Gunakan Internet dengan Bijak untuk Hal-hal yang Positif

0
327
Gunakan Internet dengan Baik untuk Hal-hal yang Mengandung Positif
Ilustrasi: Gunakan internet dengan bijak. Foto. theverge.com

Texno.ID – Gunakan internet dengan bijak supaya dapat menjaga keamanan anda. Internet merupakan kebutuhan mendasar seseorang untuk mengetahui sejumlah informasi pada dunia massa. Dari hal yang paling mudah hingga tersulit dapat anda kendalikan dengan bantuan sebuah internet.

Gunakan Internet dengan Bijak

Meskipun internet dapat memudahkan dalam segala urusan yang anda miliki, namun dalam menggunakannya harus bisa mematuhi sesuai kebijakan dan pemanfaatannya.

Seseorang harus memiliki literasi digital yang cukup baik supaya bisa menjadi pengguna terbaik. Adapun cara yang dapat anda lakukan mengenai penggunaan internet yang baik adalah sebagai berikut:

Unggah Konten yang Bermanfaat

Gunakan internet dengan bijak untuk mengunggah konten yang bermanfaat. Misalkan saja harus lebih hati-hati dalam mengunggah foto, video, pesan, atau komentar. Karena jika seseorang mengunggah konten yang bersifat negatif, maka jejak digitalnya akan tetap ada di internet.

Maka kita harus mampu kapan waktu dan bagaimana cara memposting konten yang bermanfaat atau tidak. Sebab adanya jejak digital, akan menjadikan masalah bagi diri sendiri.

Menjaga dan Lindungi Sebuah Privasi

Gunakan internet dengan bijak dan jangan pernah untuk membagi data pribadi anda di internet seperti nomor telepon, alamat e-mail, dokumen sekolah, dan masih banyak lagi di dunia massa. Karena hal ini bisa saja digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca:  Cara Merekam Layar Handphone Tanpa Harus Root

Akses Situs yang Aman dan Positif

Apabila anda pergi ke situs yang belum pernah anda kunjungi, pasti akan mengklik atau memasukkan sandi supaya bisa masuk. Hal ini harus anda perhatikan dahulu apakah URL situs sudah sesuai dengan informasi perusahaan yang anda cari.

Biasanya situs URL akan berawal dengan kata “https://” dan terdapat ikon gembok hijau. Ini tandanya situs tersebut aman dan dapat digunakan.

Jangan Tergiur dengan Hal yang Belum Jelas

Gunakan internet dengan bijak dan jangan sampai tergiur oleh hal-hal yang tidak jelas. Misalkan saja ada situs yang menawarkan sesuatu yang tidak jelas bahkan tidak masuk akal sama sekali. Seperti mendapat uang ratusan juta rupiah secara tiba-tiba.

Awasi Anak Dalam Berinternet

Hal ini harus diketahui oleh para orang tua. Khususnya untuk bisa mengatur larangan dalam penggunaan internet pada anak-anak. Anda dapat mencari aplikasi atau program yang bisa mengedukasi anak ketika menggunakan sebuah internet secara aman.

Baca:  Cara Menghilangkan Jamur di HP dengan Mudah, Biaya Murah

Jadilah Pengguna Internet yang Bijak

Sebagai manusia yang bertanggung jawab, maka semestinya kita harus gunakan internet dengan bijak. Jangan sampai kita menggunakan internet dengan hal-hal yang dilarang atau tidak penting sama sekali. Karena jika dilakukan akan berdampak negatif pada kita, bahkan orang lain.

Gunakan Internet untuk Menambah Wawasan

Ubahlah mindset anda untuk bisa menggunakan internet dengan bijak. Terkadang seseorang yang menganggap bahwa internet merupakan teknologi yang cukup besar dan dapat anda gunakan untuk mengetahui apa saja yang padahal banyak dampak negatifnya.

Maka ubahlah sikap anda supaya bisa untuk menekankan diri bahwa internet untuk menambah wawasan saja. Bahkan anda tidak perlu mencari hal-hal yang tidak berguna.

Jangan Berdebat Lewat Internet

Perdebatan yang terjadi dalam sosial media adalah sebuah hal negatif dan seharusnya terlarang. Karena debat lewat sosial media justru tidak akan mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik dan benar.

Baca:  Provider Internet Terbaik dengan Berbagai Macam Pilihan untuk Anda

Justru terkadang malah akan membuat suatu keributan yang luar biasa karena kesalahpahaman seseorang. Untuk itu, hindarilah untuk berdebat dalam internet, karena akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Internet memang tidak memiliki ruang batas sehingga dapat mengakses kapan saja. Namun sebenarnya kita harus gunakan internet dengan bijak dan membatasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Jangan sampai berlebihan dalam menggunakan internet. Karena hal ini justru akan berdampak buruk jika anda lakukan secara terus-menerus.

Harus Memiliki Batasan Waktu

Kadang kala internet bisa menyebabkan kita sering lupa waktu. Yang seharusnya untuk melakukan aktivitas yang lain, tapi malah asyik dengan internet yang anda mainkan.

Hal ini akan membuat kita menjadi lupa waktu untuk belajar atau hanya sekedar untuk keluar rumah. Maka batasilah waktu dan gunakan internet dengan bijak supaya anda bisa menyeimbangi dengan hal lain yang lebih bermanfaat. (CW001)

Editor : Deni Supendi