Jenis Kecepatan Akses Internet, Ketahui Keunggulannya Masing-masing!

0
219
Jenis Kecepatan Akses Internet, Ketahui Keunggulannya Masing-masing!
Ilustrasi Jenis kecepatan akses internet. Foto: allconnect

Texno.ID – Jenis kecepatan akses internet itu berbeda-beda. Semua bisa tergantung dari jenis provider dan kondisi lingkungan.

Dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, maka kita bisa dengan mudah untuk mendapatkan segala informasi melalui dunia maya.

Apa Saja Jenis Kecepatan Akses Internet?

Supaya anda bisa internet secara lancar, anda tidak hanya membutuhkan kuota dan perangkat saja, melainkan harus memiliki kecepatan saat akses internet. Berguna untuk memudahkan anda ketika sedang berinternetan.

Seiring berjalannya waktu, koneksi internet akan berubah-ubah. Berbagai macam kecepatan telah disediakan oleh sebuah perusahaan Internet Service Provider (ISP). Tentunya anda menginginkan suatu keuntungan.

Pasalnya, kebijakan dari provider bisa membantu para pengguna supaya dapat menggunakan internet. Kecepatan biasanya juga berpengaruh pada jenis provider.

Kabel

Jenis kecepatan akses internet yang pertama ini sangat populer. Kecepatan rata-rata untuk download sebesar 4 sampai 20 Mbps. Dari angka tersebut, sudah sangat memadai dan memenuhi kebutuhan para pengguna.

Akan tetapi, akses dari kabel ini tidak akan stabil jika jaringan dipakai dalam satu waktu bersama. Akan tetapi, kabel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda dan keluarga. Karena dapat memperoleh bundle TV dan internet secara bersamaan.

Fiber

Fiber merupakan teknologi internet yang paling cepat untuk saat ini. Pasalnya, menggunakan kabel dengan serat optik. Sehingga dapat mendownload konten lebih cepat dalam waktu yang sangat singkat.

Akan tetapi, fiber belum banyak yang menggunakan. Hal ini karena keterbatasan pada fasilitas dan terlalu mahal biaya pembuatan infrastrukturnya. Layanan fiber internet ini termasuk Google Fiber.

Karena mampu memiliki kecepatan untuk download mencapai 1000 Mbps dan 1 Gbps, sehingga anda dapat mendownload serial dari Netflix dengan waktu 6 detik saja.

Mobile Seluler

Selanjutnya jenis kecepatan akses internet yang bisa anda pilih adalah via mobile. Merupakan jenis kecepatan yang banyak dipakai oleh masyarakat.

Internet melalui perangkat dengan sinyal GSM dan CDMA bisa anda akses kapan saja. Sistem internet mobile ini telah menggunakan jaringan seperti 3G, 4G, maupun 5G.

Untuk jaringan 4G akan memiliki kecepatan internet rata-rata mencapai 9,8 Mbps. Namun semua tergantung pada jenis provider yang anda gunakan. Jaringan ini menawarkan keselamatan, keamanan, dan privasi yang cukup lengkap.

Nirkabel

Berikutnya ada jenis kecepatan akses internet dengan menggunakan nirkabel atau WiFi. WiFi tidak akan menggunakan saluran telepon yang terhubung ke internet.

Namun WiFi menggunakan frekuensi berupa gelombang radio. Router berperan sebagai hop supaya bisa membagi koneksi internet lebih tinggi.

Ketika terhubung ke perangkat WiFi, akan memberikan kecepatan internet hingga 20 Mbps. Umumnya WiFi tidak terbatas dan lebih puas untuk digunakan karena bisa terkoneksi dengan sangat mudah.

Digital Subscriber Line (DSL)

Jenis kecepatan akses internet selanjutnya adalah Digital Subscriber Line (DSL). Dengan menggunakan teknologi berupa Wireline Transmission untuk mengirimkan data melalui saluran telepon yang bisa terpasang pada rumah maupun kantor.

Anda tidak perlu khawatir, karena DSL tidak akan mengganggu saluran pada telepon. Sehingga anda tetap bisa melakukan internet sambil menerima sebuah panggilan telepon.

DSL mempunyai kecepatan download hingga 768 Kbps dan 6 Mbps. Lalu untuk kecepatan upload sebesar 128 Kbps dan 768 Kbps. Hal ini sudah bisa mendukung kebutuhan internet anda.

Koneksi ADSL

Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL) adalah teknologi berupa modem yang akan bekerja dengan frekuensi hingga 34-1104 kHz. Hal ini menyebabkan perbedaan pada kecepatan transfer data.

Hal ini berupa modem konvensional dan modem ADSL. Keuntungan dari jenis kecepatan akses internet ADSL adalah akan memberikan kemampuan akses yang lebih tinggi dan baik.

Koneksi GPRS

General Packet Radio Service (GPRS) adalah alat komunikasi menggunakan gelombang radio. GPRS mempunyai kemampuan untuk mengkomunikasikan suara dan data ketika alat komunikasi bergerak.

Sistem GPRS bisa untuk melakukan transfer data dengan bentuk paket. Seperti data gambar, browsing, maupun email. Biasanya layanan ini terpasang pada ponsel tipe GSM.

Di dalam teori GPRS memiliki kecepatan hingga 53-115 Kbps. Sehingga akan memungkinkan untuk akses internet pengiriman data ke notebook maupun komputer.

Dial-Up

Sebelum ada handphone, dahulu komunikasi menggunakan saluran telepon. Dapat mengakses menggunakan kabel telepon rumah dengan modem analog atau sering disebut sebagai Dial Up.

Koneksi ini dahulu kala sering terpakai. Kecepatan untuk akses internet sangat rendah dan minim. Itulah beberapa jenis kecepatan akses internet yang bisa anda ketahui.