Internet Explorer Pensiun Setelah Menemani Pengguna Selama 27 Tahun

28
Internet Explorer Pensiun SetelahMenemani Pengguna Selama 27 Tahun
Ilustrasi Internet Explorer Pensiun. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet Explorer pensiun setelah berhasil eksis selama 27 tahun menemani para pengguna Microsoft Windows.

Anak 90an pasti memiliki beberapa hal khas yang mereka lalui. Nah, bagi Anda anak 90an mungkin mengena Internet Explorer.

IE atau Internet Explorer yang memberikan kenangan tersendiri untuk para anak 90an sayangnya harus berhenti beroperasi. Browser lawas tersebut tidak akan lagi tersedia pada Windows 11.

Microsoft Umumkan Internet Explorer Pensiun di Windows 11

Microsoft baru saja mengumumkan bahwa mereka akan segera memberhentikan browser lawas, Internet Explorer atau IE.

Internet Explorer mungkin tidak terlalu eksis saat ini. Tetapi lain hal pada masa 90an hingga awal 2000.

Semua anak 90an yang sudah akrab dengan teknologi pastinya mengenal Internet Explorer. Sontak saja pengumuman mengenai pensiunnya browser lawas ini membuat para netizen sedikit sedih.

Microsoft mematikan Internet Explorer pada 15 Juni 2022. Namun, ternyata hal ini tidak begitu mengejutkan.

Itu karena beberapa waktu lalu, tepatnya tahun 2022 Microsoft telah mengumumkan bahwa Internet Explorer akan menghilang dari sebagian besar versi Window 10.

Selama beberapa bulan terakhir ini Microsoft juga sudah memperingati para pengguna untuk berhenti menggunakan Internet Explorer.

Internet Explorer pensiun sendiri merupakan browser lawas milik Microsoft. Ia mencapai masa kejayaannya ada tahun 2003 dengan pangsa pasar mencapai 95%.

Sejak saat itu, sayangnya pamor dari Internet Explorer mulai padam akibat bersaing dengan browser lainnya. Namun, Microsoft sempat memberikan versi terbaru dari Internet Explorer, yakni IE 11 pada Oktober 2013.

Internet Explorer Tidak Sepenuhnya Mati

Setelah mencapai akhir hidupnya, aplikasi Internet Explorer akan dinonaktifkan. Namun, sebenarnya Internet Explorer sudah digantikan oleh Microsoft Edge yang berbasis Chromium.

Para pengguna yang membuka internet Explorer 11 akan langsung Microsoft arahkan menuju ke Edge.

Internet Explorer akan mulai berhenti beroperasi di Windows 10 client SKU (versi 20H2 dan selanjutnya) serta Windows 10 IoT (Versi 20H2 dan setelahnya).

Itu artinya, Internet explorer masih akan tersedia di windows 7 ESu, Windows 8.1, dan juga semua versi windows 10 LTSC Client, IoT, dan juga Server.

Dalam keterangannya Microsoft mengatakan bahwa sistem operasi yang masih memiliki Internet Explorer 11 akan terus menerima update keamanan serta dukungan teknis terhadap siklus hidup versi Windows yang terinstal di dalamnya.

Kabarnya, Microsoft akan memberikan dukungan Internet Explorer Mode di Edge hingga 2029. Tujuannya adalah untuk memberi waktu bagi para developer untuk memodernisasi aplikasi lama mereka sebelum akhirnya harus ati.

Netizen Pamerkan Meme Selamat Tinggal

Kabar Internet Explorer pensiun ini ternyata cukup memberikan kesedihan para netizen Twitter. Untuk mengngkap kesedihannya, mereka memamerkan meme penuh kenangan terkait Internet Explorer.

Beragam meme yang menggelitik dan juga cukup menyedihkan ini mendapat sambutan dari para netizen lain.

Matinya browser lawas ini memang sedikit banyak disayangkan. Bagaimana tidak, Internet Explorer sudah menemani pengguna Windows selama 27 tahun lamanya.

Microsoft pertama kali memperkenalkan Internet Explorer ini pada tahun 1995. Pada awalnya Internet Explorer menjadi add-on untuk Windows-95.

Sejak saat itulah Internet Explorer pada akhirnya menjadi browser default di berbagai versi Windows setelahnya.

Pada akhirnya browser penuh kenangan, terutama untuk para anak 90an ini harus berhenti beroperasi setelah menemani para penggunanya.

Adapun Internet Explorer sudah tidak mendukung beberapa aplikasi dan produk Microsoft terbaru lainnya. Seperti misalnya pada 30 November 2020 Microsoft harus menghentikan dukungan Internet Explorer di Teams.

Selain itu terbaru Microsoft juga menghentikan dukungan browser lawas ini untuk Microsoft 365 pada 17 Agustus 2021 lalu. Sejak saat itulah Internet Explorer pensiun tinggal menghitung waktu hingga terjadi saat ini.