My Telkomsel Error, Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

0
391
My Telkomsel Error Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi My Telkomsel error. Foto: droidlime.com

Texno.ID – My Telkomsel error terjadi ketika aplikasi sedang terbuka tiba-tiba keluar dengan sendirinya. Hal ini tentu akan membuat para pengguna menjadi merasa jengkel. Maka perlu langkah yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

My Telkomsel adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Telkomsel yang bisa membantu pengguna Telkomsel untuk memantau dari setiap info yang ada. Seperti promo kuota internet, sisa kuota, sisa pulsa, dan masih banyak lagi informasi lain yang dapat dipantau.

Penyebab dan Cara Mengatasi My Telkomsel Error

Adanya aplikasi ini, maka akan memudahkan para pengguna kartu prabayar, termasuk dalam membeli paket data internet. Bahkan ada keuntungan yang anda dapatkan. Seperti bisa memantau pada setiap promo kuota yang diberikan.

Namun ada beberapa masalah yang sering menghambat pengguna Telkomsel yaitu ketika sedang terjadinya error. Hal ini biasanya karena aplikasi My Telkomsel tidak dapat terbuka. Atau bahkan ada yang tidak bisa untuk login ke aplikasi tersebut.

Meski begitu, ada beberapa penyebab terjadinya error seperti karena memori RAM sudah penuh, banyak cache Android, server maintenance, dan juga gangguan pada jaringan. Untuk menangani masalah tersebut, bisa anda lakukan dengan beberapa cara yaitu:

Baca:  Perbedaan Internet dan Intranet yang Perlu Anda Ketahui

Menghapus Cache

Hal pertama yang membuat My Telkomsel error adalah karena adanya cache. Cache memang memiliki peran yang penting untuk mengatur history pada sebuah aplikasi. Sebut saja sebuah bentuk sisa-sisa data yang sudah tidak digunakan apabila aplikasi telah ditutup.

Pada cache yang tidak pernah dibersihkan sama sekali, justru akan membuat masalah, terutama terjadinya error. Hal ini menyebabkan My Telkomsel tidak dapat dibuka karena terjadi adanya tabrakan data.

Cara yang paling tepat adalah dengan menghapus cache pada aplikasi My Telkomsel. Adapun caranya yaitu ada dua, yang pertama dengan cara manual dan yang kedua menggunakan aplikasi Clean Master.

Menghapus Data pada Aplikasi My Telkomsel

My Telkomsel error biasa terjadi karena adanya data yang berlebihan sehingga bisa memakan kapasitas RAM. Sistem kerja pada ponsel juga akan terbebani dan membuat My Telkomsel tidak dapat terbuka seperti biasanya.

Berbeda dengan cache yang hanya bentuk dari residu dari sebuah data sementara. Bahkan cara mengatasinya cukup dengan menghapus data pada aplikasi itu sendiri.

Baca:  Cara Backup Data Android ke PC Menggunakan Aplikasi

Data yang tidak bersih akan menumpuk sehingga menjadi sampah dan menyebabkan kinerja aplikasi terganggu. Ada cara yang paling ampuh daripada cara yang sudah ada pada pembahasan awal. Cara ini akan memaksa untuk berhenti.

Apabila anda akan menghapusnya, caranya yaitu langsung masuk pada menu Pengaturan. Setelah itu, pilih yang Manajemen Aplikasi. Pilih aplikasi yang akan anda hapus. Lalu klik hapus data atau paksa berhenti.

Restart Android Anda

Apabila My Telkomsel error, anda bisa merestart ponsel anda. Ada beberapa teori yang mengatakan bahwa dengan memuat ulang, maka bisa saja menghapus seluruh bug yang error di dalamnya. Adanya anggapan tersebut benar atau salah, maka kita memang harus mencobanya dan membuktikan sendiri.

Namun jika cara tersebut terbilang sangat ribet, maka anda bisa menggunakan cara yang paling mudah yaitu dengan merestart ponsel yang anda gunakan.

Caranya dengan menghidupkan ulang, kemudian buka aplikasi My Telkomsel kembali. Cara ini juga bisa memungkinkan untuk mengatasi My Telkomsel yang error.

Baca:  Cara Melacak HP yang Mati Saat Hilang, Ini Aplikasi yang Digunakan

Hal tersebut karena ketika kita sedang mematikan ponsel, maka secara otomatis seluruh kinerja juga akan ikut mati. Kemudian setelah anda hidupkan kembali, maka aplikasi tersebut juga akan mengalami refresh dan dapat anda gunakan.

Atau menggunakan cara lain yaitu dengan memakai aplikasi Clean Master dengan pemeliharaan sebuah perangkat secara internal. Sehingga langkah tersebut bisa membuat sistem kerja ponsel bisa stabil dan tidak akan terjadi My Telkomsel error.

Uninstal Aplikasi My Telkomsel

Jika My Telkomsel sedang error, bahkan tidak dapat anda perbaiki meskipun sudah melakukan pada metode seperti tadi, hal lain yang sangat ampuh adalah dengan uninstal aplikasi tersebut. Namun tidak semua masalah bisa selesai dengan cara ini.

Namun juga ada baiknya jika cara ini anda lakukan untuk mengatasi My Telkomsel error, tetapi setelah anda melakukan pada metode yang sebelumnya. Jika tidak bisa, barulah menggunakan cara yang terakhir ini. Anda uninstal aplikasi tersebut, kemudian mendownload yang baru. (CW001)

Editor : Deni Supendi