Cara Merekam Suara di Handphone Saat Panggilan WhatsApp

0
314
Cara Merekam Suara di Handphone Saat Panggilan WhatsApp
Ilustrasi Cara Merekam Suara di Handphone. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara merekam suara di handphone saat anda melakukan panggilan WhatsApp bisa dilakukan. WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer .

Termasuk juga salah satunya adalah Indonesia. Fitur-fitur yang tersedia sangat beragam dan juga mudah untuk sistem operasinya, sehingga membuat orang yang menggunakan betah.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini bisa melakukan sambungan telepon serta video call. Dalam melalui aplikasi ini, panggilan suara bisa anda lakukan secara gratis. Hanya saja, tersambung dengan koneksi internet.

Walaupun terbekali dengan kelebihan berbagai fiturnya. WhatsApp belum bisa merekam saat anda melakukan panggilan suara. Untuk itu, anda tidak perlu khawatir. Bila ingin merekam panggilan tersebut, terdapat beberapa cara merekam suara di handphone anda.

Berikut ini langkah-langkah untuk merekam suara saat melakukan panggilan telepon.

Beberapa Cara Merekam Suara di Handphone

Merekam Suara dengan Aplikasi Call Recorder Cube ACR

Untuk pertama-tama, anda bisa mengunduh aplikasi yang bernama Call Recorder Cube ACR melalui Google Play Store. Jika sudah terunduh dan juga terinstal, setelah itu anda bisa membukanya.

Baca:  Cara Merekam Layar Handphone Tanpa Harus Root

Pada halaman utama terdapat pilihan, yang nantinya akan muncul beberapa pilihan persetujuan akses penyimpanan, mikrofon, sampai dengan daftar kontak anda. Dengan anda memberikan izin, sehingga anda menyetujui aplikasi tersebut untuk bisa mengakses perangkat yang anda gunakan.

Jika anda sudah memberikan izin untuk mengakses, anda bisa melanjutkan tahapan berikutnya dengan mengklik tombol “Grant Permissions” pada bagian bawah.

Kemudian, anda buka aplikasi Whatsapp, dan hubungi kontak yang akan anda panggil. Nantinya akan ada tombol pintasan cepat Call Recorder Cube ACR pada bagian sisi tengah layar.

Selanjutnya, ketuklah ikon mikrofon untuk memulai merekam panggilan suara. Jika terdapat kendala, anda bisa membuka pengaturan aplikasi Call Recorder ACR. Berikutnya anda bisa mengaktifkan pilihan Ignore VoiP-Support Check serta Force in call mode.

Merekam Panggilan Suara Whatsapp pada Perangkat iOS

Untuk cara merekam suara di handphone selanjutnya, anda bisa menyambungkan iPhone dengan perangkat Mac menggunakan kabel. Pada bagian bawahnya, anda bisa mengetik tulisan New Audio Recording serta anda bisa memilih perangkat iPhone yang mana nantinya akan anda hubungkan.

Baca:  HP Xiaomi Redmi Note 10 Murah Dengan Kamera 108MP

Kemudian, anda bisa membuka aplikasi WhatsApp dan anda hubungi kontak yang akan anda panggil. Selanjutnya jika anda sudah terhubung dengan panggilan telepon, anda bisa menekan tombol record yang telah tersedia pada QuickTime. Hasil perekaman yang nantinya bisa tersimpan langsung pada perangkat Mac anda.

Merekam Telepon WhatsApp di Android Root

Apabila anda mempunyai perangkat pintar yang sudah di-rooting, anda bisa dengan mudah merekam suara internal yang terdapat pada ponsel anda.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan aplikasi RecMe. RecMe sendiri sebenarnya merupakan aplikasi perekam layar, tetapi untuk mengaktifkan rekaman suara internal, anda terlebih dahulu harus mendownload plugin yang telah tersedia di Play Store.

Selanjutnya anda bisa mengubah audio dari Preferensi audio yang terdapat pada aplikasi RecMe. Setelah itu, anda bisa melakukan perekaman panggilan WhatsApp, cukup memulai merekam dengan membuka aplikasi WhatsApp serta hubungi kontak yang anda ingin rekam panggilannya.

Baca:  Cara Backup Data Android ke PC Menggunakan Aplikasi

Panggilan yang direkam nantinya akan berbentuk video, akan tetapi anda bisa merubahnya ke bentuk audio dengan memakai aplikasi converter video ke audio.

Merekam Menggunakan Aplikasi Amazing Audio MP3

Adapun cara lain yang bisa anda gunakan yaitu dengan aplikasi Amazing Audio MP3. Aplikasi tersebut dapat anda download melalui Google Play store secara gratis. Berikut langkah menggunakan aplikasi Amazing Audio MP3.

Pertama download terlebih dahulu aplikasi Amazing Audio MP3 Recording. Setelah selesai mengunduh, anda bisa membuka aplikasi tersebut sampai masuk pada laman aplikasi tersebut.

Cara merekam suara di handphone dengan memakai aplikasi pada langkah ketiga, anda bisa melakukan panggilan WhatsApp dengan kontak yang ingin anda tuju. Setelah itu, kembalikan pada aplikasi Amazing Audio MP3 Recording. Lalu klik tombol merah untuk melakukan perekaman.

Terakhir yang harus anda lakukan cara merekam suara di handphone, mengetuk ulang tombol warna merah untuk memberhentikan proses perekaman. Nah, itu tadi cara merekam suara di handphone saat anda melakukan panggilan WhatsApp