Cara Membuka Slot SIM Card yang Macet dengan Aman dan Mudah

0
78
Cara Membuka Slot SIM Card yang Macet
Ilustrasi Cara Membuka Slot SIM Card yang Macet. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara membuka slot SIM card yang macet dapat anda lakukan dengan mudah. Slot SIM macet merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah perangkat HP.

Saat ini ukuran kartu SIM sangat kecil, selain itu dengan model ponsel terbaru, tempat atau slot yang letaknya tidak lagi berada di belakang baterai lagi. Maka saat SIM mengalami kemacetan, bisa sangat sulit untuk dikeluarkan. Terutama jika kartu ponsel tersebut sudah tidak dapat terbaca dan tersangkut di tengah-tengah.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mencari cara untuk membuka slot SIM yang macet tersebut. Cara yang anda lakukan haruslah aman serta tidak akan merusak kartu SIM. Juga tidak membuat ponsel anda menjadi lecet atau bahkan rusak.

Cara Membuka Slot SIM Card yang Macet Aman

Dalam beberapa tahun terakhir, ponsel mempunyai desain yang cukup berbeda. Terutama pada bagian pemasangan kartu SIM atau SIM Card. Jika dulu, untuk memasang benda ini, pengguna cukup membuka penutup pada bagian belakang ponsel serta memasangnya di sana.

Namun saat ini untuk memasang SIM memerlukan alat khusus yang bernama SIM tray untuk dapat memasang kartu pada ponsel. Seringkali pengguna mengalami kesulitan dalam proses pemasangan SIM ini.

Kemudian, malah berakhir dengan slot SIM yang macet atau tersangkut. Namun anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara untuk membuka slot SIM yang macet atau tersangkut.

Bagi yang mengalami slot SIM card yang susah dibuka, macet hingga terkunci, anda tidak perlu khawatir terdapat cara mudah dan aman. Pada umumnya, slot SIM card yang mengalami kemacetan disebabkan oleh beberapa hal. Seperti SIM card yang patah, SIM ejector patah di dalam hingga tersangkut di tengah-tengah.

Cara Membuka Slot Sim Card dan Nyangkut

  • Langkah pertama, siapkan plastik mika yang memiliki ketebalan melebihi ketebalan plastik mika untuk jilid, serta siapkan gunting tajam.
  • Langkah berikutnya, gunting plastik mika dengan panjang yang harus melebihi dari panjang slot SIM serta lebar yang sama dengan lebar slot SIM
  • Kemudian, gunting bagian tajam dari mika tersebut, serta bentuk menjadi agak lonjong
  • Masukkan plastik mika dengan ujung tumpul terlebih dahulu pada slot slim, kemudian masukkan hingga ujung.
  • Proses selanjutnya, anda dapat menarik slot SIM secara perlahan bersamaan dengan mika. Masalah SIM macet pun dapat teratasi dengan aman.

Mengatasi Slot SIM Card yang Macet dengan Menggunakan Silet

Selain cara membuka slot SIM card yang macet dengan mika, terdapat pula cara mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan silet, antara lain:

  • Langkah pertama, siapkan silet serta SIM injector atau jarum
  • Kemudian, masukkan silet ke dalam sela-sela SIM tray pada bagian atas yakni pada bagian terdekat dengan layar
  • Selanjutnya, setelah silet masuk agak dalam, maka masukkan SIM ejector pada lubang yang anda gunakan untuk mengeluarkan kartu SIM

Kerusakan pada Slot Sim Card

Bagi anda yang mengalami kerusakan pada slot SIM, hal ini tentu sangat mengganggu komunikasi anda dengan pihak lain melalui ponsel. Belum lagi dengan memori kontak yang tersimpan pada SIM card serta hilangnya konektivitas seluler dan jaringan data. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk melakukan pengecekan kondisi fisik slot SIM card. Juga, cek kepingan konektor Slot atau kondisi fisik SIM card.

Jika terjadi kerusakan parah, langkah terakhir yang dapat anda tempuh adalah melakukan service slot SIM Card pada service center resmi HP yang anda gunakan. Demikianlah ulasan mengenai cara membuka slot SIM card yang macet dan nyangkut untuk dapat anda lakukan dengan mudah. Semoga Berhasil!