Cara Menerapkan Internet Sehat Era Milenial yang Aman dan Nyaman

377
Cara Menerapkan Internet Sehat Era Milenial yang Aman dan Nyaman
Ilustrasi Cara Menerapkan Internet Sehat. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara menerapkan internet sehat tidaklah sulit. Semua orang bisa melakukannya dengan mudah dan tanpa hambatan. Hanya saja harus ada niatan untuk menerapkan penggunaan internet secara bijak.

Dewasa ini pengguna internet didominasi oleh kaum muda. Tentu banyak rasa penasaran yang muncul dalam benaknya. Sehingga memicu adanya penggunaan internet yang bervariasi.

Ternyata menggunakan internet tidak bisa sembarangan. Saat ini jejak media sangat berbahaya jika tidak diperhatikan dengan baik. Hal tersebut bisa menjadi boomerang untuk masing-masing pengguna.

Ini Cara Menerapkan Internet Sehat Demi Keamanan

Dunia maya ternyata lebih keras daripada dunia nyata. Mungkin sebagian orang menganggap virtual lebih menyenangkan. Tetapi, banyak kasus negatif terjadi akibat salah penggunaan fasilitas virtual.

Menyikapi hal tersebut perlu adanya cara berkomunikasi melalui internet. Pasalnya penggunaan internet yang tidak sesuai fungsinya sama saja melanggar aturan yang ada. Sehingga bisa menimbulkan sesuatu yang tidak terduga.

Adapun untuk menerapkan penggunaan internet yang aman adalah sebagai berikut.

Memperhatikan Etika Berkirim Pesan

Cara pertama yang wajib Anda lakukan adalah memperhatikan etika berkirim pesan. Dalam hal ini termasuk mengirimkan email dan sejumlah pesan melalui media sosial. Mengingat bahwa mengirimkan pesan dengan cara yang tidak sopan bisa menimbulkan sebuah masalah.

Tentu ini sangatlah penting demi kenyamanan semua orang. Anda sebagai pengirim pesan merasa sopan dan lega karena bisa berinteraksi dengan baik. Sedangkan penerima pesan juga merasa puas dan dihargai.

Membatasi Informasi yang Bersifat Pribadi

Cara menerapkan internet sehat bisa dengan membatasi informasi yang sifatnya pribadi. Dalam hal ini adalah data pribadi maupun keluarga. Termasuk alamat, NIK, umur, dan lain sebagainya.

Keberadaan data yang terlalu terbuka bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggungjawab. Nantinya bisa merugikan Anda sebagai pengguna internet yang bijak. Sehingga harus benar-benar memperhatikan hal tersebut.

Jangan Mengakses Situs Ilegal

Sebagai pengguna internet sehat ada baiknya Anda tidak mengakses situs online yang bersifat ilegal. Sudah pasti akan menimbulkan hal-hal negatif. Anda bisa saja terjerumus pada konten yang tidak baik.

Misalnya Anda masuk ke dunia judi, rasisme, pornografi, dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan kerugian pada diri Anda dan lingkungan.

Memperhatikan Foto dan Video Sebelum Mengunggah

Cara menerapkan internet sehat bisa dengan memperhatikan foto atau video sebelum mengunggahnya. Akan lebih baik jika file tersebut tidak merugikan diri sendiri atau banyak pihak. Sehingga lebih aman dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Terkadang foto dan video ada yang bermasalah karena tidak sesuai dengan aturan. Ada video yang mengandung unsur negatif dan ada juga yang menimbulkan pelecehan.

Jangan Tergoda Oleh Tawaran yang Tidak Meyakinkan

Anda harus bisa membatasi adanya tawaran yang tidak meyakinkan. Pasalnya tawaran tersebut terkadang menimbulkan banyak kerugian. Tawaran-tawaran bodong biasanya hanya mementingkan kebutuhan pribadi mereka yang tidak bertanggungjawab.

Cara menerapkan internet sehat harus bisa memilah mana tawaran resmi dan tidak. Anda bisa melakukan pengecekan dari situs resmi yang memberikan penawaran. Bahkan Anda juga bisa melakukan penelusuran akun.

Dengan begitu bisa memastikan bahwa tawaran tersebut layak atau tidak. Anda bisa menentukan keputusan menerima atau menolak tawaran. Sehingga tidak menimbulkan banyak kerugian ke semua orang yang terlibat.

Itulah beberapa cara menerapkan internet sehat masa kini. Dengan memperhatikan kebijakan berinternet maka kehidupan dunia maya lebih berkualitas. Tidak banyak pihak yang dirugikan akibat penggunaan internet yang tidak sesuai dengan aturan atau kebijakan.