Google Nearby Share, Fitur Terbaru yang Memudahkan Berbagi File

0
194
Google Nearby Share Fitur Terbaru dan Memudahkan Dalam Berbagi File
Ilustrasi Google Nearby Share. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Google Nearby Share merupakan layanan untuk berbagi file seperti foto, video, maupun dokumen dengan sangat mudah antar perangkat.

Dengan fitur tersebut, maka pengguna bisa berbagi tautan lebih mudah dengan proses yang cukup sederhana dan efisien. Fitur tersebut juga dapat menjaga kualitas video maupun gambar lebih baik.

Fitur ini mirip dengan AirDrop dari Apple yang bernama Fast Share. Para pengguna Android 6.0 Marshmallow sudah bisa menggunakan layanan tersebut.

Mengenal Google Nearby Share dan Manfaatnya

Sebenarnya Nearby Share sudah diluncurkan pada akhir tahun 2020 lalu. Dalam fitur tersebut sangat memungkinkan pengguna untuk berbagi aplikasi, foto, video, dan lain sebagainya ke perangkat yang lain. Kerennya lagi, untuk mengirimkan aplikasi, para pengguna tidak memerlukan jaringan internet.

Dengan menggunakan beberapa protokol untuk mengirim konten ke perangkat lain. Selama waktu peluncuran, fitur tersebut tersedia untuk memilih perangkat Samsung dan Pixel. Kini Google sudah mulai berencana untuk meluncurkan fitur tersebut ke seluruh jenis perangkat.

Fitur Nearby Share dari Pesaing AirDrop

Google akan segera menyelesaikan fitur tersebut untuk mentransfer file dari pesaing AirDrop yang digunakan oleh iPhone. Sehingga fitur ini bisa digunakan dengan mudah oleh sesama pengguna Android.

Baca:  Balon Internet Google Loon dengan Berbagai Uji Coba di Indonesia

Fitur Google Nearby Share bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua pengguna Android. Seperti pada AirDrop yang harus membutuhkan koneksi jaringan WiFi ketika akan berbagi file.

Sehingga file yang dikirim akan lebih cepat, mudah, dan efisien. Pasalnya, pengguna saat mengirim berbagai file tidak memerlukan koneksi internet sama sekali.

Nearby Sharing

Nearby Sharing merupakan sebuah fitur yang sama seperti AirDrop. Sebuah layanan yang dapat dengan mudah untuk diperoleh melalui Google Play di smartphone.

Bahkan Google juga akan melakukan uji coba terkait Nearby Sharing. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna saat mengirim berbagai macam file seperti video, foto, maupun dokumen dengan cepat.

Inovasi Baru

Google Nearby Share ini seringkali berlangsung dalam beberapa sistem. Sehingga pengguna lebih mudah untuk mentransfer file dan data ke perangkat lain yang terhubung dengan sangat efisien.

Baca:  Mesin Pencari Internet yang Paling Populer dan Banyak Digunakan

Fitur baru yang sama seperti AirDrop ini memiliki mode tersembunyi. Hal tersebut supaya pengguna bisa membatasi siapa saja yang mengirim berbagai macam file.

Kemudahan Saat Berinteraksi

Google Nearby Share ini akan memudahkan anda supaya bisa berinteraksi dengan orang lain di sekitar anda. Sehingga memungkinkan anda untuk dapat terkoneksi dengan orang lain di sekitar.

Anda bisa mengaktifkan fitur Nearby Share di Android melalui akun Google. Maka secara otomatis akan langsung mengaktifkan Bluetooth, mikrofon, WiFi, dan sejumlah fitur lain yang ada di perangkat anda masing-masing.

Pada layanan Google juga memerlukan beberapa akses. Hal ini untuk bisa membantu anda dalam melakukan sharing maupun terkoneksi.

Location dan Location History Device di akun yang anda miliki juga akan aktif secara otomatis saat anda mengaktifkan Nearby Share.

Secara Otomatis Akan Terkoneksi

Layanan tersebut juga mendukung fitur Nearby. Layanan tersebut secara otomatis juga bereaksi langsung dengan koneksi satu dan yang lainnya.

Baca:  Internet Aman untuk Anak yang Baik, Orang Tua Wajib Tahu

Jadi, fitur tersebut mampu mengetahui ketika dua perangkat Android berada dalam tempat yang berdekatan. Google Nearby Share dapat mengirim media secara offline pula.

Tak hanya itu saja, tetapi juga mampu mengetahui informasi terkait peringatan yang darurat. Seperti saat cuaca sedang buruk di suatu area. Karena bisa juga terhubung saat di dalam ruangan.

Sehingga saat anda memasuki ruangan tersebut, secara otomatis perangkat akan terdeteksi. Karena suhu yang ada di ruangan tersebut secara otomatis terdeteksi sendiri.

Cara Kerja Nearby Share

Cara kerja dalam fitur ini sangat mudah dan efisien. Anda hanya memilih akun Google mana yang akan anda transfer filenya melalui Nearby Share.

Selanjutnya anda bisa mengatur visibilitas akun. Sehingga para pengguna bisa mengatur sendiri. Apakah ingin dilihat oleh kontak Google atau hanya perangkat tertentu.

Tak hanya itu saja, melainkan fitur Google Nearby Share yang satu ini juga menyediakan beberapa pilihan. Mulai untuk mengirim file atau dokumen melalui WiFi maupun dengan menggunakan koneksi internet.