Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda

0
201
Fungsi Windows Firewall untuk Keamanan Perangkat Komputer Anda
Ilustrasi Fungsi windows firewall. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fungsi Windows Firewall bisa dibedakan oleh beberapa macam. Sedangkan istilah Firewall itu sendiri artinya sebagai aplikasi yang berguna untuk mengatur jalannya pada sebuah jaringan komputer. Sehingga mampu untuk melindungi jaringan atau komputer dari adanya akses pihak dari orang lain.

Secara otomatis, komputer yang sudah terhubung akan memiliki alamat IP dan komputer. Dimana dapat terhubung secara langsung di jaringan internet dengan menggunakan kabel telepon tanpa router dan modem DSL. Sehingga alamat IP pada komputer bisa anda ketahui. Lalu dapat diakses oleh orang yang terhubung.

Mengenal Fungsi Windows Firewall yang Paling Umum

Pada setiap fitur, file, aplikasi, dan lain-lain yang ada di dalam komputer dapat diakses dengan mudah oleh orang lain. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan data pribadi milik anda.

Maka dari itu, peran Firewall ini sangat penting, yakni bisa mencegah bahkan memblokir para pengguna komputer lain yang berusaha akan masuk pada perangkat milik anda.

Selain hanya untuk bekerja menjaga keamanan atas akses jaringan di komputer, fungsi Windows Firewall juga bisa menjaga keamanan dari remote ke jaringan privat melalui sertifikat keamanan berupa otentikasi dan juga login.

Baca:  Enzim pada Lambung Berfungsi untuk Proses Pencernaan, Apa Saja?

Pada dasarnya, Firewall memiliki dua macam, yaitu software dan hardware. Keduanya memiliki pengaturan dan konfigurasi yang berbeda.

Namun keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melindungi keamanan dari jaringan. Tak hanya itu saja, tapi Firewall juga memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat, yaitu sebagai berikut:

Bisa Menghindari Adanya Pembajakan

Yang pertama dari fungsi Windows Firewall adalah dapat menghindari adanya pembajakan sebuah konten melalui jaringan. Sehingga isi dari komputer seseorang akan beresiko pembajakan.

Sehingga dengan adanya Firewall ini, maka akan sangat berperan penting, yaitu dapat melindungi pengguna komputer dari adanya pembajakan konten oleh orang lain.

Contohnya seperti anda sedang menghidupkan koneksi komputer dengan jaringan, maka terdapat resiko yakni pihak lain bisa dengan mudahnya mengakses data milik anda. Maka dari itu, peran Firewall ini bisa meminimalisir kejadian tersebut.

Baca:  Cara Mengganti Lock Screen Windows 7 dengan dan Tanpa Software

Block Pesan yang Tak Anda Inginkan

Apabila anda mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa komputer sedang dalam bahaya, jika anda tidak segera menginstal program tersebut, kemungkinan komputer bisa mati secara tiba-tiba. Hal tersebut karena Firewall pada komputer belum bisa terinstal dengan sempurna.

Dapat Mencegah Masuknya Program Berbahaya

Selanjutnya, fungsi Windows Firewall adalah mampu mencegah adanya program yang masuk sangat berbahaya. Seperti malware dan virus, bahkan dapat merusak sistem komputer/PC.

Apabila seseorang mengakses website yang ternyata ada virusnya, maka komputer dapat terkena virus. Sehingga hal ini sangat berbahaya jika tidak segera anda tangani.

Solusi terbaiknya yaitu dengan menggunakan Firewall sehingga mampu menangkal adanya program berbahaya. Tak hanya itu saja, namun anda perlu menginstal program virus dan mengaktifkannya.

Karena adanya malware dan virus ini bisa mengganggu kinerja komputer anda dan menimbulkan dampak yang buruk seperti komputer menjadi lambat.

Mampu Memblokir Konten yang Berbahaya

Fungsi Windows Firewall lainnya, apabila ada sebuah konten yang berbahaya, maka akan dengan mudah untuk terblokir dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Baca:  Sistem Peredaran Darah Manusia dan Fungsinya untuk Tubuh

Anda harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal tersebut sangat berguna supaya anda bisa terhindar dari adanya konten yang membahayakan.

Meningkatkan Efisiensi Staff/Karyawan di Kantor

Ternyata kegunaan dari Firewall ini sangat banyak. Bahkan tidak sedikit karyawan atau para pekerja yang mengabaikan pekerjaannya karena sering melakukan kegiatan browsing dan memakan banyak waktu.

Sehingga dengan adanya Firewall, maka dapat anda lakukan pemblokiran pada konten yang bisa mengganggu para karyawan yang sedang bekerja. Dengan begitu, peranan Firewall memang sangat penting. Tak hanya itu, bahkan banyak manfaatnya.

Membantu Game Online Lebih Aman

Fungsi Windows Firewall yang lain adalah dapat membuat game online menjadi lebih aman dan nyaman. Banyak game online yang pasti akan memiliki resiko. Hal tersebut karena pertukaran data yang cepat antar jaringan. Meskipun pada umumnya dalam server game sudah berbekal dengan fitur keamanan, tak ada salahnya juga apabila selalu berjaga-jaga dengan menggunakan aplikasi tersebut.