirakan sendiri langkah untuk memilih dan mengatur jaringan ke 4G only dan atau Lite only.

Berpindah Tempat yang Lebih Terbuka

Penguat sinyal telkomsel bisa anda lakukan di tempat yang lebih tinggi. Biasanya sinyal yang melemah disebabkan oleh lokasi anda berada di dataran yang rendah. Hal tersebut menjadikan salah satu faktor tidak adanya jaringan.

Jadi, anda harus berpindah ke tempat yang lebih tinggi dan terbuka supaya bisa mendapatkan sinyal terbaik dari Telkomsel tanpa adanya penghalang apapun.

Menggunakan Stiker Penguat Sinyal

Selanjutnya untuk penguat sinyal Telkomsel, anda bisa menambahkan stiker untuk menguatkan sinyal di handphone anda. Stiker bisa anda buat dengan bahan logam yang tipis.

Caranya cukup tempelkan stiker penguat sinyal pada bagian belakang smartphone yang anda gunakan. Meski tidak memiliki efek yang banyak, namun dengan menempelkan stiker itu dapat menguatkan jaringan.

Menggunakan Aluminium Foil

Banyak orang yang belum tahu bahwa cara untuk mengatasi sinyal yang lemot cukup hanya dengan menggunakan antena penguat sinyal. Cara untuk membuat antena yaitu dengan bahan satu magnet, satu buah silet, dan satu buah aluminium foil.

Langkah-langkahnya yaitu pertama menempelkan magnet pada silet. Kemudian gosok bolak-balik. Pastikan silet tersebut berubah menjadi magnet.

Letakkan silet pada aluminium foil dan lipat. Harapannya silet tersebut bisa terbungkus dengan rapat. Terakhir pasang silet pada belakang casing handphone atau belakang baterai anda.

Menghubungi Customer Service Telkomsel

Cara yang paling umum jika sinyal jaringan lemot adalah dengan menghubungi CS Telkomsel untuk melakukan komplain. Hal tersebut sebenarnya tidak cukup mutlak, karena semuanya berpengaruh pada wilayah yang anda tempati.

Mengganti Perangkat dan Provider

Apabila anda masih belum bisa mendapatkan jaringan yang stabil, anda bisa ganti provider lain. Namun hal tersebut justru akan menambah pengeluaran anda semakin banyak.

Ada solusi yang paling baik untuk penguat sinyal Telkomsel yaitu dengan mengunduh aplikasi tambahan sebagai penguat sinyal. Anda bisa download aplikasi tersebut lewat Google Play Store. (CW001)

Editor : Deni Supendi