Cara Menggunakan Mesin Printer Bagi Pemula dengan Mudah

0
223
Cara menggunakan Mesin Printer Bagi Pemula dengan Mudah
Ilustrasi cara menggunakan mesin printer. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menggunakan mesin printer sebenarnya sangat mudah, akan tetapi sampai saat ini masih terdapat orang yang belum bisa menggunakannya. Terlebih untuk mereka yang baru masuk ke dunia ketik-mengetik.

Tempat untuk belajar komputer secara online gratis dan juga mudah untuk pemula. Nah, pada kesempatan ini akan belajar secara detail lagi cara menggunakan mesin printer. Sebelum ke tahap selanjutnya, tentunya anda sudah tahu dan paham apa itu printer serta fungsi printer dalam kehidupan sehari-hari.

Printer adalah salah satu alat atau mesin yang memiliki fungsi sebagai mencetak sebuah dokumen file, mulai dari file digital yang hanya dapat anda lihat pada komputer, gambar, serta tulisan. Nantinya pada hasil akhir akan menjadi sebuah file fisik dalam selembar kertas yang bisa anda sentuh.

Cara mengoperasikan printer pun cukup mudah untuk anda bisa mempelajarinya dalam waktu yang singkat serta langsung mempraktekkannya. Akan tetapi, jika anda menginginkan secara detail cara penggunaannya, maka anda bisa membaca tutorial ini sampai selesai.

Baca:  Aplikasi Mobile Banking Terbaik di Indonesia

Kiat Cara Menggunakan Mesin Printer yang Harus Dilakukan dengan Benar

Printer tidak dapat secara langsung anda pakai pada komputer setelah anda membelinya, sehingga cara tepat yang pertama untuk menggunakan mesin printer yaitu:

Menginstall Printer pada Komputer

Untuk setiap pembelian printer, anda akan mendapatkan sebuah CD driver. Anda harus menginstall terlebih dahulu supaya printer bisa terkoneksi dengan komputer anda.

Setelah anda melakukan melakukan penginstalan pada printer. Anda bisa memasang printer dan juga terkoneksi dengan komputer anda. Sekarang anda telah siap untuk menggunakan printer sebagai pencetak dokumen atau file lain sesuai dengan yang anda inginkan.

Ketika Menggunakan Printer

Cara menggunakan mesin printer untuk mencetak sebuah dokumen, maka langkah-langkah yang paling awal anda lakukan yakni:

  1. Pertama, anda harus menyiapkan komputer dan juga printer anda. Akan menjadi lebih mudah jika letak keduanya bersebelahan.
  2. Selanjutnya anda bisa mengkoneksikan kabel printer anda dengan komputer. Perlu anda ingat, kabel power dengan stop kontak listriknya.
  3. Untuk langkah berikutnya, anda bisa menghidupkan dengan menekan tombol power pada printer. Ditandai dengan lampu indikator yang menyala. Perlu anda ketahui juga, jika lampu indikator anda kelap-kelip, maka itu pertanda bahwa bahwa printer anda mengalami error. Apabila hal tersebut terjadi, maka anda tidak perlu khawatir.
  4. Kemudian, cek pada komputer program (device and printer) anda. Jika telah muncul printer (ready), itu menandakan bahwa printer siap anda gunakan.
Baca:  HP Samsung Galaxy Z Flip3 Akan Rilis, Usung Qualcomm Snapdragon 888

Setelah Menggunakan Printer

Setelah anda selesai dalam penggunaan printer, maka anda juga jangan sampai terlewat untuk maintenance pada printer supaya awet.

Untuk itu, setelah anda mengaplikasikan cara menggunakan mesin printer. Jika printer tidak terdeteksi kembali pada perangkat, maka anda bisa menekan tombol power untuk mematikan mesin. Kemudian membiarkan head printer sampai diam serta berada pada posisi di tengah.

Ketika anda memakai untuk mencetak dalam waktu yang lama terdapat beberapa permasalahan yang bisa terjadi. Misalnya tombol power pada printer rusak, sehingga anda tidak bisa mematikan mesin printer secara langsung.

Baca:  Cara Memblokir Nomor HP dengan Mudah dan Cepat

Apabila mematikan printer yang sedang hidup secara langsung dengan menggunakan tombol power. Namun hal tersebut lama-kelamaan sensor yang digunakan untuk menghubungkan antara software ke hardware printer bisa mengalami crash. Sehingga nantinya akan mengakibatkan printer mengalami kerusakan.

Berikut langkah-langkah yang benar cara menggunakan printer saat mematikannya:

  1. Pada langkah pertama anda bisa mengklik start.
  2. Kemudian klik Device and Printers, lanjut dengan anda bisa memilih printer yang sedang online. Biasanya akan ada tanda centang warna hijau atau anda bisa melihat juga dari nomor serinya.
  3. Klik kanan serta pilih printers preferences.
  4. Kemudian, klik maintenance.
  5. Setelah itu, anda bisa mengklik icon power off. Terakhir anda bisa mengklik Ok. Selesai

Nah, itu tadi cara menggunakan mesin printer dari menyambungkan ke komputer sampai dengan mematikan saat anda telah selesai menggunakannya. Maka bagi anda yang masih pemula, anda bisa mempraktekkan langkah-langkah yang telah tertulis di atas. Untuk penggunaan selanjutnya, anda akan mahir dalam hal ketik-mengetik serta percetakan.