Ciri-ciri Kecanduan Internet yang Sering Dialami Sebagian Orang

0
225
Ciri-ciri Kecanduan Internet yang Sering dialami oleh Orang Umumnya
Ilustrasi Ciri-ciri kecanduan internet. Foto: verywellmind

Texno.ID – Ciri-ciri kecanduan internet bisa dikenali dengan beberapa tingkah laku maupun sikap pengguna tersebut. Orang yang sudah kecanduan dengan dunia internet, biasanya tidak menyadari bahwa ia mengalami masalah pada kesehatannya.

Tanpa mereka tahu bahwa hal tersebut bisa menimbulkan risiko seperti kurang tidur, mudah emosi, sulit beraktivitas, bahkan sampai penyakit tertentu. Tentunya hal seperti ini harus bisa dicegah supaya pengguna tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Kenali Ciri-ciri Kecanduan Internet

Pada zaman seperti sekarang ini, teknologi semakin berkembang dan membuat banyak orang ingin selalu menggunakannya. Pasalnya, keberadaan teknologi tersebut bisa memudahkan dalam segala urusan di kehidupannya.

Media sosial memang menjadi salah satu kebutuhan mendasar supaya bisa melakukan komunikasi maupun mencari informasi. Pasalnya, jangkauannya yang tidak ada batas jarak dan waktu.

Namun, banyak orang yang belum mengetahui bahwa media sosial bisa berdampak buruk pada seseorang. Salah satunya adalah membuat mereka kecanduan internet yang bisa berakibat tidak baik untuk kesehatannya.

Langsung Mengecek HP

Biasanya orang yang sudah kecanduan dengan internet, ia akan lebih sering mengecek ponselnya sebelum dan sesudah bangun tidur. Tak bisa dipungkiri, memang kondisi seperti ini banyak terjadi.

Jika anda adalah salah satunya, maka anda dinyatakan sudah kecanduan dengan internet. Sehingga anda harus mengurangi kebiasaan tersebut supaya tidak kecanduan.

Selalu Mengecek Postingannya

Ciri-ciri kecanduan internet yang kedua adalah mereka lebih sering mengecek postingannya di akun media sosial miliknya. Memang, dunia maya adalah salah satu tempat untuk membagikan berbagai macam hal unik. Seperti informasi, kabar, dan kejadian tertentu.

Sehingga seseorang yang sudah kecanduan dengan internet, mereka akan selalu berusaha untuk melihat postingan yang ia buat. Biasanya mereka juga selalu mengecek berapa banyak like dari orang lain.

Bahkan mereka akan selalu mengejar angka tertentu supaya bisa menentukan unggahannya tersebut layak atau tidak. Orang-orang yang seperti ini merupakan salah satu kecanduan internet.

Menghabiskan Waktunya di Media Sosial

Orang yang memiliki ciri-ciri kecanduan internet selanjutnya adalah lebih sering menghabiskan waktunya di media sosial untuk hal yang tidak penting. Tidak hanya hitungan menit saja, namun hingga berjam-jam mereka masih sibuk dengan gadget yang ada di genggamannya.

Banyak dari mereka yang sering berselancar di dunia maya hanya untuk melihat hal yang tidak begitu penting. Seperti melihat konten TikTok, YouTube, melakukan live streaming, dan masih banyak lagi.

Melihat Perangkat Saat Mendengar Notifikasi

Seseorang yang sudah kecanduan internet, biasanya akan spontan mengambil ponselnya ketika mendengar notifikasi yang masuk. Spontanitas seperti ini merupakan respon yang cukup alami, karena mereka merasa ada pemberitahuan yang penting.

Apabila tidak segera melihatnya, justru mereka akan merasa resah. Hal ini akan menjadi kebiasaan terus-menerus jika tidak dikurangi secara perlahan.

Mementingkan HP Daripada Orang Lain

Ciri-ciri kecanduan internet berikutnya yaitu mereka akan lebih mementingkan ponselnya daripada orang lain. Terlebih saat sedang berkumpul bersama keluarga maupun teman-temannya.

Jika ia sering memegang dan memainkan HP daripada berkomunikasi dengan keluarganya, tentu hal ini adalah salah satu tanda kecanduan internet. Kondisi seperti ini membuat orang-orang di sekitarnya merasa terabaikan.

Bahkan orang lain bisa beranggapan bahwa ia tidak menghargainya sama sekali. Tentunya kondisi seperti ini harus anda hindari ketika sedang bersama orang lain.

Mengganggu Waktu Bekerja dan Belajar

Ada orang dengan ciri-ciri kecanduan internet yaitu lebih mementingkan berselancar di dunia maya daripada bekerja maupun belajar. Padahal waktu yang sebenarnya untuk bekerja dan belajar justru terganggu.

Karena mereka ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk berinternet, sehingga pekerjaannya tertunda. Bahkan kondisi seperti ini menyebabkan waktu belajarnya semakin berkurang.

Merasa Cemas

Seseorang yang sudah kecanduan dengan internet, mereka akan lebih sering merasa cemas ketika tidak mengakses dunia maya. Bahkan ketika mereka tidak memiliki paket data, ia akan merasa panik.

Hal ini karena dari mereka tidak bisa melihat kabar terbaru yang seharusnya mereka cek terus-menerus. Takutnya mereka akan ketinggalan dengan berita tersebut dan merasa kurang update.

Bahkan seseorang yang sudah mengalami kecanduan akan lebih sering mendapat gangguan pada kesehatannya. Salah satunya adalah menyebabkan mata rusak. Hal ini karena selalu menatap layar ponsel terus-menerus.

Setelah mengetahui ciri-ciri kecanduan internet, sebaiknya anda harus mengurangi kebiasaan tersebut supaya anda tidak mudah terserang penyakit.