Cara Menghapus Pencarian di Internet dari Android dan Laptop Termudah

306
Cara Menghapus Pencarian di Internet dari Android dan Laptop Termudah
Ilustrasi cara menghapus pencarian di internet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghapus pencarian di internet penting untuk Anda ketahui, sebab ini sangat berguna bagi Anda agar terhindar dari aksi kejahatan. Seperti yang kita ketahui, dunia sosial itu memang sangat luas dan tidak semua orang bisa berperilaku baik kepada kita.

Bagaimana tidak, hanya dengan mengecek nama di mesin pencarian, kita akan mudahnya untuk menemukan identitas pribadi orang lain. Hal yang paling buruk lagi bahwa data pribadi itu dapat dijual dan menjadi target bagi orang yang ingin bertindak kejahatan.

Inilah Cara Menghapus Pencarian di Internet yang Aman dan Mudah

Biasanya program browser internet memang bisa dengan mudahnya untuk menyimpan informasi mengenai halaman yang sudah Anda telusuri. Nah, informasi tersebut bisa berupa alamat situs, konten dalam web, informasi login, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pada jenis informasi yang akan disimpan oleh browser, maka keamanan data pribadi Anda juga sangat berisiko. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, sebisa mungkin harus menghapus riwayat pencarian di Google.

Baca:  Cara Login Whatsapp Tanpa Verifikasi, Paling Mudah Anti Ribet

Meski demikian, justru masih ada saja orang yang menyepelekan masalah kecil seperti itu, padahal itu sangat berisiko. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara menghapusnya, maka bisa langsung mengikuti cara seperti ini.

Google Chrome pada Android

Cara menghapus pencarian di internet pada HP Android khususnya Google Chrome itu sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Langkah yang pertama Anda buka saja Chrome pada smartphone lalu klik tombol 3-dots pada bagian kanan atas.

Nanti akan langsung muncul beberapa pilihan, dan Anda bisa memilih History, jika sudah maka tinggal mengklik Clear Browsing Data. Sedangkan pada jendela tersebut, Anda akan menemukan mengenai jenis penghapusan history, akah yang lanjutan atau dasar (basic).

Maka Anda dapat melihat perbedaan antara keduanya pada bagian list yang tersedia, lalu tentukan juga rentang waktu dan klik Clear Data. Tunggu beberapa saat maka proses penghapusan pencarian di Google akan selesai.

Baca:  Cara Mengatur Penggunaan Data Internet, Mudah Untuk Anda Lakukan

Menghapus Riwayat Chrome di Laptop/Komputer

Selain hanya HP Android, cara menghapus pencarian di internet juga dapat Anda lakukan melalui perangkat laptop maupun komputer di Chrome. Langkah yang pertama bukan Google Chrome, namun pastikan dulu bahwa laptop Anda sudah terhubung dengan koneksi internet.

Klik tombol titik tiga pada bagian pojok kanan atas lalu pilih menu History, atau jika ingin lebih mudah lagi Anda bisa tekan tombol CTRL+H di keyboard. Lalu pilih riwayat yang ingin Anda hapus dengan cara memberikan centang.

Sementara jika Anda ingin menghapus semua riwayat penelusuran, maka Anda tak perlu mencentang satu persatu karena lebih lama. Sehingga Anda tinggal pilih opsi Clear Browsing Data pada bagian kiri lalu pilih rentang waktu dan klik Clear Data.

Baca:  HP Realme 8i Hadir Membawa Sejumlah Spesifikasi dan Fitur Menarik

Mozilla Firefox

Selain hanya Google Chrome, cara menghapus pencarian di internet juga dapat Anda lakukan melalui Mozilla Firefox pada laptop Anda. Untuk langkah yang pertama Anda bisa langsung buka browser tersebut lalu pilih menu 3 garis pada bagian kanan atas.

Tahap yang kedua Anda bisa memilih opsi Privacy & Security, dan jika ingin menghapus riwayat pencarian, maka klik Clear Your Recent History. Supaya seluruh riwayat penelusuran yang sudah Anda lakukan, maka pada bagian Time range to Clear, Anda bisa pilih Everything.

Selanjutnya centang seluruh opsi pada bagian kolom Details dan terakhir tinggal klik tombol Clear Now. Secara otomatis, maka riwayat penelusuran Anda akan langsung terhapus secara permanen.

Setelah Anda tahu mengenai beberapa cara menghapus pencarian di internet, baik di laptop maupun Android, kini tinggal menerapkannya. Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi, jika data pencarian Anda akan disalahgunakan oleh orang lain.