Pemanfaatan Internet of Things dalam Berbagai Macam Jenis Bidang

426
Pemanfaatan Internet of Things dalam Berbagai Macam Jenis Bidang
Iustrasi Pemanfaatan Internet of Things. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Pemanfaatan Internet of Things atau IoT sepertinya sudah banyak dan bervariasi, sehingga akan memudahkan para pengguna yang menggunakannya.

Pasalnya IoT mampu untuk mendukung seseorang agar memiliki pemahaman lebih tinggi mengenai lingkungan sekitar dan perkembangannya.

IoT dalam kehidupan sehari-hari tentu akan menjadi fokus atas perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat ini. Bagaimana tidak, karena IoT sendiri mampu untuk memfasilitasi berbagai macam pekerjaan dengan mudah.

Inilah Pemanfaatan Internet of Things Bagi Kehidupan yang Bisa Anda Ketahui

Selama ada pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, penggunaan Internet of Things di Indonesia tampaknya semakin meningkat pesat. Sebut saja seperti untuk Smart Home dan Smart Building yang memudahkan untuk akses serta meningkatkan security.

Sementara menurut Teguh Prasetya selaku ASIOTI (Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia) mengungkapkan bahwa terdapat kurang lebih tiga sektor tumbuh pesat saat menggunakan perangkat yang bisa terhubung dengan IoT dan internet. Mulai dari pertanian, kesehatan, dan energi.

IoT sendiri merupakan sebuah program atau konsep yang mana suatu objek mempunyai kemampuan dalam mengirim data melalui jaringan tanpa perangkat. Jadi tak heran lagi jika saat ini keberadaan IoT justru semakin berkembang pesat dan beragam.

Mendukung Smart City

Pemanfaatan Internet of Things yang pertama ini adalah untuk mendukung Smart City yang berhasil dilakukan oleh salah satu fakultas sejak 2020 lalu. Dengan menggunakan kategori sisa sisi baik itu kelompok atau mandiri juga umum.

Pasalnya, webinar tersebut bertemakan Platform IoT Antares untuk mendukung Smart City juga menghadirkan beberapa narasumber. Nah, dalam kegiatan tersebut juga menerangkan bahwa ketentuan perlombaan itu akan memperebutkan beberapa hadiah puluhan juta.

Bahkan sikap antusiasme dari para peserta webinar sangat luar biasa karena telah terbukti adanya jumlah peserta hingga 639 peserta. Semua peserta tersebut berasal dari perguruan tinggi maupun sekolah di seluruh Indonesia.

Kesehatan dan Medik

Pemanfaatan Internet of Things selanjutnya adalah untuk bidang kesehatan dan medik yang tentunya akan memudahkan semua pihak yang terkait. Pasalnya, semua rekaman terkait kesehatan seseorang dapat ditransfer secara langsung ke bagian tenaga medis.

Jadi seluruh data yang terdeteksi akan langsung dikirimkan, layaknya seperti detak jantung maupun tingkat gula dalam darah. Selanjutnya, perangkat HP akan menjadi salah satu alat pemantau kesehatan dan bisa membantu pengguna dengan mudah.

Beberapa contoh perkembangan dari teknologi IoT tersebut seperti tempat tidur yang dapat otomatis memberitahu dokter saat pasien akan bangun. Jadi perangkat kesehatan seperti ini dapat menyelamatkan negara kita dari adanya anggaran kesehatan berlebih.

Pertanian

Pemanfaatan Internet of Things berikutnya adalah pada bidang pertanian yang kini menjadi gagasan terbaru dan lebih tepat. Pasalnya, IoT ini dapat menjawab semua permasalahan para petani.

Selain itu, sensor yang ada pada IoT dalam bidang pertanian juga bisa mendeteksi tingkatan kesuburan tanah atau pengendalian hama. Selanjutnya teknologi seperti wireless yang ada pada IoT dapat mendeteksi iklim dan cuaca dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, melainkan mampu untuk mengumpulkan data terkait curah hujan, suhu, kecepatan angin, muatan tanah, dan kelembaban. Sehingga semua data tersebut akan terpakai dalam mengotomatisasi teknik pertanian.

Setelah Anda tahu mengenai beberapa pemanfaatan Internet of Things, maka Anda juga harus tahu mengenai unsur pembentuk dari internet tersebut. Mulai dari kecerdasan buatan, sensor, konektivitas, dan masih banyak lagi lainnya.