Manfaat Tes Kecepatan Internet, Apa Saja? Simak Ulasan Lengkapnya!

0
102
Manfaat Tes Kecepatan Innternet
Ilustrasi Manfaat Tes Kecepatan Innternet. Foto: Ist/Net

Texno.id. Manfaat tes kecepatan internet ini cukup beragam. Namun dalam hal ini, banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat tersebut.

Sesuai dengan namanya, tes kecepatan internet atau Internet Speed Test merupakan pengujian untuk mengetahui akan kapasitas maksimal dari jaringan internet yang telah kita gunakan.

Baik untuk mengunduh data ataupun mengunggahnya. Seperti yang kita ketahui, internet memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia di era serba digital saat ini.

Internet memiliki kecepatan koneksi dalam memudahkan dalam setiap proses pencarian. Semakin cepat koneksi internet, maka semakin efektif pula fungsi dari internet tersebut.

Apa Saja Manfaat Tes Kecepatan Internet?

Dalam aktivitas sehari-hari, sebagian besar masyarakat tentu tidak pernah lepas dari adanya internet. Internet sangat bermanfaat untuk berbagai aktivitas mobile.

Mulai dari membaca artikel, mencari ide, hingga menghubungi pihak lain. Namun pernahkah Anda melakukan tes kecepatan internet?

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet. Pada umumnya, internet yang bermasalah ditandai dengan adanya koneksi yang lambat atau bahkan tidak dapat diakses.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes kecepatan internet. Maka dengan kata lain, dengan tes kecepatan internet dapat memastikan apakah internet memiliki kendala atau tidak.

Mengenai Manfaat Tes Kecepatan Internet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tes kecepatan internet atau yang populer dengan istilah internet speed test merupakan tes untuk mengetahui kapasitas maksimal jaringan internet yang telah kita gunakan untuk mengunggah ataupun mengunduh data.

Nilai rata-rata dari data tersebut bernama bandwith. Dengan adanya tes kecepatan internet akan memberikan manfaat salah satunya adalah memberitahu kita akan bandwidth dari koneksi yang telah kita gunakan.

Ukuran dari bandwith ini adalah mbps (megabyte per second). Sebagai contoh adalah 20mbps. Ini berarti kecepatan data berpindah adalah 10 megabytes dalam setiap 1 detiknya.

Lalu apakah manfaat dari adanya tes kecepatan internet tersebut? Manfaatnya cukup beragam, sebagai contoh para pengguna ingin mengetahui berapa kecepatan internet pada lokasi tertentu.

Setelah mengetahui berapa besar kecepatan internet yang mereka gunakan, maka setidaknya pengguna dapat mempunyai ekspektasi terhadap kegiatan yang sedang mereka lakukan.

Seperti pada saat memerlukan internet pada saat bekerja. Mulai dari mendownload sesuatu atau yang lainnya. Apabila kecepatan internet hanya sekitar 5 mbps, maka jangan harap Anda dapat mengunduh game atau update aplikasi.

Karena kecepatan internet yang berada di bawah 10 mbps hanya akan nyaman untuk aktivitas seperlunya, Seperti chatting, mengirim email dan lain sebagainya.

Hal Penting saat Melakukan Tes Kecepatan Internet

Selain mengetahui manfaat dari tes kecepatan internet, Anda juga perlu mengetahui hal-hal penting pada saat melakukan tes kecepatan internet. Hal penting tersebut antara lain:

Download Speed

Merupakan kecepatan koneksi internet yang dapat Anda gunakan dalam mengunduh data. Download Speed sangat penting pada saat Anda melakukan streaming video hingga aktivitas game online.

Upload Speed

Adalah kecepatan yang Anda butuhkan untuk mengunggah data internet. Hal ini sangat bermanfaat saat Anda harus berkirim foto serta video melalui WhatsApp, mengunggah konten ke YouTube. Facebook hingga Instagram.

Ping

Sedangkan ping adalah jeda waktu atau jumlah jeda yang diperlukan oleh jaringan komputer atau ponsel untuk memindahkan data. Ping pada umumnya digunakan dalam satuan milidetik. Semakin tinggi milidetiknya, maka keadaannya semakin buruk.

Demikianlah manfaat tes kecepatan internet yang penting untuk Anda ketahui. Dengan melakukan tes tersebut, maka Anda dapat memperkirakan penggunaan internet dengan kapasitas yang masih tersedia.