Internet Komputer Metaverse Menciptakan Dunia Virtual Tanpa Batas

244
Internet Komputer Metaverse Menciptakan Dunia Virtual Tanpa Batas
Ilustrasi Internet Komputer Metaverse. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet komputer Metaverse saat ini semakin populer dan ramai menjadi perbincangan. Istilah Metaverse semakin naik setelah bos dari aplikasi sosial media besar Facebook, Mark Zuckerberg secara resmi memperkenalkannya kepada publik.

Bos besar Facebook itu mengubah semua nama semua unit perusahaannya menjadi Meta. Unit tersebut termasuk Instagram dan WhatsApp.

Teknologi Internet komputer Metaverse

Sebenarnya apa arti dari Metaverse itu sendiri? Menurut sebuah situs teknologi bernama Wired, Metaverse memiliki arti sebagai sesuatu yang abstrak. Istilah tersebut sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1970-an.

Pada saat itu manusia sedang menemukan ide mengenai jaringan komunikasi besar yang bernama internet. Pada saat itu benar-benar belum ada yang mengetahui dengan pasti apa itu internet.

Metaverse merujuk kepada semua ide-ide baru dan tidak mengacu hanya pada perkembangan suatu teknologi.

Dengan pengertian tersebut, artinya Metaverse sangat berguna untuk memperbesar cakupan teknologi. Nantinya, manusia akan semakin akrab dengan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality).

Tujuan Metaverse

Adanya pandemi beberapa tahun ke belakang membuat aktivitas manusia terbatasi. Begitu pula intensitas komunikasi yang semakin berkurang.

Metaverse dengan ini ingin memberikan dunia baru yang bisa para penggunanya akses kapan saja. Dengan kata lain, proyek Metaverse ini bertujuan untuk menghapus batas dalam berkomunikasi di dunia nyata.

Menghadirkan Penggabungan Dunia Nyata dan Virtual

Sejak awal pengenalan sistem Metaverse, Mark sudah merinci bagaimana cara kerja proyek ini. Konsep Metaverse yang Ia keluarkan tersebut sontak rami menjadi perbincangan warganet.

Bagaimana tidak, konsep dari internet komputer Metaverse yang Mark bawa berupa virtual reality. Dengan begitu maka proyek Metaverse ini akan membuat sebuah dunia baru di masa depan.

Dunia virtual memang sudah tidak menjadi asing lagi untuk saat ini. Perkembangan teknologi membuat manusia lambat laun merubah cara berkomunikasi.

Saat ini semua orang bisa bertukar pesan secara virtual dan lainnya. Namun, Metaverse menawarkan penggabungan virtual dengan augmented reality.

Cara Kerja Metaverse

Proyek komputer Metaverse pada hakikatnya merupakan sebuah tiruan dari internet yang memiliki lingkungan 3D. Metaverse bisa Anda coba melalui komputer ataupun headset realitas yang mendukung.

Mereka nantinya akan menghadirkan sebuah dunia baru dalam komputer yang sudah disesuaikan dengan dunia nyata.

Lalu bagaimana kita beraktifitas di dunia virtual itu?

Nantinya Anda akan mendapatkan sebuah avatar sebagai representasi diri. Avatar kalian akan hidup dan bergerak sesuai dengan keinginan Anda.

Pengguna bisa ikut merasakan ada di dalam dunia dengan alat kacamata VR dan headset Oculus.

Kegunaan dan Manfaat Metaverse

Jika melihat dari konsepnya, tentu proyek ini akan sangat menguntungkan bagi umat manusia. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam kegiatan yang biasa terlaksana di dunia nyata.

Di Metaverse, pengguna bisa melakukan pertemuan dan berinteraksi secara virtual dengan semua orang dari seluruh dunia. Meeting di kantor pun tidak perlu lagi duduk bertatap muka, tetapi hanya melalui Metaverse, Anda cukup duduk di rumah dan avatar yang akan berkumpul di dunia virtual.

Selain itu, Metaverse juga sangat berguna untuk membantu proses belajar mengajar. Jika menggunakan Meta, maka penggambaran suatu materi dapat tersampaikan dengan jelas karena adanya teknologi animasi yang sangat jelas dan membantu.

Untuk saat ini, teknologi internet komputer metaverse masih dalam tahap perkembangan dan belum masuk ke Indonesia. Satu-satunya negara di Asia yang sudah mendapatkan teknologi ini adalah Korea Selatan.