Cara Menghilangkan Malware di Android dan Trik Mencegahnya

0
199
Cara Menghilangkan Malware di Android dan Juga Cara Mencegahnya
Ilustrasi cara menghilangkan malware di android. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menghilangkan malware di Android pintar kamu. Handphone kamu tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu? Kamu harus tahu, bisa saja handphone kamu terserang malware.

Program yang tidak hanya mengganggu dengan spam iklan, melainkan juga merugikan. Karena bisa saja mencuri data penting yang berada di Android kamu.

Cara Menghilangkan Malware di Android

Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan

Langkah pertama, kamu harus melakukan penginstalan aplikasi yang mencurigakan. Karena bisa jadi, aplikasi tersebut yang membawa malware di Android.

Menghapus Administrator Rights

Apabila mengalami kesusahan saat uninstall, kemungkinan aplikasi tersebut memiliki administrator rights. Oleh karena itu, kamu bisa menghapusnya dengan cara berikut:

  1. Masuk ke laman Setting, pilihlah Security.
  2. Lihat pada bagian Device Administrator. Dari situ kamu bisa melihat menu Android Device Manager di daftar tersebut.
  3. Cabut izin yang berada administrator rights pada aplikasi yang susah diuninstall. Setelah itu, aplikasi yang mencurigakan bisa dihapus.

Restart Android

Untuk pengecekan apakah malware sudah terhapus atau belum, kamu bisa mengeceknya dengan merestart hp kamu. Setelah menyala, kamu bisa melihat kinerja smartphone kamu. Apakah sudah normal seperti semula?

Baca:  Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Berikut Ini Trik Mudahnya

Menginstal Aplikasi Antivirus

Apabila cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencobanya dengan aplikasi antivirus. Dengan aplikasi ini, bisa menjadi alternatif untuk cara menghilangkan malware di Android.

Kamu bisa mengunduh aplikasi seperti AVG, Avast, ESET, atau juga KasPersky antivirus yang berada di Google Play Store.

Cara Menghapus Malware di HP Tanpa Aplikasi

Selanjutnya cara menghilangkan malware di Android bisa tanpa menggunakan aplikasi. Jika cara yang telah dijabarkan diatas tidak berhasil, maka kamu harus menghapus malware secara manual. Dibawah ini cara menghilangkan malware di Android secara manual:

  1. Pertama, kamu bisa masuk ke safe mode. Dengan tekan tombol power dan tahan yang lama, lalu klik Safe Mode. Apabila pilihan tersebut tidak tersedia, berarti malware telah memblokirnya. Sebab hal tersebut, kamu harus melakukan hard reset terhadap perangkat HP kamu.
  2. Pencet tombol power, tahan selama kurang lebih 10 detik. Atau bisa juga tekan tombol up dan down sekaligus saat booting.
  3. Kamu bisa menghapus aplikasi yang mencurigakan di safe mode. Setelah masuk ke dalam mode aman, kamu bisa explore menu Pengaturan, aplikasi, terakhir download.
  4. Untuk mencari filenya, tekan ikon aplikasi tersebut. Kemudian pilih opsi uninstall.
Baca:  Tutorial Live Streaming YouTube dan Syaratnya Menggunakan Android

Cara Menghapus Malware dengan Sekali Klik

Malware merupakan program asing yang dapat menyerang smartphone Android kamu. Dengan seperti itu, ia akan hilang dengan cara mengembalikan setelan HP ke default setelan pabrik.

Untuk bisa melakukannya, masuk ke Pengaturan, sistem, opsi reset atau setelan ulang. Cara tersebut akan menghapus semua aplikasi beserta data-data yang berada di HP kamu.

Tersisa hanyalah aplikasi bawaan pabrik. Sebelum kamu menghapus malware yang berada di Android kamu, pastikan terlebih dahulu ciri-cirinya.

Ciri-ciri Smartphone Terserang Malware

Jika HP canggih kamu mengalami tanda-tanda yang mengarah terjangkit malware, simak tanda-tandanya yaitu HP akan terasa cepat panas. Hal tersebut karena adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa memiliki persetujuan.

Mengakibatkan pemakaian resource yang secara terus-menerus. Ponsel akan lemot, meskipun hanya membuka aplikasi ringan dan daya baterai akan cepat habis.

Munculnya pop-up iklan secara tiba-tiba. Ketika kamu membuka aplikasi game, video, atau bahkan hanya didiamkan saja. Terjadinya penyedotan pulsa ataupun kuota secara tidak normal.

Baca:  Game Masak-masakan dengan Grafis Ceria Cocok untuk Anak-anak

Ketika sedang berlangsungnya panggilan, suara, atau sinyal akan mengalami putus-putus. Selain cara menghilangkan malware di Android, kamu juga wajib tahu cirinya.

Cara Mencegah Agar Ponsel Tidak Terserang Malware

Dalam hal kesehatan ponsel pun perlu kamu jaga. Upaya untuk menghindari kerumitan dan juga kesusahan dalam menghilangkan malware. Kamu dapat menerapkan langkah-langkah seperti tidak dengan sembarangan mengunduh file yang tidak aman.

Hal ini biasanya situs download gratis atau yang tidak menggunakan https. Hindari juga pemasangan aplikasi dari luar Play Store. Nonaktifkan pada pilihan izinkan memasang aplikasi pihak yang tidak diketahui.

Jangan sembarangan untuk mengeklik tautan yang berasal dari SMS, email, atau aplikasi chat lainnya. Langsung saja blokir, apabila kamu tidak kenal pengirimnya dan juga adanya spam

Nah, itu tadi penjelasan cara menghilangkan malware di Android dengan aplikasi maupun secara manual. Lakukan pencegahannya agar Android kamu tidak terserang malware. (CW001)

Editor : Deni Supendi