Cara Memperpanjang Umur Baterai Hp Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

218
Cara Memperpanjang Umur Baterai Hp Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi Cara Memperpanjang Umur Baterai Hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara memperpanjang umur baterai HP tentu saja memiliki tujuan untuk membuat masa aktifnya bertambah dan tetap awet selama pemakaian.

Saat ini kebutuhan manusia akan gadget semakin meningkat. Dunia digital yang sudah maju membuat semuanya semakin mudah.

Smartphone merupakan benda yang tidak bisa hilang dari kehidupan manusia saat ini. Setiap orang membutuhkan smartphone miliknya untuk tetap menyala selama 24 jam.

4 Cara Memperpanjang Umur Baterai HP

Smartphone yang menjadi benda penting saat ini tentunya memiliki banyak manfaat.

Sebagai benda portable, smartphone memiliki sumber daya baterai. Untuk itu, baterai yang penuh dapat menunjang komunikasi pengguna smartphone selama seharian penuh.

Akan tetapi, lama kelamaan baterai akan berkurang berkurang saat penggunaan. Namun, tentunya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat memperpanjang masa baterai.

Hal itu dapat Anda lakukan agar baterai tetap sehat sehingga tidak mudah berkurang secara drastis. Dengan begitu, ponsel dapat Anda gunakan lebih lama.

Mengisi Daya HP Sebelum 20 Persen

Ada banyak merk smartphone yang hadir di pasaran saat ini. Jika Anda perhatikan, banyak dari mereka yang menggunakan jenis baterai Li-ion.

Jenis baterai tersebut sebaiknya tidak Anda biarkan kosong total hingga HP mati karena akan memberburuk kondisinya.

Dengan Anda membiarkan ponsel mati total, maka umur baterai tidak akan tahan lama lagi. Untuk itulah, cara memperpanjang umur baterai HP dapat Anda lakukan dengan mengisi daya sebelum 20 persen.

Jangan Menggunakan HP Saat Mengisi Daya

Masih mengenai cara pengisian daya yang benar, kali ini wajib Anda lakukan. Dalam mengisi daya HP, usahakan untuk membiarkannya saja.

Jangan memainkan HP saat proses pengisian daya. Sebaiknya diamkan HP hingga daya terisi penuh 100%.

Hal ini harus Anda hindarkan karena HP yang sedang diisi daya cenderung akan cepat panas.

Gunakan Charger Asli Bawaan HP

Saat pertama kali membeli HP, maka umumnya Anda akan mendapatkan aksesoris di dalam kardusnya.

Salah satu aksesoris tersebut adalah charger untuk mengisi daya. Usahakan untuk selalu menggunakan charger tersebut.

Hindari penggunaan kabel asing karena bisa jadi tidak sesuai dengan spesifikasi HP. Mengisi daya dengan charger non original dapat berdampak kebocoran baterai.

Saat ini ada beberapa smartphone yang tidak membekali box pembelian dengan charger. Jika begitu, Anda harus tetap membeli charger asli dari merk HP tersebut.

Hindari HP dari Suhu Ekstrem

Selanjutnya untuk cara memperpanjang umur baterai HP dengan mudah adalah menghindari suhu ekstrem. Artinya, Anda harus menghindari HP dari paparan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Shu ektrem yang terlalu panas atau dingin dapat mempengaruhi kapasitas menyimpan energi yang menjadi lebih sedikit.

Situs Battery University memberikan saran untuk para pengguna smartphone agar menghindari suhu di atas 35 derajat Celcius. Adapun rata-rata suhu aman untuk baterai jenis Li-ion adalah 16 hingga 22 derajat Celcius.

Pastikan juga Anda tidak menyimpan HP di bawah bantal, area sauna, atau bahkan menaruhnya di atas dashboard mobil pada siang hari dengan Matahari terik.

Selain dapat membuat suhu HP menjadi ekstrem, aktivitas tersebut juga sangat beresiko akan memberikan dampak buruk untuk Anda. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyimpan HP di tempat yang tidak lazim.

Anda dapat segera menerapkan cara memperpanjang umur baterai HP agar kualitasnya tetap terjaga. Dengan begitu, maka performa dari smartphone yang Anda miliki juga pastinya akan ikut menjadi lebih stabil.