Kuota Internet Gratis Kemendikbud Segera Berlanjut Bulan Maret

0
188
Kuota Internet Gratis Kemendikbud Segera Berlanjut Bulan Maret
Ilustrasi kuota internet gratis Kemendikbud. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Kuota internet gratis Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) akan berlanjut pada tahun ini. Akan segera terdistribusi selama tiga bulan yaitu Maret, April, dan Mei. Penerimanya juga masih sama seperti tahun 2020 lalu, yaitu hanya untuk siswa, mahasiswa, dosen, guru, serta tenaga kependidikan lainnya.

Paket Kuota Internet Gratis Kemendikbud Berlanjut

Tujuan utama dari adanya kuota internet gratis ini adalah supaya proses belajar mengajar tetap berjalan lancar meski sedang ada virus Covid-19 ini. Pasalnya, kuota ini akan tersalur secara gratis dan terbagi ke dalam dua jenis.

Berupa kuota umum, yang bisa anda gunakan untuk mengakses seluruh laman dan juga aplikasi. Kemudian berupa kuota belajar yang hanya bisa anda gunakan untuk mengakses sebuah laman serta aplikasi pembelajaran.

Besarnya Kuota

Kemungkinan besar kuota gratis yang akan terbagi masih sama seperti tahun lalu, yakni September sampai Desember. Untuk peserta didik PAUD akan mendapatkan paket kuota sebesar 20GB per bulannya. Kemudian dengan rincian yang 5GB untuk kuota umum serta 15GB kuota belajar.

Baca:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Dengan atau Tanpa Aplikasi

Selanjutnya untuk peserta didik SD (Sekolah Dasar) akan mendapatkan kuota internet gratis Kemendikbud sebesar 35GB per bulan. Dengan rincian yakni 5GB hanya untuk kuota umum serta yang 30GB kuota belajar.

Lalu guru PAUD, guru Sekolah Dasar dan Menengah, akan mendapatkan kuota internet gratis sebesar 42GB per bulan. Dengan rincian kuota umum sebesar 5GB dan yang 37GB untuk kuota belajar.

Khusus untuk dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota internet gratis sebesar 50GB per bulan. Dengan rincian untuk kuota umum sebesar 5GB dan kuota belajarnya sebesar 45GB.

Akan Segera Berlanjut

Kuota internet gratis Kemendikbud oleh Plt Kepala Pusdatin (Pusat Data dan Teknologi Informasi) yaitu Hasan Chabibie telah mengatakan bahwa Menkeu (Menteri Keuangan) menyebutkan bantuan kuota gratis akan berlanjut pada tahun 2021 ini.

Selain itu, Pak Presiden Joko Widodo juga telah meminta kepada Kemendikbud dalam program bantuan kuota gratis ini harus berlanjut. Hal ini terkait dengan teknis kuota gratis yang akan dibahas bersama Mendikbud dan Sekjen Kemendikbud.

Baca:  Akibat Rotasi Bumi yang Berpengaruh pada Kehidupan

Membantu Para Siswa

Dari adanya bantuan kuota gratis ini, akan sangat membantu siswa maupun guru. Bahkan dari Tim di IT SMAN 3 Yogyakarta yaitu Rudi Hartanto mengungkapkan bahwa adanya bantuan kuota internet gratis Kemendikbud ini dapat membantu para siswa untuk mengikuti sebuah pembelajaran melalui video meeting.

Menurutnya (Rudi) seluruh siswa di SMAN 3 Yogyakarta bisa memperoleh jatah kuota gratis, kecuali bagi mereka yang tidak mendaftarkan nomornya atau yang sudah mendaftar, namun ganti dengan nomor baru dan tidak segera melakukan konfirmasi. Sehingga tidak akan mendapatkan kuota internet gratis tersebut.

Cara Mendaftar

Ada beberapa cara mendaftar dengan menginput nomor untuk anak tingkat PAUD, SD, dan Menengah, yaitu sebagai berikut:

Saat mencantumkan nomor siswa, kepala sekolah segera mencantumkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) peserta didik. Selanjutnya mengisi akta pakta integritas oleh kepala sekolah.

Lalu Pusdatin akan segera menyaring seluruh nomor yang sesuai dengan provider sendiri-sendiri supaya bisa terisi kuotanya. Untuk yang baru mempunyai nomor ponsel, bisa segera didata oleh pihak sekolah. Sehingga akan tercantum dan mendapat kuota gratis.

Baca:  Game Yu Gi Oh Dinobatkan Sebagai Top Selling Trading Card

Cara Mengecek

Adapun cara mengecek kuota internet gratis Kemendikbud, pertama buka link https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya pilih data mahasiswa pada kolom Kategori. Melengkapi NIM (Nomor Induk Mahasiswa), nama, perguruan tinggi, dan nama program studi.

Kemudian klik tombol Cari dan bisa anda temukan profil dari mahasiswa dalam PD Dikti tersebut. Selanjutnya klik dalam profil tersebut yang sesuai nama masing-masing untuk bisa melihat isi profilnya.

Bahkan pihak kampus juga akan memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa supaya bisa melakukan pembaruan data pada sistem akademik masing-masing.

Terutama untuk data NIK (Nomor Induk Kependudukan), alamat, nomor ponsel, dan alamat email yang nantinya akan berguna untuk acuan oleh PD Dikti.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kuota internet gratis Kemendikbud yang akan anda tindaklanjut pada bulan Maret mendatang. Dengan demikian, akan memudahkan para pelajar dan pengajar untuk melakukan proses belajar mengajar.