Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Penting untuk Diketahui

37
Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Penting untuk Diketahui
Ilustrasi Perbedaan HTTP dan HTTPS. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Perbedaan HTTP dan HTTPS menjadi informasi yang sangat penting untuk kita ketahui. Pasalnya, HTTP dan HTTPS ini tidak pernah lepas dari aktivitas internet kita setiap harinya. Keduanya sangat berkaitan erat ketika kita berselancar mengunjungi berbagai URL atau website di internet.

HTTP merupakan akronim dari Hypertext Transfer Protocol. Merupakan protokol yang berfungsi untuk mengirimkan data berupa hypertext melalui web dalam bentuk teks biasa.

Sedangkan HTTPS merupakan akronim dari Hyper Text Transfer Protocol.  Soal definisi HTTPS ini sama dengan HTTP. Namun, HTTPS mempunyai kelebihan fungsi dalam bidang keamanan atau secure.

Ketahui Perbedaan HTTP dan HTTPS

Meskipun terdengar sangat familiar, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan dari keduanya. Supaya tidak bingung lagi, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Protokol

Perbedaan keduanya bisa kita lihat dari aspek protokolnya. Keduanya merupakan protokol jaringan internet yang berfungsi dalam proses transfer, pertukaran data antara server dan client, hingga komunikasi.

Meskipun demikian, lapisan keamanan keduanya ini berbeda. HTTP memiliki protokol yang dianggap tidak aman.

Sedangkan HTTPS memiliki protokol yang aman. Sementara itu, bila kita lihat tampilan web browser juga memperlihatkan bentuk protokol berbeda.

Situs yang menggunakan protokol HTTP umumnya pada bagian URL website tertera tulisan http:// dan berwarna merah.

Begitu pula sebaliknya, situs atau website yang menggunakan protokol HTTPS umumnya pada bagian URL terdapat tulisan https:// dengan warna hijau.

2. Penggunaan Port

Perbedaan HTTP dan HTTPS selanjutnya yakni terletak pada penggunaan port. Penggunaan port ini berkaitan dengan pengiriman maupun menerima data.

Pada HTTP menggunakan port 80. Komunikasi datanya masih menggunakan teks biasa.

Tak heran, situs yang masih menggunakan HTTP rentan terkena serangan hack atau retas. Sedangkan HTTPS, menggunakan port 443.

Itulah mengapa proses transfer data terenkripsi atau komunikasi menjadi lebih aman. Dengan begitu, tidak akan mudah untuk dibaca oleh pihak lain.

3. Sertifikat SSL

Sertifikat SSL ini juga dapat menjadi aspek penting dalam perbedaan HTTP dan HTTPS. Seperti yang kita tahu, sebuah website yang akan memakai protokol HTTPS maka harus untuk instalasi dari sertifikat SSL.

Dimana, sertifikat SSL tersebut telah diverifikasi Certificate Authority. Pada dasarnya, terdapat dua jenis sertifikat SSL yang bisa kita gunakan, yakni gratis dan berbayar.

Tentu saja, kedua jenis sertifikat SSL tersebut memiliki perbedaan soal tingkat keamanannya. Sebab itulah, penggunaan sertifikat SSL ini bisa berdasarkan website bisnis yang diinginkan.

Sedangkan HTTP tidak memiliki sertifikat SSL. Sehingga, tidak mendekripsi data dan rentan terhadap tindakan yang merugikan. Misalnya saja seperti pencurian data hingga terinfeksi virus.

4. SEO

Ternyata, perbedaan keduanya ini juga berkaitan dengan SEO. Search engine seperti Google lebih mengutamakan situs atau website yang menggunakan HTTPS.

Ketika Google memberikan hasil pencarian kepada user, maka search engine akan memunculkan website maupun situs yang telah mempunyai sertifikat SSL.

Dengan kata lain, website atau situs yang menggunakan HTTPS ini lebih berpeluang untuk berada pada halaman pertama Google.

Sejauh ini, penggunaan HTTPS pada website lebih menawarkan banyak keuntungan. Selain itu, HTTPS ini juga memiliki sederet kelebihan.

Seperti lebih dipercaya oleh pengguna maupun web browser, komunikasi website yang lebih aman, menambah kredibilitas sebuah website, dan memberikan dampak positif bagi perkembangan SEO website itu sendiri.

Dengan mengetahui perbedaan HTTP dan HTTPS, kini kita bisa mendapatkan opsi terbaik untuk menggunakan salah satu diantaranya.