Fenomena Konjungsi Bulan dan Venus pada Februari 2023

325
Fenomena Konjungsi Bulan dan Venus pada Februari 2023
Ilustrasi Fenomena Konjungsi Bulan dan Venus. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fenomena konjungsi Bulan dan Venus menjadi salah satu fenomena astronomi yang terjadi. Fenomena astronomi konjungsi Bulan dan Venus terjadi pada bulan Februari 2023.

Lebih tepatnya fenomena alam ini terjadi pada tanggal 22 Februari 2023 kemarin. Konjungsi planet tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang berhasil melihatnya.

Fenomena Konjungsi Bulan dan Venus yang Terjadi Bulan Februari 2023

Planet dalam tata surya akan memiliki orbit masing-masing yang berbentuk elips mengelilingi matahari. Satu planet dengan planet lainnya akan berpapasan dan ada dalam posisi berdekatan satu dengan lainnya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu planet tersebut akan berada pada satu garis dengan planet lain dan matahari. Peristiwa ini biasa orang menyebutnya dengan konjungsi planet.

Konjungsi planet merupakan keadaan Bumi, Matahari, dan planet lain dalam satu garis lurus. Fenomena konjungsi planet ini merupakan suatu keadaan dimana Venus posisi yang sama dengan Bulan. Pada fenomena ini, Bulan dan Venus akan terlihat satu garis lurus atau sejajar dari Bumi.

Fenomena Konjungsi Bisa Terlihat Langsung Tanpa Bantuan Alat

Fenomena konjungsi Bulan dan Venus akan berbeda dengan okultasi Uranus oleh Bulan. Peristiwa konjungsi planet ini bisa terlihat oleh mata langsung tanpa menggunakan alat bantu.

Hal itu berarti tanpa menggunakan alat bantu seperti teleskop, Anda bisa langsung melihat fenomena tersebut. Akan lebih baik apabila seseorang bisa mengabadikannya dengan kamera menggunakan teknik astrofotografi.

Konjungsi planet terjadi pada saat matahari telah terbenam yaitu sekitar pukul 18.14 WIB sampai Venus terbenam pukul 19.58 WIB. Bagi yang berhasil melihat fenomena konjungsi ini tentu menjadi kelebihan tersendiri. Orang yang berhasil melihat fenomena ini akan merasa beruntung.

Proses Terjadinya Konjungsi Bulan dan Venus

Konjungsi Bulan dan Venus bisa terjadi karena melalui beberapa proses. Proses terjadinya konjungsi ini terjadi ketika adanya aktivitas revolusi planet. Dalam melakukan revolusi planet akan mengikuti orbit atau lintasannya masing-masing.

Setiap planet memiliki lintasan berbentuk elips dan tidak akan berbenturan satu dengan lainnya. Dalam revolusi tersebut terdapat planet yang ada dalam satu garis lurus yaitu Bulan dan Venus yang berada antara Matahari. Saat posisi Bulan, Venus, dan Matahari berada dalam satu garis yang lurus maka terjadilah fenomena konjungsi.

Dampak dari Fenomena Konjungsi

Konjungsi Bulan dan Venus merupakan peristiwa yang menakjubkan dalam tata surya. Terdapat banyak fenomena alam yang memberikan dampak baik dalam kehidupan bumi. Begitu juga terhadap fenomena konjungsi ini juga memiliki dampak.

Dampak dari konjungsi Bulan dan Venus yaitu bisa membuat planet tersebut memancarkan cahaya maksimal. Cahaya dari planet yang mengalami konjungsi tersebut bisa terlihat secara kasat mata oleh penghuni bumi.

Fenomena konjungsi Bulan dan Venus menjadi salah satu peristiwa alam yang menarik dalam tata surya. Fenomena yang terjadi pada bulan Februari 2023 tersebut menjadi kelebihan tersendiri bagi orang yang berhasil melihatnya.