Cara Mute Video WhatsApp untuk Versi Beta, Berikut Ulasannya

0
199
Cara Mute Video WhatsApp
Ilustrasi Cara Mute Video WhatsApp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mute video WhatsApp dapat anda lakukan dengan mudah. Fitur baru dari WhatsApp ini resmi rilis pada 27 Februari 2021 lalu.

Demi menarik perhatian para penggunanya, maka WhatsApp pun menghadirkan fitur terbaru yaitu mematikan atau mute audio dari video pada status.

Sebelumnya, para pengguna tidak dapat membisukan atau mute pada video dari status yang akan dikirim secara pribadi, group, ataupun status.

Saat ini, WhatsApp terus menambahkan fitur baru yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Fitur tersebut bernama mute video WhatsApp.

Hadirnya fitur ini tentu dapat membantu pengguna untuk membagikan video secara langsung dari WhatsApp. Tanpa adanya gangguan suara dari bagian belakang.

Mengetahui Cara Mute Video WhatsApp

Dalam beberapa waktu terakhir, WhatsApp telah menggulirkan fitur terbarunya pada versi beta. Fitur ini memiliki fungsi untuk menghilangkan suara atau yang populer dengan sebutan mute.

Hal ini dilakukan pada video yang hendak dikirim oleh sang penerima. Seperti yang kita ketahui, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Saat ini, aplikasi ini kembali menghadirkan fitur baru, untuk sementara ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna versi beta.

Mengenal Fitur Mute Video WhatsApp

Sebagai aplikasi yang sering digunakan oleh masyarakat dalam setiap harinya, WhatsApp terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik.

Salah satunya dengan menghadirkan fitur mute video. Cara kerja fitur mute video WhatsApp pun cukup sederhana. Pada saat anda ingin mengirimkan video ke kontak lain, maka anda muncul menu seperti edit video.

Dalam fitur mute video pengguna akan melihat adanya ikon pengeras suara atau bisu yang hadir pada bagian bawah pengedit waktu video. Melalui ikon tersebut, maka audio dari sebuah video yang dikirimkan akan mati.

Pada menu tersebut, pengguna aplikasi WhatsApp dapat menghilangkan suara yang terdapat dalam video yang terkirim pada status, group, atau kontak yang akan anda tuju.

Apabila pengguna menekan atau klik ikon pada fitut tersebut, maka WhatsApp secara otomatis bisukan video tersebut. Kemudian tayangan akan terpasang atau terkirim pada status tanpa hadirnya suara. Hadirnya fitur mute video dapat menjadi pilihan praktis bagi anda yang ingin mengirimkan video tanpa adanya suara.

Inilah Cara Mute Video WhatsApp Sebelum Dikirim

Sesuai dengan keterangan WhatsApp pada Google App Store, fitur terbaru WhatsApp ini dapat anda akses pada versi aplikasi 2.21.3.19.

Akan tetapi, fitur tersebut belum dapat anda gunakan pada sistem operasi iOS atau Apple. Adapun cara mute video WhatsApp, antara lain:

  1. Bagi anda yang belum update aplikasi WhatsApp versi terbaru, maka anda harus update terlebih dahulu melalui aplikasi Google Play Store.
  2. Setelah proses update WhatsApp versi terbaru berhasil, selanjutnya anda buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Android anda.
  3. Langkah berikutnya, mulailah merekam video pada aplikasi WhatApp dengan cara seperti biasanya. Dengan klik ikon kamera yang terdapat pada kiri atas.
  4. Saat proses perekaman selesai, maka secara otomatis akan ada ikon speaker untuk mematikan serta menghidupkan volume pada bagian kiri atas
  5. Cara berikutnya, klik ikon tersebut untuk bisukan video WhatsApp
  6. Selanjutnya video siap anda kirimkan secara personal, group, ataupun anda kirimkan pada status.

Cara Kerja Fitur Mute WhatsApp Tersedia pada Android

Fitur terbaru dari WhatsApp ini baru tersedia bagi pengguna perangkat Android. Hal ini berdasarkan informasi WhatsApp yang mereka tuangkan pada akun Twitter yang mereka miliki.

Bagi para pengguna perangkat Android versi beta yang telah mengalami pembaharuan, maka dapat mengikuti cara mute video yang merupakan fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp.

Caranya dengan tap togglee atau pengaturan volume yang telah tersedia ketika mengedit video sebelum membagikannya pada kontak lain.

Kemudian tayangan akan terkirim atau terpasang pada status tanpa memiliki suara. Fitur terbaru WhatsApp ini sedang berada pada masa uji coba pada Android versi beta. Selain itu, fitur terbaru WhatsApp sebenarnya hampir sama dengan Instagram Stories.

Demikianlah cara mute video WhatsApp yang dapat anda lakukan pada perangkat Android versi beta. Namun, untuk perangkat iOS, hingga saat ini belum terdapat konfirmasi resmi apakah fitur tersebut dapat diterapkan.