Fenomena Api Abadi yang ada di Dunia, Sangat Menakjubkan!

231
Fenomena Api Abadi yang ada di Dunia, Sangat Menakjubkan!
Ilustrasi Fenomena Api Abadi. Foto: Ist/Net

Texno.ID –Fenomena api abadi ada di berbagai negara. Api abadi merupakan fenomena yang sangat menarik. Api abadi tidak akan pernah padam meski terkena hujan sekalipun.

Secara teori, api membutuhkan tiga sumber utama untuk tetap hidup, yaitu oksigen, bahan bakar, dan juga sumber panas. Ketika ketiganya habis, maka api akan segera padam.

Namun, ada beberapa tempat di Bumi yang memiliki api abadi. Di tempat-tempat tersebut, api tidak akan padam dan justru terus berkobar.

Tidak peduli diterpa badai maupun hujan, api abadi tersebut akan terus berkobar. Fenomena ini sudah sering terjadi di berbagai negara.

Daftar Fenomena Api Abadi di Seluruh Dunia

Api abadi yakni fenomena alam yang berupa api dan tidak pernah padam. Muncul dari inti Bumi karena kandungan mudah terbakar, seperti gas alam serta batu bara.

Terdapat  beberapa api abadi di Indonesia,  seperti Api Abadi Kayangan Api, Api Abadi Bekucuk, Api Tak Kunjung Padam, dan Api Biru Abadi Kawah Ijen. TIdak hanya di Indonesia, berikut negara lainnya yang juga memiliki api abadi:

Centralia, Pennsylvania

Kota Centralia di Pennsylvania memiliki api abadi yang terbakar akibat lapisan batu bara di bawah kota pada tahun 1962.

Kebakaran di bawah kota tersebut mengakibatkan jalanan menjadi berbau dan mengeluarkan asap beracun, bahkan memunculkan lubang raksasa.

Kini Kota Centralia tidak berpenghuni dan menjadi museum graffiti terbuka dengan kara dari seluruh seniman di dunia.

Api abadi di Kutub Utara Kanada

Kutub Utara Kanada tertutup bukit-bukit, sehingga memang tidak banyak yang mengetahuinya. Siapa sangka, fenomena kobaran api terjadi di sana selama kurang lebih 7.000 hingga 10.000 tahun.

Banyak orang yang percaya bahwa api berasal dari api unggun orang-orang yang tinggal di bawah tanah. Bahkan pernah ditemukan mineral langka di sana, tetapi sangat panas hingag membuat meja berliubang.

Karena lokasinya tertutup Tundra Kutub Utara yang terpencil dan tidak tersentuh manusia, tanahnya menjadi hitam dan tertutup lumpur. Fenomena api abadi tersebut membuat bau kuat gas hidrogen sulfida yang sangat berbahaya.

The Burning Water, Taiwan

Api abadi satu ini berada di dekat aliran air, tepatnya dekat dengan Sumber Air Panas Guanziling.

Anda dapat menjumpai api abadi ini di Guanziling, Tainan, Taiwan. Menurut kepercayaan, api sudah menyala lebih dari 300 tahun, tepatnya pada tahun 1701.

Api tersebut bermula ketika gempa bumi yang membuka celah Bumi sehingga melepaskan gas alam ke dasar kolam.

Chestnut Ridge Park, New York

Di New York terdapat air terjun 10,6 meter dengan salah satu gua yang berisi api kecil abadi. Api tersebut menyala setinggi sekitar 8 inci.

Api di dalam air terjun tersebut kabarnya sudah menyala sejak ribuan tahun yang lalu oleh penduduk asli Amerika.

Menurut cerita yang beredar, api tersebut hana menyala karena kantong gas di batuan dasar yang sangat panas. Namun, kelompok ilmuwan Universitas Indiana telah menemukan jika batuan tersebut tidaklah cukup panas.

Sementara, api kecil di bawah air terjun ini masih menjadi misteri ilmiah yang belum terpecahkan hingga kini.

Keberadaan fenomena api abadi ini menjadi bukti bahwa Bumi memiliki banyak misteri. Alam akan selalu berhasil membuat kita kagum akan kemegahannya.